Tempat Wisata di Semarang

7 min read

Tempat Wisata di Semarang

Jawa Tengah tidak pernah kehabisan tempat wisata yang terbaru dan menarik untuk dikunjungi. Bukan hanya di Jogjakarta saja yang terkenal sebagai kota wisata. Semarang pun ikut hadir. Sebuah kota di Jawa Timur yang menawarkan keindahan alam dan keindahan hasil kreativitas anak bangsa yang diwujudkan dalam bentuk tempat wisata di Semarang.

Tidak butuh waktu lama untuk bisa datang ke Semarang, karena ada 3 alternatif transportasi cepat yang bisa kamu ambil, yakni lewat darat, rel, dan udaranya. Jangan tunggu lama kalau kamu belum pernah menginjakkan kaki di kota ini.

Tempat-tempat wisata di Semarang secara umum sama dengan tempat-tempat wisata di kota lain. Namun Semarang punya ciri khas sendiri dan buktikan sendiri dengan 20 tempat wisata berikut ya.

1. Candi Gedong Songo

tempat wisata di semarang Candi Gedong Songo

Jika mendengar tempat ini, pasti kamu akan teringat kain kotak-kotak hitam putih yang wajib dipakai oleh pengunjungnya. Banyak orang yang sudah meng-upload foto-foto dengan kostum ini berlatar belakang sebuah candi. Ya ini ni yang namanya Candi Gedong Songo.

Keberadaan candi ini sangat menarik wisatawan, karena ada 9 candi yang ada di dalam satu komplek wisata. Tepatnya tempat wisata di Semarang adalah tempat bersejarah Indonesia. Terdapat ukiran kesan bersejarah yang sangat kental. Kamu nggak bakal nyesel datang ke sini deh pokoknya.

Sensasi menikmati candi-candi kuno di tas ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut akan kamu rasakan hanya di tanah Semarang ini. So jangan sampai ketinggalan merasakan pakai kan kotak-kotak hitam putih seperti mereka yang sudah mengupload fotonya.

2. Semarang Night Carnival

tempat wisata di semarang Night Carnival

Kalau wisata malam berkunjung ke pasar malam udah biasa ya. Makanya Semarang memiliki kemasan wisata malam yang beda dengan lainnya. Yani kamu bisa datang langsung mengjiasi malammu di Semarang Night Carnival.

Eits, tapi buat mencapai tempat wisata di Semarang yang satu ini kamu wajib browsing dulu. Cari info sebanyak-banyaknya, karena karanaval ini hanya akan diselenggarakan saat hari jadi kota Semarang saja. Satu tahun sekali.

Keunikan wisata ini adalah kamu bakalan mendapatkan banyak suguhan hiburan. Perpaduan semua unsur suku dan budaya ditampilkan di sini lewat semua bentuk apresiasi seni. Dan yang paling terkenal dan ditunggu-tunggu untuk diajak berfoto ria adalah peserta carnaval yang memakai kostum etnik nan megah dan unik.

3. Air Terjun Kali Pancur

wisata Air Terjun Kali Pancur semarang

Sejuknya pemandangan alam tidak akan pernah membuat kita lelah untuk mengunjunginya. Di manapun tempatnya, tempat wisata alam tidak pernah bosan untuk dikunjungi. Salah satunya adalah air terjun. Di Semarang, ada juga lho air terjun yang mahal dalam kategori tempat wisata di Semarang yang terbaru, namanya Air Terjun Kali Pancur.

Air terjun ini ada di kawasan Getasan Semarang. Yang unik dan menjadi alasan kuat bagi kamu buat datang ke sini adalah disuguhkannya relief alam yang luar biasa di sini. Selama perjalanan dari tempat parkir ke air terjunlah kamu akan menikmatinya. Siapkan kamera andalannya untuk mengabadikan momennya.

4. Tugu Muda

wisata di semarang Tugu Muda

Simbol kebanggan sebuah kota kebanyakan dalam bentuk tugu. Semakin besar ukurannya maka akan semakin menaik. Apalagi kalau desainnya juga sangat diperhatikan, maka bisa jadi petani wisata. Kayak Tugu Mudanya Semarang ni.

Bentuknya seperti lilin. Sebuah bentuk tugua yang unik, namun syarat akan makna perjuangan. Lilin adalah simbol perjuangan para pahlawan Pertempuran Lima Hari di Semarang yang tidak pernah gencar. Rasakan maknanya dan ambil gambarmu di sana.

Baca Juga: Tempat Wisata Bandungan yang Ngehits Terbaru

5. Setiya Aji Flower Farm

Setiya Aji Flower Farm

Sebuah kebun bunga yang berada di Desa Jetis Bandungan Semarang ini adalah tempat wisata di Malang yang sangat hits. Tempat wisata ini salah tempat wisata terbaru yang langsung mengundang perhatian noemr satu pengunjung. Betapa tidak, kamu baklan disambut kebun bunga Krisan yang sangat indah.

Kuningnya bunga Krisan adalah spot terbaik untuk menikmati liburan bersama pasangan. Selfie di tengah-tengah bunga adalah moment yang super indah. Hasil jepretan dijamin bakalan bikin teman di sosmed ngiler pengen ke sini juga.

6. Pantai Marina

Pantai Marina Semarang

Semarang pun tidak kalah dengan Jogja soal wilayah wisata air yang ada pantai Marina Semarang yang siap menunggu kedatanganku kapan saja. Tempat wisata di Semarang ini hadir untuk memberikan bayangan halaman liburan mantai yang tidak biasa.

Di sini kamu bukan hanya duduk-duduk di tepi pantai, melainkan kamu bisa menikmati keindahan air pantai sepuas mungkin. Harga tiket masuknya pun murah, cuma Rp 5.000,- kamu bisa menikmati keindahan pantai sepuasnya. Ramah di kantong berkesan di hati.
Beberapa aktivitas lantainya adalah:

  • Berenang
    Tenang saja, bagi kamu yang suka renang, kamu bisa berenang ko di pantai Marina. Tak perlu takut, ombaknya tidak besar sehingga tidak berbahaya. Riak airnya pun tenang. Dijamin kamu Baia menikmati sensasi renang di alam bebas.
  • Mancing
    Bisa bayangin donk, gimana rasanya berwisata sambil menjalankan hobi. Dobel puasnya pasti kalau benar-benar dapat ikan. Pantai Marina punya itu. Kamu bisa bawa alat mancing lengkap di sini. Liburannya jalan, hobi pun tetap jalan.
  • Merahu
    Aktivitas pantai yang wajib dilakukan. Jika enggak, kamu pasti nyesel deh. Kalau nggak berani berenang, setidaknya kamu keliling pantai pakai perahu yang ada di sana. Nikmati keindahan pantai Marina yang penuh makna.
  • Mainan mobil balap mainan
    Semacam naik ATV gitu. Kamu bisa main balap-balapan mobil di sini. Bayangin aja udah unik ya, bisa balapan di pantai. Kapan lagi.

7. Umbul Sidomukti

Wisata ini adalah masuk wisata alam juga di Semarang. Wisata alam yang biaknya wisata alam biasa. Kamu menikmati segarnya udara di kawasan Bandung ini dan juga menguji adrenalin. Cocok banget buat liburan kamu sama keluarga.

Di sana wisata alam Umbul Sidomukti ini, kamu bisa menikmati berbagai macam permainan outbound flying fox yang super menantangnya. Ketinggiannya tidak biasa, dijamin bikin kamu merinding lihat ke bawah. Hanya dengan harga tiket Rp 4.000,- saja di hari biasa dan Rp 5.000,- di hari libur, kamu bisa main semua wahana di sini sepuasnya.

8. Puri Maerokoco

Puri Maerokoco

Ini replikanya provinsi Jawa Tengah. Kaitannya dengan Semarang sendiri yang merupakan ibukota provinsi Jawa Tengah, jadi Semarang bikin kemas a tersendiri untuk memberikan pengetahuan kepada para pengunjung. Apalagi pengunjung dari luar kota sangat mendominasi.

Kamu bakalan terpana melihat 35 replika kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Sensasinya, kamu seperti berada di dunia mimpi. Seperti di alam mainan. Semua hal yang ada di Jawa Tengah ada di sini dalam versi mini.

Bukan hanya sebagai penonton saja, disini, kamu bisa menikmati banyak wahana. Salah satunya adalah wahana air. Harga tiket hanya Rp 15.000,- saja, kamu sudah bisa merasakan berkeliling tempat wisata ini dengan perahu.

9. Wisata Lereng Kelir

Kesan romantis lah yang pertama kali akan kamu rasakan. Ajak pasanganmu ke sini. Rasakan di timnya udara Gunung Kelir.

Tiketnya nggak mahal kok. Justru super murah, dan nggak kerasa di kantong. Cuma Rp 5.000,- saja kamu bisa menikmati syahdunya pemandangan bersama pasangan. Pengalaman berwisata Semarang yang murah ini pun terus melambai-lambai.

10. Kawasan Simpang Lima Semarang

Kawasan Simpang Lima Semarang

Tempat wisata gratis di Semarang namun paling terkenal. Keindahan tengah kota Semarang saat malam hari ada di sini tempatnya. Kamu tak akan merasakan capeknya berwisata seharian kalau udah duduk di sini.

Kawanan Simpang Lima punya cerita romantis yang bakalan bikin kamu enggan berkedip. Berpengalaman erat dengan pasangan seerat mungkin dan bahakn semakin erat. Sambil menikmati jajanan khas Semarang, lengkapi malammu di Semarang di sini.

11. Museum Ranggawarsita

Museum Ranggawarsita

Tidak lengkap rasanya jika kamu sudah menguak sejarah masa lampau yang Semarang, lalu belum mengunjungi peninggalan sejarahnya yang lebih lengkap di museum. Ya, Museum Ranggawarsita adalah salah satu museum di Semarang yang cocok kamu datangi, karena museum ini terhitung masih baru. Baru dikenal masyarakat maksimus.

Lokasinya berada di dekat Stasiun Poncol Semarang. Di sini, kamu bakalan melihat lebih fair 50 koleksi benda besejah. Kamu bisa masuk ke empat bagian utama museum untuk menyibak sejarah yang ada di sana. Tunjukkan jiwamu sebagai anak bangsa yang memenuhi janji “jas merah” (jangan sekali-kali melupakan sejarah).

Baca Review: Wisata Magelang yang Kece Abis

12. Lawang Sewu

Lawang Sewu Semarang

Siapa yang nggak kenal tepat wisata di Semarang yang satu ini. Sebuah gedung bersejarah di Semarang yang telah mendunia, karena keunikan jumlah pintunya yang mencapai 1000 pintu. Baru dengar namanya saja, sudah mengundang rasa penasaran yang tinggi bagi banyak orang.

Horor adalah kesan pertama saat kamu menginjakkan kaki di sini, tapi dijamin rasa penasaran kamu lebih besar dan kuat daripada rasa takutmu. Gedung bekas kantor kereta api yang berlokasi di dekat stasiun Poncol yang dikelola penjajah Belanda ini memiliki arsitektur yang sangat luar biasa. Kamu bisa mengabadikan setiap moment di sini.

Bahkan banyak juga pengunjung yang datang bukan hanya untuk berwisata, namun juga untuk foto prewedding. Wah, setali tiga uang. Dapat pengalaman ya dapan kenangan seumur hidupnya. Hai, kamu, jangan nyesel kalau belum menyibak sendiri keindahan Lawang Sewu Semarang.

13. Masjid Agung

Masjid Agung

Masjid kebesaran dan kebanggaan kota Semarang inipun masuk dalam daftar tempat wisata yang wajib kamu kunjungi. Merasakan wisata rohani di Semarang dengan melakukan ibadah di masjid Agung Semarang adalah pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan. Turun dari kereta di stasiun Poncol, kamu bisa langsung ke sini melepas penat.
Keunikan masjid ini adalah:

  • Adanya pilar yang menyimbolkan jumlah rasul. Ada 25 pilar yang menakjubkan di sini, karena arsitekturnya yang super indan.
  • Bagian menara masjid melambangkan Asmaul Husna yang berjumlah 99, yakni dengan membangun menaranya setinggi 99 meter.
  • Ada belasan lantai menara masjid Agung ini. Menara bukan hanya hiasan masjid, melainkan Baia dikunjunginya.
  • Di lantai 18 menara Masjid Agung Semarang, kamu bisa menikmati keindahan kota Semarang dari atas. Disediakan 19 teropong untuk kamu.
  • Kamu pun bisa menginap di masjid Agung ini. Disediakan 23 kamar di fasilitas penginapan masjid. So, kamu nggak perlu bingung lagi mau cari penginapan kalau kemalaman tiba di Stasiun Poncol.

14. Little Netherlands

Netherlandnya Indonesia ada di sini ni. Tempat wisata di Malang yang satu ini tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Bukan hanya keindahan yang terlihat saja, melainkan keindahan yang tersirat.

Kota lama Semarang adalah tempat yang dimaksud. Sebuah area kota Semarang yang khusus ditempati bangunan-bangunan kuno Semarang. Ada puluhan bangunan kuno peninggalan Belanda di sini yang memang sengaja dipertahankannya.

Bangunan-bangunan yang tinggi menjulang dan kokoh ini sangat cocok dijadikan spot foto yang menarik. Belum ke Semarang namanya kalau belum mampir ke Kota Lama Semarang.

15. Old City 3D Trick Art Museum

Wisata di Semarang

Tempat wisata yang satu ini masih satu komoleks dengan Kota Lama. Berwisata di Kita Lama pun semakin memuaskan, karena ada museum modern yang sangat menarik. Ini bakalan membuat kamu enggan pulang.

Old City 3D Trick Art Museum ini, kamu harus selfie sepuas-puasnya, karena banyak background yang menarik. Bahkan bisa dikatakan backgroundnya tidak biasa, karena banyak lukisan hidup. Sekaan-akan kamu jadi bagian dari lukisan itu dan lukisan itu hidup. Yuk cepet kesabaran.

16. Maron Mangrove Edupark

Maron Mangrove Edupark

Dilihat dari namanya, tempat wisata ini adalah tempat wisata edukasi. Tempat wisata ini bisa dibilang tempat wisata yang unik, karena kamu Baia belajar banyak hal tentang alam lewat hutan mangrove.

Tapi ternyata pengunjung tempat wisata di Semarang ini kebanyakan adalah anak muda. Mereka menggunakan kesempatan untuk berwisata unik nan romantis di sini.

Uniknya, kamu bisa berwisata sambil menikmati kalau lalang pesawat terbang karena tempat wisata ini dekat dengan Bandara Ahmad Yani Semarang. Bisa bayangin kan, gimana sensasinya.

Romantisnya, kamu bisa menikmati pemandangan yang adem di sini bersama orang tersayang. Jauh dari keramaian, simple, namun sangat berkesan.

Baca Juga: Punthuk Setumbu, Wisata Keren yang Instagramable

17. Pagoda Avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara Semarang

Letak tempat ini adalah di Jalan Perintah Kemerdekaan, tidak jauh dari Bandara Ahmad Yani Semarang. Tempat ibadah umat Buddha ini dijadikan situs wisata yang sangat terkenal. Kamu akan tertarik saat pertama menginjakkan kaki ke sini.

Patung Buddha raksasa bisa menjadi spot selfie ini selain pagodanya. Kamu bisa menjumpai patungnya di dalam pagoda. Ambil kameraku segera dan dapatkan foto terbaikmu untuk kenang-kenangan.

18. Kampung Pelangi

Malas jalan jauh usai dari bandara? Kamu Baia ke sini ni. Kampung Pelanginya Semarang. Sebuah pemukiman dengan warna-warni yang meriah. Semua benda dan komponen pemukiman memiliki banyak warna seperti pelangi.

Mata lelah usai perjalanan jauh akan terbayar di sini. Kamu buktikan saja. Warna pelanginya bakalan masuk mendalam ke dalam retina matamu dan gairah liburanmu pun membiarkan membara.

19. Kelenteng Sam Poo Kong

Kelenteng Sam Poo Kong

Tempat beribadah umat Konghuchu di Semarang ini juga menjadi spot wisata yang menarik. Arsitekturnya tidak kalah megah dengan vihara atau pagoda. Kamu bisa puas menguak sejarahnya di sini.

Bahan semakin mengasyikkan lagi saat kamu menyusuri satu per satu komponen di sana. Sebuah kelenteng legendaris dengan banyak benda bersejarahnya. Nggak bakalan nyesel deh pokoknya.

20. Jalan Pahlawan Semarang

Jalan Pahlawan Semarang

Kulineran jangan sampai ketinggalan mereka mumpung di Semarang. Coba semua kuliner khasnya di Jalan Pahlawan. Lewati malam terindahmu di sini.

Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena semua kuliner di sini harga kaki lima. Rasanya jangan ditanyakan lagi. Dijamin bikin kamu kangen berat.

Simak Juga: Keunggulan Gunung Andong yang Memuaku

Jangan kalah sama ibu bapakmu yang bolak-nalik ke Semarang. Buat kamu para anak muda, tempat-tempat wisata di Semarang sangat direkomendasikan. Nggak ndeso dan ngangenin. Wisata jenis apa saja yang kamu inginkan, ada di Semarang.

Tempat Wisata di Medan

Fitria
7 min read

Tempat Wisata di Bali

Fitria
7 min read

Tempat Wisata Di Surabaya

Fitria
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *