Tempat Wisata di Tawangmangu

6 min read

Tempat Wisata di Tawangmangu

Jawa Tengah merupakan wilayah yang memiliki keanekaragaman panorama alam yang menakjubkan. Gunung, pantai, bukit, air terjun, hutan, dan berbagai keajaiban alam lain yang menawarkan petualangan seru.

Salah satu wilayah yang juga kaya akan keragaman panorama alam adalah Tawangmangu. Berada di wilayah administrasi Kabupaten Karanganyar, tempat wisata di Tawangmangu tak hanya beragam, namun wilayah ini juga dekat dengan daerah wisata lain seperti Magetan dan Surakarta.

Daerah yang berada di lereng Gunung Lawu ini juga merupakan penghasil sayur dan buah untuk kota sekitar. Setiap dini hari, mobil pengangkut sayur turun dari Tawangmangu menuju Surakarta, siap dijual di pasar.

Di bawah akan diulas tempat wisata di Tawangmangu yang menarik untuk dijelajahi di petualangan alam kita kali ini. Yuk, kita mulai wisata ke Tawangmangu!

1. Air terjun Grojogan Sewu

tempat wisata tawangmangu karang anyar

Kita mulai dari yang paling terkenal dulu, yakni Grojogan Sewu. Air terjun setinggi 81 meter ini memang menjadi primadona wisata Tawangmangu. Daerah ini mulai terkenal berkat obyek wisata ini. Selanjutnya, lokasi lain mulai dikenal juga dan membuat Tawangmangu semakin populer.

Dari lokasi parkir menuju kawasan air terjun, kamu perlu melewati 1.250 anak tangga. Saat turun memang mudah, namun saat naik kembali akan cukup menguras tenaga. Anak tangganya juga cukup licin karena lumut, jadi kamu mesti hati-hati.

Di dekat air terjun, ada banyak lokasi foto yang menarik. Jangan lupa siapkan kamera sebelum pergi ke sana. Kamu juga bisa menikmati kuliner sate kelinci yang bisa dibeli di dekat lokasi. Sungguh nikmat duduk bersila di tengah alam sambil menikmati sajian kuliner.

2. Candi Cetho

tempat wisata alam di tawangmangu

Berikutnya, kita kunjungi situs bersejarah sekaligus destinasi wisata, Candi Cetho. Penggiat fotografi wajib mampir ke sini karena lokasinya memiliki komposisi apik untuk difoto. Candi peninggalan Hindu ini berada di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi.

Lokasinya juga dekat dengan Kebun Teh Kemuning, jadi sekali jalan, dua tempat wisata bisa dikunjungi. Candi ini berada di ketinggian 1.496 mdpl, menjadikan Candi Cetho salah satu candi tertinggi di Indonesia.

Suasana candi Hindu yang diperkirakan dibangun di jaman Majapahit ini membuat kita serasa di Bali. Meskipun dipugar tahun 1970, candi ini masih memiliki konsep punden berundak, sehingga masih sangat terasa ciri khas Hindu kunonya.

Lebih Jelasnya Baca: 10 Keunikan Candi Cetho Karanganyar

3. Kebun Teh Kemuning

tempat wisata anak di tawangmangu

Masih dekat dari Candi Cetho, kamu bisa menuju ke Kebun Teh Kemuning. Pecinta fotografi bisa melanjutkan hunting karena lokasi ini juga tak kalah cantik. Kebun teh ini mampu menghasilkan 11 ton teh setiap hari dan menjadi tumpuan nafkah penduduk sekitar.

Terletak di kecamatan Ngargoyoso, jalur menuju salah satu tempat wisata di Tawangmangu ini relatif mudah. Jalannya dalam kondisi baik, meskipun berada di lereng gunung. Lokasinya sekitar 25 km dari Surakarta, dengan puncak tertinggi 1.500 mdpl.

Tak hanya melihat kebun teh, lokasi ini juga menyediakan wahana outbond seperti flying fox, river tubing, paintball, dan arena berkuda. Kamu juga bisa selfie di berbagai spot yang sengaja disetting instagrammable.

4. Telaga Sarangan

tempat wisata anak tawangmangu

Telaga Sarangan terletak sekitar 16 km dari Magetan. Telaga ini memiliki luas 30 hektar dan airnya sedalam 28 meter. Lokasi telaga yang berada di pegunungan, menjadikan Sarangan sebagai objek wisata di Tawangmangu yang memiliki suasana alami.

Jika kamu ingin bermalam di sini, terdapat banyak penginapan di sekitar telaga. Warung-warung makanan juga siap memanjakan perut yang kelaparan.

Pengunjung telaga Sarangan tak hanya wisatawan lokal, namun juga turis mancanegara. Selain melihat telaga, kamu bisa melihat persawahan atau naik kuda. Yang paling menarik adalah kamu bisa naik speed boat di sini.

Telaga ini juga memiliki mitos Kyai dan Nyai Pasir yang berubah menjadi naga setelah memakan telur sakti. Kedua tokoh ini dipercaya menjadi penjaga telaga Sarangan hingga hari ini.

5. Wisata Bukit Sekipan

Bukit Sekipan sudah ada sejak jaman Belanda, namun dulu difungsikan sebagai tempat latihan TNI. Baru pada tahun 2015, lokasi ini dirupah menjadi Wisata Bukit Sekipan, dengan konsep baru dan modern yang mampu menarik hati para wisatawan.

Wisata Bukit Sekipan memiliki waterboom mini di dalamnya. Pengunjung yang membawa anak, bisa mengajak anak-anaknya berenang di sini sembari menikmati pemandangan gunung Lawu yang indah.

Kawasan ini juga memiliki taman dengan hiasan ala Haloween. Hantu dan monster tampak duduk di bangku atau berdiri di sekitar taman. Tak perlu takut, karena mereka hanyalah patung. Kamu juga boleh foto selfie dengan mereka.

Di sini juga ada track berkuda dan bumi perkemahan. Tawangmangu memang terkenal memiliki banyak kuda yang bisa disewa untuk mengelilingi kawasan wisata.

6. Rumah Atsiri

tempat wisata amanah tawangmangu

Rumah Atsiri adalah sebuah tempat wisata di Tawangmangu yang mulanya dibangun sebagai sebuah pabrik pada tahun 1967. Pabrik tersebut merupakan kerjasama Indonesia-Bulgaria, dan mengolah minyak bunga atsiri dari citronella.

Namun, pada tahun 2015, pabrik berhenti beroperasi dan lokasi ini beralih fungsi sebagai kawasan rekreasi edukasi berbagai macam flora, yang berfokus pada tanaman atsiri. Rumah Atsiri memiliki 90 jenis tanaman atsiri yang bisa kamu lihat di sana.

Keunikannya adalah bangunan khas Eropa dan berbagai peralatan pabrik yang masih dipajang di sana. Kamu juga bisa belajar membuat minyak telon, bahkan bath bomb, sabun yang digunakan untuk mandi di batuhtub.

Kamu tak perlu membayar tiket masuk, tapi wajib membeli kupon seharga 50 ribu rupiah yang digunakan untuk belanja souvenir khas Rumah Atsiri.

7. Lawu Park

tempat wisata area tawangmangu

Kalau ingin outbond bersama teman, di sini tempatnya. Dengan paket seharga 120-140 ribu rupiah per orang, kamu sudah mendapat paket lengkap berupa 6-8 jenis permainan, snack, dan 1 kali makan. Lawu Park memiliki tim trainer handal yang akan memandu kegiatan outbond kamu.

Kamu juga bisa menginap di sini. Penginapannya pun unik dan terdiri dari beberapa jenis. Untuk tipe penginapan cottage, kamu hanya perlu membayar senilai 300 ribu rupiah per malam untuk 2 orang, sudah termasuk sarapan. Setiap kamar memiliki 2 tempat tidur.

Penyuka glamping juga bisa memilih fasilitas bangunan mini berbentuk segitiga, yang telah dilengkapi tempat tidur, TV, dan air panas. Harga sewanya 500 ribu rupiah per malam untuk 4 orang. Harga ini juga sudah termasuk sarapan.

8. River Hill Resort

tempat wisata di tawangmangu terbaru 2018

Kamu juga bisa memilih paket wisata yang lebih mewah di River Hill. Hotel di Tawangmangu ini cukup terkenal sebagai penginapan kelas atas. River Hill beralamat di Jalan Sekrincing, Pintu 2 Grojogan Sewu. Lokasinya sangat dekat dengan Grojogan Sewu.

Penginapan ini sangat luas dan jauh dari pemukiman penduduk. Suasana di sini tenang dan damai. Ditambah dengan taman di sekeliling penginapan, dan kolam air mancur di tengahnya. Interiornya sendiri lebih mengarah ke konsep modern.

Seperti Lawu Park, resort ini juga menyediakan paket outbond. Tarifnya cukup murah, yakni mulai dari 50 ribu per orang. Pilihan paketnya ada yang regular, paket edukasi, dan paket pengembangan diri. Masing-masing paket memiliki tarif yang berbeda.

9. Air Terjun Jumog

tempat wisata di tawangmangu 2018

Di Tawangmangu, ada satu lagi air terjun yang terkenal, yakni Air Terjun Jumog. Lokasinya berada 4 km dari Grojogan Sewu, tepatnya di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar.

Mencapai titik lokasi juga lebih mudah. Kamu hanya perlu melewati 116 anak tangga saja. Jauh lebih sedikit dibanding Grojogan Sewu. Suasana alamnya juga bagus, jadi kamu bisa berfoto selfie di sini.

Memang lokasi ini tak begitu dikenal dibanding Grojogan Sewu, namun juga merupakan lokasi yang menarik untuk dikunjungi. Kawasan wisata ini terlihat lebih rapid an tertata. Jumog juga lebih dangkal, sehingga aman untuk bermain anak-anak.

Baca Lebih Lengkap: Grojogan Sewu, Air terjun yang Eksotis

10. Agrowisata Sondokoro

tempat wisata di tawangmangu jateng

Ini adalah contoh lain tempat wisata di Tawangmangu yang dulunya adalah pabrik. Awalnya, Agrowisata Sondokoro adalah sebuah pabrik gula di masa kolonial Belanda. Bedanya, pabrik ini masih beroperasi dan merupakan pabrik gula terbesar di Karanganyar.

Lokasi ini dibuka secara resmi pada tahun 2006. Di sini terdapat banyak wahana, antara lain jalan sehat refleksi, akuarium air tawar, flying fox, jembatan gantung, sacchacinema, kereta lokomotif pengangkut gula, wisata keliling pabrik, dan banyak pilihan lainnya.

Harga tiket masuknya hanya 5 ribu rupiah saja. Tetapi, untuk menikmati wahana dan fasilitas di sana ada biaya tambahan masing-masing. Jam buka obyek wisata ini adalah mulai pukul 08.00-17.00. Selain berwisata, kamu juga bisa belajar banyak hal di sini.

11. Taman Ria Balekambang

tempat wisata di tawangmangu 2019

Penting diingat, ada 2 taman Balekambang, yang satu berada di Surakarta, satunya lagi berada di Karanganyar. Kedua tempat ini memiliki konsep berbeda. Yang di Surakarta lebih ke konsep taman asri dan mirip kebun binatang mini, dan di Karanganyar lebih ke taman wisata modern.

Di taman Balekambang Karanganyar terdapat miniatur berbagai landmark dunia seperti Menara Eiffel, Tembok Besar Cina, Piramida, Candi Borobudur, dan Menara Miring Pisa. Di sini kamu juga bisa berfoto di 3D Art Studio yang pasti menghasilkan foto-foto unik.

Harga tiket masuknya 20 ribu rupiah di hari biasa dan 25 ribu rupiah di akhir pekan. Lokasi ini buka mulai jam 09.00-17.00. Letaknya dekat dengan Grojogan Sewu dan WIsata Bukit Sekipan. Selain itu, akses menuju ke sana juga mudah.

12. Situs Purbakala Menggung

tempat wisata di tawangmangu magetan

Terdapat satu lagi tempat wisata di Tawangmangu yang berupa candi, yakni Candi Menggung. Letaknya berada di kawasan situs purbakala Menggung. Tempatnya berada di ketinggian 1.100 mdpl, tepatnya di Kelurahan Kalisoro.

Di sini suasana sakral dan mistis masih terasa, terutama saat upacara Dhukutan, yang dilaksanakan setiap terbitnya Wuku Dhukut sesuai penanggalan Jawa. Kamu dapat melihat peninggalan jaman purbakala di sini yang berupa arca, patung, dan reruntuhan candi.

Menurut data lembaga pemerintah, tempat ini merupakan tempat pelarian Prabu Airlangga karena terdesak oleh musuh pada tahun 1000 SM. Lokasi ini juga terasa khas Hindu dengan kain kotak-kotak hitam putih yang melingkari pohon. Persis seperti di Bali.

13. Telaga Madirda

destinasi wisata di tawangmangu

Mungkin belum banyak yang mendengar tentang tempat wisata di Tawangmangu yang satu ini. Padahal, telaga ini disebut sebagai golden tracking Sukuh-Grojogan Sewu karena letaknya yang berdekatan dengan lokasi tersebut.

Telaga ini juga terletak di Kecamatan Ngargoyoso, tepatnya di Dukuh Tlogo, Desa Berjo. Di sini juga telah memiliki fasilitas lengkap, meskipun untuk benar-benar sampai ke lokasi, kamu harus melalui jalan setapak terlebih dahulu.

Air telaganya tenang dan jernih. Karena belum banyak yang mengetahui tentang lokasi ini, suasana jadi lebih tenang karena sepi pengunjung. Sekitar telaga juga sering dijadikan lokasi berkemah para pecinta alam.

Jika kamu datang menjelang Hari Raya Nyepi, kamu dapat melihat upacara Melasti yang dilakukan oleh umat Hindu di sana. Upacara ini bermakna penyucian diri.

14. Mojosemi Forest Park

tempat wisata di tawangmangu yang romantis

Mojosemi Forest Park merupakan lokasi outbond yang menawarkan pengalaman seru dan berbeda. Contohnya permainan Paintball yang merupakan games strategi dan kekompakan dengan menggunakan airsoftgun.

Permainan lainnya antara lain Archery atau panahan. Perburuan dinosaurus, dan High-rope Low-rope. Selain itu juga terdapat wahana seperti ATV dan paket tur dengan menggunakan mobil offroad.

Tiket masuknya mulai dari 10 ribu rupiah. Tersedia berbagai paket lain dengan harga yang bervariasi tergantung wahana yang kamu pilih. Untuk paket rombongan, kamu bisa menghubungi bagian pemasaran untuk mendapatkan penawaran harga.

Baca Review: 10 Daya Tarik Eling Bening, Wisata Kece yang Fotogenic

15. Air Terjun Pringgodani

tempat wisata di tawangmangu murah

Satu lagi tempat wisata di Tawangmangu yang berupa air terjun. Air Terjun Pringgodani merupakan yang tertinggi di Karanganyar. Tingginya mencapai 100 meter. Lokasi ini berada sekitar 5 km dari Pasar Tawangmangu.

Air terjun ini dipercaya sebagai petilasan pertapaan. Sebelum sampai di Pringgodani, pengunjung akan terlebih dahulu melewati Sendang Temanten. Menurut adat, orang yang akan ke Pringgodani wajib mampir ke sendang dulu untuk cuci muka dan mengucapkan salam.

Di samping Pringgodani terdapat Telaga Pringgosari dan, yang mata airnya berasal dari air terjun. Selain itu juga ada Goa Pringgosari, letaknya juga tak jauh dari telaga.

Informasi Penting Sebelum Berkunjung Ke Tawangmangu

Tawangmangu bisa diakses melalui jalur Surakarta-Karanganyar maupun dari Magetan. Tempat wisata di Tawangmangu tersebar rata di seluruh wilayah, sehingga kamu perlu membuat rute kunjungan sesuai jalur kedatanganmu.

Terdapat banyak pilihan penginapan di sini. Kamu bisa sewa villa, yang bisa digunakan beramai-ramai, motel, bahkan hotel.

Hotel di Tawangmangu juga ada yang kelas bintang. Selain River Hill, kamu bisa memilih hotel lain seperti Pondok Asri, Nava Hotel, dan Indah Palace. Jika datang pada musim liburan, ada baiknya memesan kamar hotel jauh-jauh hari.

Tempat wisata di Tawangmangu sangat beragam dan menawarkan pengalaman lengkap, mulai wisata alam, peninggalan sejarah, petualangan outbond, hingga lokasi yang belum banyak tersentuh sektor pariwisata sehingga masih asli.

Baca Juga: Kota Lama Semarang yang Semakin Kece

Suasana pegunungan yang memiliki hawa dingin memberi nilai tambah daya tarik Tawangmangu sebagai daerah wisata. Potensi pariwisata Tawangmangu juga masih dapat digali lebih jauh, melihat besarnya minat wisatawan, baik domestic maupun mancanegara untuk datang.

Jika kamu mengunjungi berbagai tempat wisata di Tawangmangu, jangan lupa bagikan pengalamanmu secara online sehingga lebih banyak orang mengenal daerah wisata ini. Dengan begitu, kamu telah ikut mempromosikan pariwisata Indonesia.

Tempat Wisata Aceh

Jessica Susanti
11 min read

Taman Safari Prigen

Jessica Susanti
9 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *