Tempat Wisata Pontianak

11 min read

Tempat Wisata Pontianak

Tempat Wisata Pontianak. Pontianak adalah Ibukota Provinsi Kalimantan Barat. Sebagai daerah yang dilalui oleh garis khatulistiwa, membuatnya begitu istimewa. Kota ini bahkan dijuluki sebagai kota khatulistiwa.

Jangan salah sangka, meski ibukota provinsi, kawasan dengan luas wilayah hampir 147.000 km2 ini, memiliki banyak pesona alam dan wisata. Mulai dari pantai, danau, air terjun, dan lainnya.

Maka tak salah bila kota ini kalian jadikan sebagai destinasi wisata untuk mengisi waktu libur atau akhir pekan.

Beneran! Kalian nggak bakalan rugi berwisata di kota ini.

Mulai penasaran apa aja tempat wisata Pontianak? Simak penjelasanku ya…

1. Pantai Kijing

Pantai Kijing
https://www.instagram.com/jullbei/

Nah, kita mulai dari pantainya dulu. Sebuah tempat wisata pontianak yang cantik nan menawan. Sangat menarik untuk dikunjungi untuk mengiri libur akhir pekan kalian, namanya Pantai Kijing.

Kalian bisa berjemur di pantai sambil menikmati ombak yang menggulung indah. Selain itu, kalian bisa menantikan sunset di ufuk barat. Kalian bakalan merasakan betapa indahnya panorama itu.

Selain itu, kalian juga bisa melakukan hal-hal seru lainnya. Cari spot foto keren? Tak usah khawatir, pantai ini terlalu indah jika hanya untuk dijadikan background foto.

Pasirnya putih nan bersih, tak heran jika wisata yang satu ini selalu ramai meski letaknya cukup tersembunyi.

Alamatnya di Desa Sungai Kunyit, Kec. Sungai Kunyit, Pontianak, Kalimantan Barat. Untuk harga tiket masuk yang harus kamu bayar adalah Rp 10.000,- aja.

2. Pantai Kura-kura

pesona Pantai Kura-kura

Pantai Kura-kura adalah pantai indah yang terletak kira-kira 110 km dari kota Pontianak. Setibanya di pantai ini, dijamin kalian bakalan langusng terpesona dengan keindahan alamnya.

Kalian bakalan menyaksikan hamparan pasir berwarna kuning emas berkilauan dari jauh. Air laut yang berwarna biru bening semakin mempercantik keindahan pantai.

Menariknya, kalau kalian beruntung di pantai itulah kerap kali Kura Kura darat untuk bertelur. Keindahan pantai akan semakin keren ketika menjelang sore, sebab terbenamnya matahari akan membuat kalian takjub seketika.

Ketika malam, kalian hanya butuh sinar bulan dan cahaya bintang di langit untuk menciptakan suasana indah nan syahdu. Benar-benar recomended untuk dikunjungi.

Alamanya di Sedau, Singkawang Selatan, Kota Singkawang. Untuk tiket masuknya hanya Rp 10.000,-

3. Pantai Pasir Panjang

lokasi Pantai Pasir Panjang
https://www.instagram.com/nova.l301/

Pantai ini adalah satu-satunya pantai yang masuk dalam kawasan Selat Nasik. Loaksainya benar-benar terletak di balik hutan. Tak heran akses ke pantai ini pun tergolong susah. Kalian perlu berjuang keras untuk menuju pantai ini.

Hal yang unik dari pantai ini adalah pasirnya bertekstur keras yang nggak bakalan kalian temui di pantai mana aja.

Di sini kalian bakalan menyaksikan hamparan pasir putih, serta bukit di sebelah pantai lengkap dengan laut biru bening yang menciptakan perpaduan keren yang tiada duanya.

Tempat wisata pontianak yang satu ini cocok untuk kalian yang mencari ketenangan.

Lokasinya di Jalan Pasir Panjang No.89, Sedau, Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Untuk tiket masuknya Rp 10.000,- untuk weekdays, dan Rp 20.000,- untuk weekend.

4. Pantai Sedau

Pantai Sedau
https://www.instagram.com/lili_oktaviana/

Hal yang unik dari pantai Sedau adalah pasir yang berwarna coklat keemasan yang indah dipandang dari kejauhan.

Selain itu pantai ini dihiasi oleh pohon nyiur di sepanjang bibir pantai, yang membuat suasananya menjadi sangat elok.

Memang, air lautnya tidak begitu jernih, ombaknya yang tidak terlalu besar untuk ukuran pantai pada umumnya, namun hal itu tak membuat wisatawan terganggu. Mereka nyaman-nyaman aja, malah pantai ini tergolong populer dan diminati banyak wisatawan.

Disekitar pantai terdapat bebatuan besar yang bisa dikatakan keren untuk dijadikan tempat bersanti atau pijakan saat ingin berfoto selfie.

Lokasinya di Sedau, Singkawang Selatan, Kota Singkawang. Untuk harga tiketnya mura, hanya Rp 5.000,- Jam operasionalnya 24 jam setiap hari.

5. Pantai Batu Burung

Pantai Batu Burung yang populer
https://www.instagram.com/elnovenas/

Berbeda dengan pantai lainnya, di tempat wisata pontianak berupa pantai ini kalian bakalan nemuin batu granit yang berserakan di sekitar pantai. Tak hanya itu, di pantai ini juga ada jembatan yang bisa mengantarkan jalan ke batu granit itu.

Bibir pantainya memang nggak terlalu luas sih, hanya dibatasi batu berbentuk kotak untuk menghindari abrasi pantai.

Meski demikian, pantai ini menyuguhkan pemandangan hijau yang indah. Dihiasi angin sepoi-sepoi yang membuat siapa saja betah untuk berlama-lama di pantai ini.

Menariknya, disini kalian bisa sewa kapan kecil yang dapat kalian gunakan untuk berkeliling pantai di atas air laut langsung. Menarik bukan?

Lokasinya di Sedau, Singkawang Sel., Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Unutk harga tiket masuknya hanyaRp 5.000,- Jam Buka: 24 jam setiap hari.

6. Sinka Island Park

Sinka Island Park
https://www.instagram.com/jane_naga/

Sinka Island Park adalah tempat wisata pontianak yang mempunyai dua paduan konsep modern dan konsep alam.

Dikonstruksi secara keren dan apik. Tempat ini memiliki banyak objek wisata seperti Sinka Zoo, Pulau Simping, dan Pantai Baju.

Di beberapa titik, para pengunjungnya juga boleh memberikan makanan kepada para binatangnya.

Pantai Bajau terkadang disebut oleh warga setempat sebagai Tanjung Bajau. Memiliki kondisi pantai berbatu dengna panorama alam yang indah.

Untuk menuju pulau ini, kalian dapat menyeberang melewati jembatan kayu yang sekaligus dapat anda jadikan sebagai latar belakang kegiatan berswafoto anda.

Lokasinya di Jalan Malindo, Teluk Karang, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Tiket Masuk untuk Sinka Zoo Rp 10.000 per orang, sedang untuk Pantai Bajau Rp 20.000 per orang.

Baca Selengkapnya: 12 Tempat Wisata Di Banjarmasin Terkeren

7. Air Terjun Eria

Air Terjun Eria
https://www.instagram.com/hestifradita_/

Dari pantai, kita beranjak ke Air terjun. Air Terjun Eria, sebuah tempat wisata yang menawarkan sensasi berendam dengan kesejukan air pegunungan yang sangat dingin, jernin, lagi segar.

Namun sebenarnya air terjun ini tidaklah seperti air terjun pada umumnya, malah masyarakat setempat sering menyebutnya Sungai Eria. Bukan air terjun.

Air yang mengalir di wisata ini berasal dari pegunungan Poteng. Jadi nggak heran kalau airnya sangat jernih dan menyegarkan.

Wisata ini cocok kalian gunakan untuk melepas penat dan menyegarkan otak dari kebisingan kehidupan kalian.

Dijamin, kalian bakalan terhipnotis dengan keindahan alam dan nggak sadar berlama-lama di tempat ini.

Lokasinya di Desa Nyarumkop, Kecamatan Singkawang Timur, Kota Singkawang. Untuk tiket masuknya hanya Rp 10.000,- Jam Buka 24 jam setiap hari.

8. Air Terjun Sibohe

keindahan Air Terjun Sibohe
https://www.instagram.com/nrp_expedition/

Air terjun yang selanjutnya adalah Air Terjun Sibohe. Air terjun ini kecil, namun menawarkan keindahan yang mengagunkan.

Meski tak sebesar air terjun lainnya, wisata ini cukup menarik pengunjung untuk sekedar singgah dan main air basah-basahan di sekitar area wisata.

Kalian bisa berfoto-foto ria di air terjun ini. Banyak spot yang bisa kalian ambil untuk mengabadikan memen spesial liburan kalian di Pontianak.

Lokasinya juga tergolong tersembunyi, tak heran bila belum ada fasilitas memadai di sekitar air terjun ini. Bahkan untuk parkir kendaraanya aja, kalian harus sewa halaman rumah warga setempat, ya karena memang tak ada lahan parkir khusus.

Lokasinya di Pajintan, Singkawang Tim., Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Kalian tak perlu bayar untuk masuk ke wista air terjun ini.

9. Danau Biru Singkawang

harga tiket Danau Biru Singkawang
https://www.instagram.com/buunlie/

Sekarang kita beralih ke wisata alam Danau. Untuk yang pertama ada Danau Biru Singkawang. Sebuah danau yang tercipta dari bekas penambangan emas.

Kerennya, tempat wisata pontianak berupa danau ini disebut-sebut sebagai lokasi wisata terbaik yang ada di kota Singkawang, memang terbentuk secara tidak sengaja.

Pemandangan airnya yang berwarna biru mencolok menciptakan kesan keunikan tersendiri di mata wisatawan.

Ditambah lagi dengan keadaan alam sekitarnya terlihat masih sangat alami, membuat hati siapa aja yang melihat bakalan luluh takjub.

Wisata ini sangat cocok untuk kalian yang ingin merasakan suasana romantis atau liburan seru bersama keluarga.

Lokasinya di Jalan Wonosari, Roban, Singkawang Tengah, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Untuk harga tiket masuknya hanya Rp 5.000,- Jam Buka 24 jam setiap hari.

10. Danau Tadow Indah

Danau yang satu ini adalah danau hasil kerjasama dari kelompok masyarakat Kelurahan Sedau. Mereka berinisiatif untuk membuat lokasi wisata danau yang memiliki daya tarik utamanya berupa area pemancingan ikan air tawar. Inilah bukti masyarakat kreatif.

Bahkan mereka sudah mempersiapkan hal ini selama 2 tahun. Dan akhirnya menghasilkan wisata buatan berupa lokasi wisata danau. Dan kalian bisa menikmatinya dengan biaya masuk yang sangat terjangkau sekali.

Menariknya, disinikalian dapat memancing ikan dan mengitari danau dengan menggunakan perahu yang telah disediakan.

Lebih seru lagi, kalian bisa langsung mengolah hasil tangkapannya disana. Bayangkan momen itu pasti bakalan seru?

Lokasinya di Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Singkawang. Untuk tiket masuknya gratis, kalian hanya perlu membayar uang parkir motor Rp 3.000,- dan parkir mobil Rp 4.000,-

11. Gunung Jempol Waterboom

Gunung Jempol Waterboom wisata air

Selanjutnya kita menuju pemandian favorit. Namanya Gunung Jempol Waterboom.

Tempat wisata pontianak yang satu ini sebenarnya perpaduan berbagai spot yang dijadikan dalam satu kawasan.

Untuk waterboomnya tergolong baru, dimana juga didominasi dengan warna-warni serta spot cantik yang pas untuk digunakan berfoto.

Kawasan waterboom ini sebenarnya sataa lokasi dengan Taman Cinta yang bakalan aku jelaskan setelah ini.

Sembari kalian seru-seruan bermain air, kalian juga bakalan dimanjakan dengan berbagai spot foto apik yang ada di sekitar areal wisata.

Lokasinya di Jalan Raja, Pajintan, Singkawang Tim., Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Untuk tiket masuk berkisar Rp 20.000,- hingga Rp 40.000,- Jam Buka : 08.00-22.00

12. Taman Cinta Pajintan

Taman Cinta Pajintan
https://www.instagram.com/_sryyutami/

Taman Cinta Pajintan adalah lokasi wisata buatan yang akhir-akhir ini menarik perhatian publik. Kalian tentu harus mengunjuinya jika mampir di kota Singkawang.Wisata ini bahkan ramai dikunjungi setiap harinya.

Kalian suka foto-foto selfie? Maka ini adalah tempat kalian. Kalian bisa menemukan banyak spot keren yang cocok bagi kalian yang pengen narsis.

Ada spot payung yang bergantungan di atas jalan pinggiran sungai, hiasan berbentuk hati dan juga background gunung asli yang menjadi daya tarik tersendiri.

Beneren deh, kalian nggak bakal nyesel kalau berkunjung ke taman ini.

Lokasinya di Jl. Raja, Pajintan, Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Untuk tiket masuknya Rp 20.000,- dan jam bukanya pukul 08.00 hingga 22.00.

13. Taman Burung Singkawang

Taman Burung Singkawang
https://www.instagram.com/vikah_liya/

Selanjutnya adalah taman yang biasa digunakan oleh masyarakat sekitar untuk dijadikan tempat bersantai dikala sore hari menjelang. Namanya Taman Burung Singkawang.

Sering kali, banyak muda-mudi yang jalan-jalan sore disekitar taman ini, entah untuk oleh raga atau untuk bersantai ria menikmati indahnya sore di daerah ini.

Anak muda disini sering menyebut taman ini sebagai Taman Mess Daerah, sebab letaknya berdekatan dengan Mess Daerah Singkawang.

Untuk nama dari taman ini, konon menurut cerita masyarakat disebabkan karena banyaknya hiasan patung burung yang berada di sekitar area taman, jadi akhirnya dinamakan taman burung.

Lokasinya di Jalan Merdeka, Tengah, Singkawang, Kota Singkawang, Kalimantan Barat. Untuk tiket Masuknya Rp 10.000, dan jam bukanya 24 jam setiap hari.

Baca Rekomendasi: Pulau Maratua, Eksotisme Maldives-nya Indonesia!

14. Taman Bunga Bukit Bougenvile

Taman Bunga Bukit Bougenvile
https://www.instagram.com/mustika182/

Sesuai namanya, taman ini adalah taman bunga yang di dominasi dengan bunga Bougenville dengan desain sealami mungkin, sehingga menciptakan nuansa sejuk nan asri, nan menentramkan.

Saat kalian berkunjung ke tempat ini, kalian bakalan disambut dengan keindahan warna-warni berbagai bunga yang ada di taman ini mulai dari Anggrek Hitam Kalimantan, beragam jenis Nephentes atau Kantung Semar, Anthurium, Anggrek Kuping Gajah, Aglonema.

Dan fakta uniknya di taman ini setidaknya ada 46 jenis dari Bougenville yang tumbuh dan berkembang di dalam taman ini.

Initnya, taman ini benar-benar recomended untuk dikunjungi sebab bak paket wisata komplit yang menyediakan banyak objek wisata dalam satu kawasan. Dijamin kalian bakalan puas!

Lokasinya di Desa Sijangkung, 6 km dari Kota Singkawang. Untuk haraga tiket masuknya Rp 10.000.

15. Taman Alun Kapuas

Taman Alun Kapuas
https://www.instagram.com/pontinesia/

Taman Alun Kapuas, menyajikan eksotisnya sungai Kapuas yang mengalir persis di tengah-tengah kota, terlihat seakan-akan membelah kota Pontianak. Sungguh pemandangan yang merindukan.

Maka dari itu, jika kalian mampir ke kota Pontianak, belum lengkap rasanya kalau tak mampir sejenak hanya untuk menikmati suasana taman ini.

Akan banyak hal seru asyik yang bisa kalain lakukan saat berada di tempat wisata ini. Seperti menjajal kuliner khas Pontianak hingga menikmati malam di tepi sungai Kapuas yang diterangi gemerlap lampu-lampu hias yang menentramkan hati.

Dengan pesona indah itu, tak heran bila tempat wisata pontianak yang satu ini jadi spot favorit warga sekitar untuk menghabiskan waktu santainya.

Alamatnya di Jalan Rahadi Usman, Tengah, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Kalian tak perlu membayar untuk masuk ke taman ini.

16. Agrowisata Aloe Vera Centre

Agrowisata Aloe Vera Centre
https://www.instagram.com/nouvalisnin/

Kawasan agrowisata Aloe Vera Centre bisa dikatakan sebagai pusat pembudidayaan berbagai macam tanaman anggrek, termasuk anggrek hitam khas Kalimantan yang sudah mulai langka.

Memang sesuai dengan namanya, tempat ini pasti pusat budidaya lidah budaya yang ada di kota Pontianak.

Kerennya lagi, langsung di bawah pengawasan manajemen Pemerintah Kota Pontianak.

Sampai saat ini kawasan Aloe Vera Center, telah berkembang pesat dan berhasil menyumbang banyak ke Pendapatan Asli Daerah Kota Pontianak. Bukankah hal ini keren?

Lebih keren lagi, hasil produksi tempat ini juga diekspor lho ke beberapa negara tetangga. Seperti Malaysia dan Brunei Darussalam.

Lokasinya di Jalan Budi Utomo, Siantan Hulu, Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Untuk tiket masuknya hanya Rp 5.000,-

17. Hutan Kota Arboretum Sylva Untan

indahnya Hutan Kota Arboretum Sylva Untan
https://www.instagram.com/pontinesia/

Hutan Kota atau Arboretum Sylva Untan bisa kalian jadikan destinasi seru untuk berwisata menghabiskan waktu bersantai atau pun jogging untuk menyegarkan tubuh kalian.

Luas kawasan ini kira-kira 3,2 hektar, hutan kota ini ditumbuhi kira-kira 190 jenis pepohonan, 86 jenis anggrek dan 176 jenis tanaman perdu.

Maka dari itu, tak aneh kalau hutan ini jadi salah satu penyumbang oksigen terbesar di kota Pontianak dan sekitarnya. Kalian benar-benar harus berkunjung ke wisata ini.

Selain itu kalian bisa melakukan berbagai kegiatan seru dan mengasyikan bisa dilakukan di tempat ini, mulai dari jogging, bersepeda santai hingga outbond yang seru.

Alamatnya di Jalan Jend. Ahmad Yani, Kawasan Universitas Tanjungpura, kota Pontianak, Kalimantan Barat. Untuk biaya tiket masuknya gratis, membayar jika kalian masuk di beberapa wahana.

18. Khatulistiwa Park

Khatulistiwa Park
https://www.instagram.com/wm.tania/

Nah, tempat wisata pontianak ini benar-benar wajib untuk kalian kunjungi. Sebabnya bisa wisata ini dikatakan ikonnya Pontianak.

Namanya Khatulistiwa Park, letakknya tak terlalu jauh dari pusat kota Pontianak, kira-kira 3 km aja. Di sini akalian bakalan dapat banyak informasi penting tentang sejarah pembangunan tugu tersebut.

Menariknya, di tempat wisata ini kerap mengadakan event tahunan yang bertepatan dengan fenomena alam yang melahirkan titik ilumninasi.

Apa sih itu? Titik dimana saat matahari berada tepat di atas kepala kita sehingga membuat bayangan tidak nampak. Benar-benar unik bukan?

Alamatnya di Jalan Khatulistiwa, Batu Layang, Siantan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Untuk masuk ke sini, kalian tidak dipungut biaya.

19. Tugu Digulis

Tugu Digulis pesona indonesia
https://www.instagram.com/pontinesia/

Ada lagi saudara dari Tugu Khatulistiwa, namanya Tugu Digulis. Bentuknya mirip dengan bambu runcing. Jadi nggak heran kalau orang terkadang menyebutnya Tugu Bambu Runcing.

Tugu ini dibangun sebagai bentuk upaya mengenang jasa para pemuda Kalimantan Barat khususnya kota Pontianak dalam merebut kemerdekaan.

Maka dari itu selain untuk menikmati keindahannya, destinasi ini bisa kalian jadikan tempat refleksi untuk menanamkan jiwa patriotisme kalian.

Di sini kalian bakalan banyak menemukan lokasi spot foto yang keren. Jadi, kalian harus siapkan space memori camera yang besar untuk menampung banyak momen yang kalian abadikan di wisata yang satu ini.

Alamatnya Jl. Ahmad Yani, Bansir Laut, Pontianak Tenggara, Pontianak, Kaimantan Barat. Kalian juga tak perlu membayar untuk melihat wisata yang ini.

20. Museum Negeri Sejarah Khas Budaya

 

benda bersejarah di Museum Negeri Sejarah Khas Budaya

Selanjutnya ada Museum Negeri Sejarah Khas Budaya. Didirikan tahun 1974 oleh pemerintah melalui Kantor Wilayah Depdikbud Provinsi Kalimantan Barat.

Museum ini diadakan sebagai bentuk bagian untuk menyimpan dan mengamankan berbagai benda-benda bersejarah yang ditemukan di wilayah Kalimantan Barat.

Benda yang disimpan di sini terdiri dari benda geologika, lalu historika, koleksi biologika, numimastika hingga arkeologika.

Semua benda yang disimpan ini memiliki nilai yang begitu tinggi. Disimpan dengan rapi nan elok di wisata yang satu ini.

kegiatan pameran, museum sering juga mengadakan berbagai kegiatan yang sangat boleh kalian ikuti. Mulai bimbingan, konservasi sampai lomba untuk menarik minat pengunjung akan benda-benda bersejarah.

Alamatnya di Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan Barat. Untuk harga tiketnya sangat terjangkau, tak lebih dari Rp 10.000,- aja.

Baca Juga: Pulau Derawan, wisata kekinian dengan 7 keseruannya

21. Keraton Kadariah

lokasi Keraton Kadariah
https://www.instagram.com/hestinanda/

Tempat wisata yang satu ini dibangun pada tahun 1771 hingga 1778. Pada saat kepemipinan Sayyid Syarif Abdurrahman Alkadri menjadi sultan yang pertama tinggal di keraton tersebut.

Tempat wisata pontianak ini berdiri tepat di pinggir sungai, memiliki struktur bangunan unik dengan warna cat kuning berukran sekitar 30×50 meter dan terdiri dari 3 lantai.

Kentalnya sisi historis bangunan dibuktikan dengan masih banyaknya benda-benda bersejarah seperti kursi singasana, baju kesultanan, tombak penobatan, cermin seribu, dan masih banyak lagi.

Dibagian luar bangunan keraton ada meriam kecil berjumlah 13 yang dibuatan oleh Perancis dan Portugis.

Alamatnya di Jalan Tj. Raya 1, Dalam Bugis, Pontianak Tim., Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Untuk masuk ke wisata ini, kalian hanya perlu membayar tak lebih dari Rp 7.000,-

22. Rumah Radakng, Rumah Adat Suku Dayak

Rumah Radakng, Rumah Adat Suku Dayak

Dengan panjang bangunan 138 m dengan lebar 5 m serta tinggi 7 m, replika rumah adat dayak ini bisa jadi tempat wisata andalan yang harus kalian kunjungi di Pontianak.

Uniknya lagi, rumah adat ini disebut-sebut sebagai rumah adat terpanjang di Indonesia. Jika kalian jalan-jalan ke kota Pontianak, maka tak lengkap rasanya bila kalian belum mampir ke tempat wisata yang satu ini.

Karena uniknya, kalian jangan merasa aneh, jika rumah adat ini mendapat rekor MURI sebab bentuk dan ukurannya.

Tak hanya itu, tempat wisata pontianak ini juga sering kali diadakan even menarik yang sayang bila kalian lewatkan gitu aja.

Alamatnya Sungai Bangkong, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Untuk jam bukanya pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Kalian tak perlu bayar untuk berkunjung ke tempat ini.

23. Vihara Bodhisatva Karaniya Metta

Vihara Bodhisatva Karaniya Metta
https://www.instagram.com/mia_traveling/

Bangunan ini berdiri tahun 1829 M, dulunya dikenal dengan Klenteng Tiga atau Tian Hou Keng. Rangka bangunan vihara ini didominasi warna merah, terbuat dari kayu ulin yang punya ketahanan sangat bagus.

Ketika kalian masuk di pintu utama, kalian bakalan disambut dengan lukisan dewa-dewa dari ajaran Kong Hu Cu berhiaskan ornamen-ornamen keagamaan lainnya.

Sampai saat ini vihara yang satu ini masih aktif untuk beribadat. Kalian juga harus memperhatikan, kalau berkunjung ke tempat ini harus menghormati mereka yang sedang beribadat. Ingat, ini tempat ibadah ya…

Alamatnya di Jalan Sultan Muhammad Kampung Darat Sekip, Darat Sekip, Pontianak Kota, Pontianak, Kalimantan Barat. Untuk tiket masuknya sangat terjangkau sekali.

24. Cagar Budaya Alam Pasi

Cagar Budaya Alam Pasi

Untuk yang terkahir ini, ada cagar alam yang memuat banyak potensi biotik. Berupa ekosistem gunung, danau, hingga sungai. Dengan puncak gunung dengan ketinggian 920 mdpl.

Dengan berdasarkan klasifikasi Schmidt dan Ferguson, Cagar Alam Raya Pasi ini bisa masuk dalam klasifikasi tipe A dengan curah hujan kira-kira per tahun 263 mm serta kelembaban 55%.

Berbagai flora dan fauna juga hidup dikawasan cagar budaya ini bakalan memanjakan liburan kalian. Kealamian cagar budaya ini masih sangat terjaga, jadi dipastikan kalian berada di kawasan ini anda merasakan vibe petualangan yang beda dan benar-benar luar biasa.

Lokasinya di Sekitar Kota Singkawang, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat. Kalian tak perlu membayar untuk masuk ke tempat wisata ini.

Lihat Review: 9 Aktivitas Seru di Pantai Galesong

Tempat Wisata Pontianak, memang banyak sebab daerah itu unik yang dilewati garis khatulistiwa. Memiliki banyak potensi wisata terbaru yang sayang kalau dilewatkan. Mulai dari pantai, air terjun, taman, hingga cagar alam.

Tak rugi bila kalian menghabiskan waktu liburan di ibukota provinsi Kalimantan Barat ini. Ragam destinasi wisatanya bakalan memanjakan liburan kalian. Dijamin kalian bahagia dan selamat bersenang-senang…

0

Kenjeran Park

Jessica Susanti
8 min read

Kebun Bibit Surabaya

Jessica Susanti
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *