Tempat Wisata Sumedang

9 min read

tempat wisata sumedang

Tempat Wisata Sumedang. Apa sih yang ada di benak kalian ketika mendengaar kata Sumedang? Tahu Sumedang, kulinernya enak. Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat ini ternyata juga menyimpang banyak wisata yang menakjubkan lagi mempesona.

Wilayahnya yang didominasi oleh pegunungan dan sedikit dataran rendah, membuat banyak wisata di dalamnya berhawa sejuk nan menentramkan. Maka dari itu, Sumedang sangat cocok kalian jadikan destinasi wisata untuk menghabiskan waktu libur kalian.

Wilayah di sebelah barat Majalengka dan di sebelah timurnya Bandung ini, memiliki banyak objek wisata keren, mulai dari situs budaya, hingga air terjun yang bakalan menggairahkan mata kalian.

Maka dari itu, nggak usah ragu-ragu ke Sumedang untuk merasakan wisatanya. Kalian penasaran apa aja wisata yang lagi hits, paling keren dan kece di Sumedang tahun 2020 ini?

1. Kampung TOGA Sumedang

Kampung TOGA Sumedang
https://www.instagram.com/cevi.permana/

Memang sesuai dengan namanya, TOGA kependekan dari Tamanan Obat Keluaga. Di sini kalian bakalan diajak mengenal berbagai tanaman obat dengan cara yang lebih menyenangkan.

Tempat wisata Sumedang ini berjarak kira-kira 2 km dari Sumedang kota. Alamatnya Jl. Makam Cut Nyak Dien Gn. Puyuh, Desa Sukajaya, Sumedang Selatan, Kab. Sumedang – Jawa Barat.

Di wisata ini, kalian bisa melakukan berbagai aktivitas seru, mulai dari berenang, memancing, main paint ball, hiking, berkeliling dengan naik sepeda, mencoba arung jeram hingga mencoba gantole dan masih banyak hal seru menarik lainnya.

Tempat wisata ini juga menyediakan villa, jika kalian berniat menghabiskan waktu lebih banyak di tempat yang satu ini. Untuk biaya masuknya gratis, namun ada biaya parkir, dan biaya tambahan jika kalian ingin mencoba beragam wahana.

2. Danau Situ Cilembang

Danau Situ Cilembang yang mempesona

Tempat wisata Sumedang dimana kalian bakalan menemui air danau yang sangat jernih dan bersih. Lokasi wisata Situ Cilembang ini berada di Desa Hariang, Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang Jawa Barat.

Jika Kalian pengen menikmati suasana yang indahnya alam yang asri, kalian wajib ke tempat ini. Tapi ingat, kalian nggak boleh mandi di sini, sebab air yang ada di danau ini, dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk diminum.

Jadi kalian harus jaga kebersihan di tempat wisata ini, sehingga air danau tersebut tidak menjadi kotor. Meski begitu keindahannya tak bisa kalian abaikan dan cocok jadi spot foto instagramable.

Untuk jam bukanya sekitar07.00 – 16.00 WIB. Menariknya, kalian nggak perlu membayar tiket masuk alias gratis, namun untuk menjaga keamanan kendaraan kalian, ada biaya Parkir sebesar Rp 3.000,-

3. Puncak Damar Baros

Puncak Damar Baros yang mengesankan
https://www.instagram.com/agus.susanto17/

Kalian ingin menyaksikan pemandangan yang begitu eksotis dan mengesankan? Tentu kalian harus berkungjung ke Puncak Damar Baros Jatigede. Wisata di Sumedang yang satu ini menawarkan keindahan waduk Jatigede dengan perbukitan yang mempesona.

Jika kalian berkungjung ke sini, kalian bakalan merasakan pengalaman wisata yang berbeda dengan sajian pesona alam yang begitu menakjubkan.

Tak Heran jika tempat ini diserbu para pecinta fotografi. Selain itu kalian juga bisa melakukan aktivitas menarik di tempat ini, seperti camping ataupun outbond.

Ngomongin fasilitas, di tempat ini sudah sangat memadai. Ada gazebo hingga area bermain anak-anak, dijamin kalian bakalan betah berlibur di tempat yang satu ini.

Alamatnya di Pakualam, Darmaraja, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Untuk tiket masuk kalian hanya dipatok biaya sebesar Rp 5.000,- Bukankah sangat terjangkau?

4. Mendaki di Gunung Tampomas

Mendaki di Gunung Tampomas
https://www.instagram.com/kanopi_berjalan/

Ternyata tempat wisata Sumedang juga welcome dengan kalian para pendaki. Pasalnya, disini ada wisata alam pendakian bernama Gunung Tampomas.

Dengan ketinggian sekitar 1.684 mdpl serta memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang bisa kalian temui, aku jamin kalian bakalan nggak rugi menghabiskan waktu di pendakian ini.

Banyaknya tumbuh-tumbuhan yang ada di Gunung Tampomas ini seperti Saninte, Rasamal dan juga Jamuju bakalan menyejukkan pemandangan kalian.

Sedangkan untuk faunanya kalian bisa melihat lutung, kancil, babi hutan dan juga berbagai macam jenis burung.
Jika kalian tidak ingin mendaki atau mager melakukan perjalanan, tenang kalian bisa menikmati tempat wisata sumber air panas yang terletak di kaki gunung Tampomas ini.

Untuk alamatnya di Cibeureum Wetan, Cimalaka, Sumedang, Jawa Barat.

5. Sirah Cipelang, Mata Air yang Menyejukkan

Sirah Cipelang, Mata Air yang Menyejukkan
https://www.instagram.com/raf2909/

Akhir-akhir ini ada tempat wisata mata air di Sumedang yang tengah menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Beralamat di Kecamatan Conggeang, Mata Air Sirah Cipelang bakalan memberikan kesegaran mata air pegunungan Tampomas yang alami untuk kalian.

Tempatnya begitu rindang dipenuhi oleh pepohonan, rasakan sensasi kesegaran nyata ketika kalian menyelam di mata air Sirah Cipelang ini. Airnya yang jernih juga bisa jadi spot foto underwater yang keren banget.

Kalian juga tak perlu khawatir, sebab tempat ini adalah pemandian umum bagi warga di sekitar. Jadi silahkan mandi sepuas kalian, nggak bakalan ada yang marahin kalian. Namun terpenging, jaga kebersihan dan berprilaku yang sopan.

Alamatnya di Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sedang untuk biaya masuk cukup membayar uang Rp 5.000,-.

Kunjungi Juga: Jalan Braga Bandung, wisata modern dengan 12 aktivitas seru

6. Eco Green Park Kampung Karuhan

Eco Green Park Kampung Karuhan yang asri
https://www.instagram.com/kampungkaruhun/

Dengan mengusung konsep Eco Green Park, hadir tempat wisata di Sumedang yang bernama Eco Green Park Kampung Karuhan.

Tempat wisata Sumedang ini bisa kalian jadikan destinasi wisata alam untuk dikunjungi di akhir pekan bersama keluarga. Harga tiket yang cukup terjangkau, kalian bisa menikmati berbagai keseruan yang disuguhkan di Kampung Karuhun ini.

Alamatnya di Jalan Pagar Betis, Desa Citengah, Sumedang Selatan, Kab. Sumedang – Jawa Barat. Untuk harga tiket masuk cukup membayar Rp 5.000,- untuk anak-anak dan Rp 15.000,- untuk dewasa kalian dapat fasilitas yang memadai.

Mulai dari kolam renang, outbound, area camping ground, kendaraan ATV, hingga wisata kuliner dan lain-lain. Tentu ini bakalan buat kalian enggan berpikir dua kali.

Untuk Jam bukanya, tempat ini buka sekitar pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

7. Arung Jeram Pangcalikan

Arung Jeram Pangcalikan yang menantang

Ingin mencari aktivitas seru yang menguji nyali dan adrenalin. Di Sumedang harir Arung Jeram Pangcalikan dengan arus yang menantang. Berlokasi di Desa Citepok, Arung Jeram ini bakalan memberikan kalian suasana petualangan yang sangat seru.

Jalur sungai yang diapit tebing, bakalan menambah daya eksotis yang bikin kalian rindu main lagi ke tempat ini.

Kerennya lagi, kalau etika musim kemarau tiba, air di sungai Cipeles ini surut, akan tetapi malah memperlihatkan kejernihan air yang begitu menakjubkan hingga disebut-sebut sebagai Green Canyon-nya Sumedang. Menarik bukan?

Alamat lengkapnya Sungai Cipeles, Desa Citepok, Sumedang – Jawa Barat. Biaya yang ditawakan untuk merasakan arung jeram di tempat ini adalah Rp 225.000 dengan berbegai fasilitas yang sangat memadai.

8. Air Terjun Kembar Curug Cinulang

daya tarik Air Terjun Kembar Curug Cinulang
https://www.instagram.com/rivaldifhri/

Tempat wisata Sumedang lainnya yang bisa kalian kunjungi dan paling banyak diminati oleh para wisatawan adalah Curug Cinulang. Tempat wisata ini mempunyai air terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter dan air terjun ini paling terkenal di Kota Sumedang.

Ketika kalian ke tempat ini, kalian bakalan takjub dengan keindahan alamnya dan eksotisnya air terjun itu. Sehingga kalian bakalan merasa sangat nyaman, hingga lupa waktu berlama-lama tempat ini.

Disebut Curug Sindulang dikarenakan tempatnyaberada di Desa Sindulang. Keunikan lainnya dari wisata ini adalah tidak hanya memiliki 1 air terjun tapi 2 yang saling berdampingan.

Untuk jam buka wisata ini mulai dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00. Alamat lengkapnya di Cicalengka Sindang Wangi, Sindulang,Cimanggung,Sumedang,Jawa Barat, 45364. Sedang untuk tiket masuknya hanya Rp 10.000,-

9. Wisata Alam Panjugjugan

Wisata Alam Panjugjugan
https://www.instagram.com/udesdessy/

Di Sumedang ternyata juga ada desa wisata yang menyuguhkan interaksi alam yang menarik. Di tempat ini kalian juga bisa belajar tentang ilmu alam serta melihat langsung pengolahan hasil pertanian dan peternakan. Belajar sambil liburan, menarik bukan?

Tak sampai di situ aja, kalian juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya. Mulai dari berenang, naik perahu berkeliling, seru-seruan dengan permainan tradisional, hingga mencoba terapi di kolam ikan.

Kerennya, di desa wisata ini kalian juga bisa mendapai permainan flying fox. Selain itu tentu masih banyak keseruan yang lain yang bisa kalian coba.

Alamatnya di Kampung Babakan Anjun, Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Kalian bisa datang ke wisata ini sekitar pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Untuk harta tiketnya, sesuai dengan paket yang kalian ambil.

10. Agrowisata Kampung Nangorak

Agrowisata Kampung Nangorak

Agrowisata Kampung Nangorak bisa kalian jadikan destinasi wisata edukasi. Dengan mengambil konsep agroeduteknowisata, tempat ini tak hanya sekedar menawarkan rekreasi alam, tetapi juga tempat belajar alam yang seru.

Lokasinya kurang lebih hanya 6 km saja dari pusat kota Sumedang, Alamat: Lokasi: Desa Margamekar, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang – Jawa Barat

Beragam hal yang dapat kalian lakukan di tempat. Mulai dari belajar menanam, berternak, memancing hingga camping seru di tengah alam terbuka.

Plusnya, tempat wisata Sumedang ini berada di kawasan dengan ketinggian 765 mdp hingga 1.035 mdpl, membuat suasana di Kampung ini begitu sejuk nan menentramkan.

Kalua kalian hendak menghabiskan waktu lebih banyak di tempat ini, kalian bisa menginap di rumah pohon dengan biaya sewa terjangkau. Unik bukan? Dijamin, liburan kalian bakalan semakin berwarna.

Baca Juga: 10 Aktivitas seru dan menarik di Waduk Jatiluhur Purwakarta

11. Air Terjun Cirug Cigorobog

Air Terjun Cirug Cigorobog

Sumedang ternyata banyak memiliki wisata air terjun? Adajuga Curug Cigorobog. Salah satu wisata keren di Sumendang yang letaknya tidak jauh dari pusat kota, sehingga kalian bisa mengunjugi tempat ini dengan mudah.

Untuk akses ke tempat ini dapat dikatakan tidak terlalu mulus, namun panorama indah yang menemani tentu bakalan menemari perjalanan kalian agar lebih berwara.

Air terjun di Curug Cigorobog ini, punya tiga tingkatan dan ketinggiannya sekitar 40 meter sehingga tak heran memperlihatkan keindahan yang sangat eksotis dan udaranya sangat segar nan sejuk.

Untuk masuk ke kawasan wisata Curug Cigorobog ini, kalian hanya membayar tiket masuk Rp 3.000 saja. Alamat lengkapnya Citengah, Sumedang Selatan, Sumedang Regency, West Java 45311.

12. Cipanas Sekarwangi

Cipanas Sekarwangi
https://www.instagram.com/sumedang.tandang/

Ingin mandi air panas? Sumedang juga punya pemandian air panas. Namanya Sumber Air Panas Sekarwangi.

Tempat yang satu ini bisa kalian kunjungi setelah lelah dengan perjalanan.

Sambil bersantai, sambil berendam di air panas. Dijamin, kalian bakalan merasa nyaman dan lelah di tubuh kalian bisa terobati, hilang seketika.

Tempat wisata Sumedang yang satu ini bisa jadi pilihan terbaik untuk kalian. Sebab memang tempat sudah terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri.

Untuk menikmati wisata ini dalam tempo yang lama, kalian bisa menginap disini. Kalian bisa menemukan banyak hotel yang bisa kalian gunakan untuk menginap, tentunya sesuai dengan budget kalian.

Alamatnya di Desa Sekarwangi, Kecamatan Buah Dua. Untuk biaya masuk kolam air panas hanya Rp 10.000,- namun jika kalian ingin menginap, harga sesuai dengan penginapan yang hendak kalian sewa.

13. Perkebunan Teh Margawindu

Perkebunan Teh Margawindu
https://www.instagram.com/janajauhari/

Sumedang ternyata juga punya wisata perkebunan teh yang namanya Perkebunan Teh Margawindu.

Tempat dimana kalian akan merasakan udara yangbegitu sangat segar dengan penoramanya yang sangat indah.

Kalau kalian hendak berkunjung kesini, kalian bisa menempuh perjalanan 30 hingga 45 menit saja dari arah pusat Kota Sumedang.

Setelah tiba di tempat ini, kalian bisa berjalan kaki sambil menikmati keindahan alam perkebunan teh ini.

PerkebunanTeh Margawindu sudah sangat terkenal di Sumedang, sehingga banyak wisatawan berkunjung kesini untuk menyaksikan panorama indahnya secara langsung.

Lokasi Obyek Wisata Perkebunan Teh Margawindu ini berada di Citengah Sumedang Jawa Barat terletak di Citengah, Sumedang Sel, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Indonesia.

Untuk tiket masuknya tidak dipungut biaya, namun ada biaya parkir jika kalian berkunjung dengan menggunakan kendaraan bermotor.

14. Gunung Kunci

Gunung Kunci
https://www.instagram.com/ernanuramelia_/

Salah satu tempat wisata yang banyak menarik perhatikan akhir-akhir ini, namanya Gunung Kunci.

Meskipun namanya Gunung Kunci, tapi kawasan wisata ini merupakan sebuah bukit kecil yang lokasinya tak jauh dari Alun-alun Kota Sumedang. Tepatnya berjarak kurang lebih 250 meter sebelah barat alun-alun.

Dulunya, Objek wisata ini adalah benteng pertahanan yang dibangun oleh Belanda. Di dalam benteng itu terdapat beberapa ruangan yang memiliki fungsinya masing-masing.

Sembari merasakan kondisi alam yang keren, kalian juga bisa menyaksikan peninggalan sejarah ini untuk melengkapi perjalanan liburan kalian di Kota Sumedang.

Lokasinya berada di Gunung Panjunan, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

Untuk biaya masuknya Saat weekday, harga tiket masuknya adalah Rp 7,000. Sementara saat weekend, harga tiket masuknya adalah Rp7000.

15. Kolam Renang Gajah Depa

bermain air diKolam Renang Gajah Depa
https://www.instagram.com/adiwijaya3813/

Sudah bosen dengan wisata alam, ingin cari kesegaran dan main-main air? Gajah Depa hadir sebagai wahana permaianan air modern di Sumedang yang siap memberikan keseruan kepada kalian.

Satu hal yang populer dan diminati di tempat ini adalah Family Slide berbentuk papan luncur, yang bisa kalian coba dengan 10 orang temanmu.

Tak hanya itu, wahana lain yang bisa kalian coba dan tidak kalah serunya adalah Water Roller, Water Ball, Spill Buckjet, Water Capsule, Water boom, dan juga Handboat.

Tak habis disitu, ada juga juga istana boneka, trampolin, dan juga kereta mini untuk melengkapi permainan seru lainnya.

Lokasinya berada di Jalan Raya Serang No.90, Galudra, Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Untuk tiket masuknya Saat weekday Rp20,000. Sementara saat weekend, harganya Rp 25,000.

Lihat Juga: Waduk Cirata, Wisata Penuh Pesona yang Menyimpan Misteri

16. Paralayang Batu Dua Gunung Lingga

Paralayang Batu Dua Gunung Lingga

Ingin merasakan terbang di atas awan sambil melihat panorama hijaunya pemandangan alam Sumedang?
Di atas ketinggian tanah mencapai kurang lebih 930 mdpl, kalian bisa menyaksikan dengan lebih leluasa pemandangan alam yang begitu mempesona dari atas ketinggian.

Tempat wisata Sumedang menawarkan kepada kalian sensasi liburan yang cukup menantang adrenalin buat kalian yang hobby olahraga paralayang.

Paralayang di Batu Dua Gunung Lingga ini terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Tepatnya di Cimarga, Cisitu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 4536

Saat weekday, harga tiket masuknya adalah Rp 30.000. Sementara untuk weekend, harga tiket masuknya adalah Rp30.000.

Jika kalian hendak mengunjungi Paralayang di Batu Dua Gunung Lingga ini, usahakan di antara pukul 07.00 hingga 18.00 ya…

17. Puncak Gunung Batu

Puncak Gunung Batu
https://www.instagram.com/fauzanns19/

Di Sumedang kalian juga bisa menemukan Puncak Gunung Batu dengan keindahan yang menakjubkan di depan mata.

Dengan suasana yang kental dengan nuansa mistis, tempat ini malah memiliki daya tarik tersendiri. Namun meski demikian, tak menyurutkan niat wisatawan untuk menikmati keindahan kota Sumedang dari atas ketinggian.

Lokasinya di Desa Rancabawang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang.

Untuk tiketnya bisa dikatakan murah, hanya Rp 10.000 per orang. Malah agak mahal pada parkir kendaraan. Untuk Sepeda Motor harga parkirnya Rp 15.000, untuk Mobil Rp 30.000, dan Mini Bus Rp 50.000.

18. Toga Peak Cafe

Toga Peak Cafe
https://www.instagram.com/bellaaramly/

Kalian pengen berkunjung ke tempat nongkrong hits beramai-ramai dengan keluarga maupun teman komunitas? Toga Peak Cafe bisa menjadi tempat yang paling mantul.

Cafe ini berada di Kota Sumedang yang punya space luas sehingga kalian bisa datang beramai-ramai ke cafe yang tidak jauh dari pusat Kota ini.

Hidangan yang ditawarkan pun beragam. Mulai dari makanan nusantara hingga makanan western bisa kalian pesan di Toga Peak Cafe ini.

Alamatnya di Sukajaya, Sumedang Selatan, Sumedang Regency, West Java 45311.

19. Kampung Ciherang

Kampung Ciherang
https://www.instagram.com/sumedangcity_/

Kalian juga bisa berkunjung ke Kampung Ciherang. Destinasi ini memberikan pengalaman wisata alam mempesona dengan hutan pinus di sekelilingnya. Setelah terkenal di media sosial, Kampung Ciherang kerap dipadati pengunjung.

Harga tiket masuk Kampung Ciherang ini mulai dari Rp 40.000 dengan berbagai fasilitas yang tersedia. Sedang alamatnya di Cijambu, Tanjungsari, Sumedang, Jawa Barat, Indonesia, 45362.

20. Museum Prabu Geusan Ulun

Museum Prabu Geusan Ulun yang exsotis
https://www.instagram.com/iqitbangkitmakeup/

Selain wisata alam, ada objek wisata budaya, sejarah, dan edukasi yang terdapat tempat wisata Sumedang yang bernama Museum Prabu Geusan Ulun.

Awalnya sih tempat ini adalah salah satu kediaman bupati dan para kerabatnya. Namun, sekarang sudah dijadikan sebagai objek wisata.

Terdapat beberapa bangunan di lokasi ini seperti Ruang Bumi Kaler, Ruang Srimanganti, Gedung Gamelan, Ruang Bumi Gendeng, dan Gedung Pusaka Khusus.

Lokasinya di Jalan Prabu Geusan Ulun No. 40, Regol Wetan, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Tiket masuknya Rp 3000 untuk orang dewasa, Rp 2000 untuk anak-anak, dan untuk wisatawan asing Rp 10.000 saja. Museum ini buka pada jam 08.00 WIB – 16.00 WIB.

Simak Review: Kawah Kamojang Garut, WisataAlam Terpopuler di Jawa Barat

Tempat wisata Sumedang, daya tariknya nggak bakal habis. Ragam destinasi wisatanya begitu menarik hati dan tentunya bikin nggak ingat waktu. Mulai dari air terjun hingga pemandiannya, tentu bakalan memanjakan liburan kalian.

Nggak usah khawatir fasilitas dan biaya masuknya, murah tapi nggak murahan. Sumedang adalah tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan kalian. Selamat berlibur…

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *