The Lost World Castle

5 min read

The Lost World Castle Jogja

Yakin sudah bosan sama pesona wisata Jogja? Kayaknya kamu belum tuntas deh menjelajahi semua obyek wisata di sana. Salah satu wisata hits dan anti boring yang patut kamu jelajahi adalah The Lost World Castle.

Pasalnya, wisata buatan di kawasan lereng gunung Merapi ini unik banget guys. Gimana enggak, wahana-wahananya dibentuk seperti bangunan kastil yang megah bak Benteng Takeshi dan dibangun dengan memanfaatkan material-material sisa erupsi Gunung Merapi.

Karena berada di lereng Gunung Merapi, kamu pun bisa merasakan sensasi liburan yang berbeda dengan perpaduan antara wisata buatan dan alam.

Tertarik untuk mengunjungi wisata kastil ini juga? Simak dulu review penulis berikut tentang lokasi, rute, harga tiket masuk, hingga berbagai wahana unik dan instagramable yang jarang ditemui di tempat lain. Daripada penasaran, let’s check it out guys!

Sekilas Tentang The Lost World Castle

Nama The Lost World Castle (TLWC) disematkan untuk obyek wisata yang satu ini bukan tanpa alasan lho. Sebutan ‘Castle’ diambil dari arsitektur bangunannya yang menyerupai benteng atau kastil kerajaan seperti Benteng Takeshi.

Sedangkan ‘The Lost World’ diartikan sebagai dunia atau kawasan yang hilang. Kawasan yang dimaksud adalah Desa Kepuharjo yang pada tahun 2006 silam terdampak letusan dahsyat Gunung Merapi.

Erupsi yang cukup parah pun mengakibatkan sebagian besar wilayahnya tersapu bersih dan hilang. Sehingga penamaan tersebut bertujuan untuk mengenang peristiwa Gunung Merapi yang kelam.

Meskipun wisata kastil yang berjarak 6 km dari Gunung Merapi ini masuk dalam Zona Merah atau Kawasan Rawan Bencana (KRB), tapi nggak menyurutkan antusias para traveller mania untuk mengintip keindahannya lho.

Wajar saja kalau obyek wisata yang berdiri pada tahun 2017 lalu itu sempat terkendala izin pemerintah hingga pernah ditutup sementara. Pasalnya, kawasan ini bisa berbahaya kalau tiba-tiba terjadi erupsi mendadak dari Gunung Merapi.

Tapi tak beberapa lama setelahnya, TLWC sudah dibuka kembali walaupun belum mendapat izin resmi. Jadi, kalau berencana mengunjungi tempat ini, jangan lupa cari tahu aktivitas Gunung Merapi dulu ya!

Lokasi The Lost World Castle

The Lost World Castle berlokasi di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, atau sekitar 29 km dari pusat Kota Jogja.

Lokasinya cukup tersembunyi, tapi kamu nggak akan kesulitan menemukannya selama memperhatikan petunjuk arah yang ada. Supaya lebih mudah, ingatlah kalau TLWC ini nggak jauh dari Lava Tour Merapi atau Merapi Golf.

Jalan Menuju The Lost World Castle

Walaupun lokasinya agak tersembunyi dan jauh dari pusat kota, tapi jalan menuju ke lokasi wisata ini nggak terlalu sulit kok. Rute yang bisa kamu tempuh juga simpel.

Dari pusat Kota Jogja, ambillah jalur ke arah utara melewati Jalan Kaliurang, lalu menuju arah Kaliadem. Teruskan ke Jalan Bebeng hingga sampai di Dusun Petung. Lanjutkan hingga melewati Merapi Kopi, ambil arah timur sampai kamu menemukan The Lost World Castle.

Kalau kamu datang dari luar kota, jadikanlah pusat kota Jogja sebagai titik keberangkatan. Selain itu untuk memudahkan perjalanan, sebaiknya membawa kendaraan pribadi. Kamu bisa menyewanya di jasa sewa kendaraan kok.

Tiket Masuk The Lost World Castle

Asyiknya, kamu bisa masuk ke kawasan wisata TLWC dengan tarif yang masih terjangkau dan nggak bakal bikin kantongmu jebol guys. Berikut rincian tarifnya:

1. Harga tiket masuk : Rp 25.000,- per orang
2. Biaya parkir mobil : Rp 5.000,-
3. Biaya parkir motor : Rp 2.000,-
4. Biaya penginapan : Rp 50.000,- per malam

Lihat Juga: Pantai Krakal, Dua Bukit Karang Purbakala

Jam Buka The Lost World Castle

TLWC buka setiap hari, mulai Senin sampai Minggu, pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Karena jam bukanya cukup lama, kamu bisa mengunjungi tempat ini dengan santai dan juga lebih lama deh.

Fasilitas di The Lost World Castle

Selain bisa menikmati berbagai wahana menarik, kamu juga bisa menggunakan fasilitas yang tersedia dengan nyaman lho. Beberapa diantaranya adalah:

1. Area parkir
2. Kamar mandi dan toilet
3. Musholla
4. Penginapan

Ada Apa Aja di The Lost World Castle

Kawasan wisata The Lost World Castle ini nggak cuma menyuguhkan kemegahan bangunan kastilnya saja, tapi juga berbagai wahana dan spot menarik lain yang patut kamu jelajahi. Penasaran ada apa aja di sini? Berikut beberapa spot dan wahana menariknya:

1. Bangunan Kastil yang Unik dan Megah

Bangunan Kastil The Lost World Castle yang Unik dan Megah

Kesan pertama saat melihat The Lost World Castle ini pasti tertuju pada bangunan megahnya yang berbentuk kastil kerajaan. Keunikan arsitektur bangunan ini memang nggak perlu diragukan lagi guys.

Bahkan nggak sedikit lo yang menyebut kastil ini mirip seperti Benteng Takeshi di reality show Jepang dan The Great Wall atau Tembok Besar Cina. Itulah mengapa wisata ini langsung viral dan cepat terkenal di media sosial.

Bangunan kastil yang berdiri di atas lahan seluas 1,3 hektar ini berwarna abu-abu khas bongkahan batu. Selain itu, ada pos-pos penjagaan yang menyerupai benteng pertahanan.

Asyiknya, kamu bisa memanfaatkan pemandangan keseluruhan kastil ini sebagai background foto yang keren lo. Ada banyak sudut-sudut bagus untuk berfoto atau selfie, tinggal pintar-pintarmu cari yang pas aja. Dijamin foto kamu bakal tampil beda dan antimainstream deh.

Simak Review: Sindu Kusuma Edupark, Tempat Berbagai Macam Wahana Seru di Jogja

2. Spot Foto Instagramable

Nggak cuma dimanjakan dengan kemegahan bangunan kastil, kamu juga bisa berselfie ria di berbagai spot foto Instagramable-nya. Ada banyak spot foto unik yang patut kamu abadikan, salah satunya adalah Negeri di Atas Awan.

Spot ini bisa dibilang paling populer dari yang lainnya. Pasalnya kamu bisa berfoto dengan properti kedua sayap yang membentang di kiri dan kananmu. Jangan lupa ambil foto dari agak bawah dan posisikan supaya subjek terlihat seperti sedang terbang diantara awan.

Selain itu ada spot Paradise Gate, dimana kamu bisa berfoto seolah-olah sedang di depan gerbang surga dan akan menaiki anak tangga yang jumlahnya tak berujung. Spot ini akan lebih sempurna di cuaca berkabut, seakan-akan kamu berjalan menuju surga guys.

3. Lukisan 3D

Selain spot-spot di atas, ada wahana lukisan 3D yang unik juga lo. Lukisan ini dibuat sedemikian rupa supaya terlihat sangat nyata. Jadi siapapun yang berfoto di atasnya akan terlihat seakan merasakan apa yang terjadi di gambar 3D itu.

Ada berbagai gambar 3D yang menarik untuk dijadikan spot foto, seperti lukisan permadani terbang, kolam hiu, tebing jurang, air terjun dengan jembatan kayu kecil di atasnya dan masih banyak lainnya.

Sedikit tips buat kamu yang ingin menghasilkan foto menarik, ambillah foto dari sudut tertentu yang agak tinggi. Dengan begitu, lukisan 3D-nya akan terlihat jelas dan nyata.

4. Kapal Black Pearl

Kapal Black Pearl adalah wahana spot yang unik sekaligus creepy karena kamu bisa menemukan objek kapal besar dengan tengkorak bajak laut beserta harta karun yang mengelilinginya. Jangan lupa ambil foto selfie terbaikmu di depan kapal ini ya guys!

5. Berburu Foto dengan Landmark Dunia

Landmark Dunia juga salah satu spot menarik yang patut untuk dikunjungi lo. Kamu bisa menikmati keindahan pepohonan Sakura ala Jepang, Stonehenge, hingga perkampungan Suku Indian.

Di perkampungan ini, ada beberapa rumah khas Suku Indian beserta aksesoris lengkapnya yang bisa disewa untuk berfoto-foto guys. Biaya sewanya juga cukup murah kok, yaitu 10.000 rupiah aja.

Bahkan ada replika The Lost World seperti yang ada di film lo. Beberapa kerangka fosil dinosaurus yang dipajang terlihat unik dan sangat nyata. Jadi, kamu bisa sekalian wisata edukasi deh di TLWC ini.

Kunjungi Juga: Kedung Pedut, Air Terjun Dua Warna di Kulonprogo

Wisata Dekat The Lost World Castle

Sudah puas bermain-main di TLWC tapi masih penasaran dengan pesona wisata di dekat Gunung Merapi lainnya? Jangan khawatir, kamu bisa mampir ke destinasi wisata lain yang ada di dekat TLWC ini kok.

1. The World Landmarks

Nggak terlalu jauh dari TLWC, ada obyek wisata The World Landmarks atau sering disebut juga sebagai Merapi Park. Taman yang berjarak sekitar 8 km dari wisata kastil ini menyuguhkan berbagai koleksi miniatur dari icon kota-kota besar yang terkenal di seluruh dunia.

2. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi ini berjarak kurang lebih sama seperti Merapi Park, yaitu 8 km dari The Lost World Castle. Museum ini didirikan sebagai sarana perekam jejak aktivitas Gunung Merapi yang sudah sangat tua.

Di sini kamu bisa mendengar suara gemuruh Gunung Merapi yang sudah terekam dan tersimpan rapi berkali-kali. Begitu juga dengan momen tiap letusan gunung yang mengerikan.

Nggak heran museum ini punya peran yang besar dalam mengabadikan setiap aktivitas Gunung Merapi hingga saat ini.

Tips Wisata ke The Lost World Castle

Berencana mengunjungi TLWC Kaliurang ini? Sebaiknya perhatikan beberapa tips wisata yang akan penulis bagikan ini ya, supaya perjalananmu lancar dan liburanmu jadi menyenangkan tanpa gangguan hal-hal yang nggak diinginkan.

1. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah di pagi atau sore hari. Pada waktu ini langit sudah cerah tapi nggak panas. Karena kawasan wisata ini belum ditanami banyak pohon, sehingga sangat panas kalau berkunjung di siang hari.
2. Bawalah sunblock, kacamata hitam, topi dan payung supaya kulit tidak gosong dan untuk berjaga-jaga kalau cuaca tiba-tiba panas.
3. Pakailah pakaian tertutup dan menyerap keringat serta alas kaki yang nyaman. Penulis lebih menyarankan memakai sneakers, mengingat kamu harus terus berjalan kaki untuk menjelajahi kawasan ini.
4. Bawalah persediaan makanan dan minuman yang cukup untuk perjalanan maupun selama di lokasi wisata. Pasalnya, di sekitar TLWC ini masih jarang ditemukan warung makan atau pedagang.
5. Kosongkan memori kamera atau HP untuk berburu foto dan siapkan power bank untuk berjaga-jaga kalau baterai HP habis.

Baca Juga: 10 Keunikan dan Daya Tarik Candi Sewu (Kekayaan Leluhur dalam Warisan Hindu-Budha)

Itulah sedikit review yang bisa penulis bagikan mengenai lokasi, rute, harga tiket masuk, sejarah, hingga berbagai wahana dan spot menarik di obyek wisata TLWC. Wisata ini menyuguhkan kemegahan bangunan yang menyerupai kastil kerajaan.

The Lost World Castle Sleman Jogja yang berada di lereng Gunung Merapi ini juga dilengkapi dengan aneka wahana serta spot foto unik dan instagramable yang patut kamu abadikan lo. Tunggu apalagi, yuk ajak keluarga dan teman-temanmu liburan ke sini!

0

Trans Studio Makassar

Zuhrufi
5 min read

Waterbom Bali

Putri
6 min read

Waterbom PIK Jakarta

Putri
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *