Trans Studio Makassar

5 min read

Terletak di ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan, Trans Studio Makassar merupakan salah satu taman hiburan indoor terbesar yang ada di dunia. Walaupun indoor, kamu tak perlu khawatir fasilitasnya akan kalah dengan taman-taman hiburan outdoor.

Pasalnya, taman hiburan yang masih berada dalam naungan grup yang sama dengan Trans Studio Bandung ini juga memiliki berbagai wahana yang sangat spektakuler.

Di samping karena fasilitasnya yang sangat lengkap, posisinya yang berada di pusat kota Makassar membuat Trans Studio Makassar selalu dipenuhi orang-orang yang ingin mencoba keseruan wahananya.

Trans Studio Makassar

Menempati lahan seluas 2,7 hektar, taman hiburan indoor terbesar kedua di Indonesia ini telah berdiri sejak bulan September 2009. Ya, lebih tua memang dari Trans Studio Bandung yang baru dibuka pada Juni 2011.

Seperti kebanyakan taman hiburan besar lain, sebanyak 22 wahana seru yang ada di Trans Studio Makassar terbagi dalam empat kawasan dengan tema yang berbeda.

Karena memiliki tema yang berbeda itulah taman hiburan ini juga biasa disebut theme park. Nah, kalau kamu tertarik ingin mengunjunginya, simak dulu berbagai informasi penting yang tersaji di bawah ini!

Lokasi

Beralamat di Jalan Metro Tanjung Bunga, Maccini Sombala, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, kamu hanya membutuhkan waktu tempuh 15 menit untuk menuju kesana jika berangkat dari pusat kota Makassar.

Lokasi theme park ini sendiri berada di Trans Studio Mall yang berdiri di kawasan terpadu Trans Studio Resort Makassar. Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan jika disekitar theme park bisa dijumpai gedung-gedung tinggi, seperti Bank Mega dan gedung-gedung lain milik Trans Corp.

Jalan Menuju Trans Studio Makassar

Untuk akses menuju lokasi theme park, kamu tak perlu khawatir kesulitan karena posisinya yang berada di tengah kota. Jika berangkat dari Bandara Hasanuddin misalnya, kamu bisa melewati Tol Insinyur Sutami – Tol Reformasi – Jalan Nusantara – Jalan Metro Tanjung Bunga.

Sedangkan jika dari Terminal Daya Makassar kamu bisa juga melalui jalan yang sama dengan rute di atas. Namun, jika tak ingin melalui tol lewati saja jalan Jalan Poros Makassar – Maros dan berbelok di Jalan Metro Tanjung Bunga.

Tiket Masuk

Dengan berbagai wahananya yang seru dan menantang, tentu kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk menikmati berbagai keseruan di Trans Studio Makassar.

Jika berkunjung hari Senin – Jumat, harga tiket masuk atau HTM-nya adalah Rp 160.000. Sedangkan untuk kunjungan hari Sabtu – Minggu tiket masuknya seharga Rp 210.000.

Segala jenis transaksi hanya dapat dilakukan dengan Trans Studio Pass yang bisa kamu dapatkan dengan membayar biaya sebesar Rp 10.000.

Jam Buka

Jam operasional Trans Studio Makassar adalah mulai pukul 09.00 WITA hingga pukul 22.00 WITA. Karena theme park ini sangat ramai di hari biasa maupun hari libur, pastikan kunjunganmu benar-benar terencana.

Jangan sampai sudah jauh-jauh ke sini dan membayar biaya tiket yang lumayan menguras kantong, kamu malah tak bisa menikmati berbagai wahana secara maksimal karena terlalu fokus antri di beberapa wahana saja.

Fasilitas

Sebagai theme park yang besar dan sangat luas, Trans Studio Makassar menawarkan berbagai fasilitas yang sangat lengkap, seperti tempat ibadah, toilet, tempat parkir, dan ATM.

Kemudian untuk kamu yang ingin menginap di dekat theme park ini juga bisa melakukan reservasi di hotel yang berada di dekat kawasan terpadu Trans Studio Resort.

Daya Tarik

Tak mungkin sebuah tempat wisata menjadi ramai jika tak memiliki daya tarik tersendiri. Jika kamu penasaran apa yang membuat theme park indoor ini begitu ramai, simak terus uraian berikut!

1. Zona Studio Central

Studio Sentral Zone Trans Studio Makassar

Dari pintu masuk, kamu akan tiba di zona Studio Central yang sangat unik dengan tema Hollywood di era 1960-an. Berbagai gambar selebriti Hollywood di era tersebut, seperti Marilyn Monroe dan Elvis Presley berseliweran di sini.

Selain nuansa yang menyenangkan, kamu juga bisa menikmati pertunjukan spektakuler di Trans City Theater dan menaiki wahana permainan seru, seperti Bumper Car atau mobil senggol dan Ferrish Wheel.

Untuk kamu yang suka belajar, di zona ini ada Science Center, lho. Kemudian jika ingin menyaksikan sinema yang tampak nyata, kunjungi saja Bioskop 4D.

Baca Selengkapnya: 9 Aktivitas Seru di Pantai Losari (Gratis tapi Keren Abis)

2. Zona The Lost City

Setelah jalan-jalan di zona bernuansa Hollywood tahun 1960-an, nikmatilah pengalaman seperti di hutan rimba dengan menjelajahi zona The Lost City.

Seperti judul zonanya, di sini kamu bisa menikmati berbagai wahana bernuansa petualangan yang seru, seperti Si Bolang dan Safari Track. Jika lapar setelah bermain, di zona ini juga tersedia berbagai kios makanan.

3. Zona Magic Corner

Jika kamu suka dengan segala hal berbau misteri, Magic Corner pasti akan menjadi zona favoritmu. Ya, di sini kamu bisa menemukan wahana Dunia Lain yang bisa membuatmu ketakutan.

Selain itu, keunggulan zona ini adalah terdapat banyak wahana permainan keren yang bakal memacu adrenalinmu. Untuk kamu yang membawa anak kecil dan ingin menikmati wahana menegangkan, zona ini juga menyediakan tempat penitipan anak.

4. Cartoon City

Jika kamu berkunjung dengan teman atau kekasih, mungkin kamu akan lebih senang berlama-lama di zona Studio Central, The Lost City, dan Magic Corner. Namun, untuk kamu yang berkunjung bersama anak-anak, sebaiknya jangan sampai melewatkan zona Cartoon City.

Bak surga bagi anak-anak, zona ini suasananya seperti dunia imajinasi yang penuh warna. Di Cartoon City, anak-anak bisa bertemu dengan berbagai karakter kartun lucu yang menggemaskan.

Selain itu, banyak wahana permainan yang keamanannya sudah disesuaikan untuk anak-anak, seperti Buper Car Kids, Ayun Ombak, dan Sepeda Terbang.

5. Dragon Tower

Selain berbagai zona dengan beragam tema yang unik, tentu saja yang menjadi daya tarik utama dari Trans Studio Bandung adalah wahananya yang memacu adrenalin, seperti misalnya Dragon Tower.

Wahana yang berada di Magic Corner ini akan membuatmu merasakan sensasi diangkat ke ketinggian 12 meter, lalu dijatuhkan dalam posisi duduk secara berulang-ulang.

6. Giant Swing

Mungkin kamu sudah biasa menaiki ayunan biasa yang hanya dapat bergerak maju mundur. Namun, bagaimana dengan ayunan raksasa yang bisa berputar 360 derajat?

Nah, jika penasaran bagaimana perasaan saat menaikinya, kamu harus mencoba wahana Giant Swing yang berada di zona The Lost City. Tak hanya berputar 360 derajat, jika menaiki ayunan raksasa ini kamu juga akan dihempaskan dari posisi sudut 90 derajat di ketinggian 10 meter.

Baca Rekomendasi: 9 Aktivitas Seru di Pantai Galesong (Santai Sambil Mantai)

7. Jelajah

Berada di zona yang sama dengan Giant Swing, wahana bertajuk Jelajah ini akan mengajakmu merasakan serunya bermain di air tejun buatan.

Di awal permainan, kamu akan dibawa dengan perahu menuju puncak piramida. Setelah tiba di puncak, perahu yang kamu naiki akan meluncur dengan kecepatan tinggi ke bawah sehingga percikan dari air terjun buatan akan mengguyur tubuhmu. Oleh sebab itu, jangan lupa siapkan pakaian kering, ya!

8. Magic Thunder Coaster

Nah, untuk kamu penggemar wahana roller coaster, jangan sampai melewatkan Magic Thunder Coaster yang berada di zona Magic Corner.

Meski berada di area indoor, roller coaster ini tak kalah seru dengan yang berada di theme park outdoor. Terdiri dari dua loop besar, kamu akan dibawa berputar sebanyak tiga kali melintasi wahana yang berkelok dengan kecepatan 120 km/jam.

Hotel Terdekat

Ingin menginap di sekitar Trans Studio Makassar? Berikut rekomendasi tempat penginapan yang mungkin akan membuatmu tertarik.

1. Gammara Hotel Makassar

Berlokasi di Jalan H.M. Daeng Patompo, Metro Tanjung Bunga, Makassar, Gammara Hotel berjarak 1,1 kilometer dari Trans Studio Theme Park dengan waktu tempuh sekitar delapan menit saja.

Hotel bintang empat ini menawarkan berbagai fasilitas lengkap dengan pemandangan tepi pantai yang indah. Harga sewa kamar di sini berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 6.000.000.

2. Colonial Hotel Makassar

Hotel yang berjarak sekitar 1,8 kilometer dari Trans Studio Theme Park ini beralamat di Jalan Metro Tanjung Bunga Kav 701 – 703, Makassar.

Untuk kamu yang merasa Gammara Hotel terlalu mahal, hotel yang nyaman dan menyajikan fasilitas lengkap ini bisa menjadi pilihan. Harga sewa kamar per harinya berkisar antara Rp 275.000 hingga Rp 750.000.

3. OYO 2536 Hotel Tanjung

Merasa Colonial Hotel Makassar masih terlalu mahal? Jika demikian, kamu bisa menjatuhkan pilihan pada OYO 2536 Hotel Tanjung yang terletak di Jalan Metro Tanjung Bunga No. 33.

Hotel yang menjanjikan tempat menginap yang nyaman ini hanya mematok harga sekitar Rp 88.000 hingga Rp 104.000 per malam.

Baca Juga: Danau Tempe Pesona Danau Purba di Sulawesi Selatan

Wisata Dekat Trans Studio Makassar

Di dekat Trans Studio Theme Park ada banyak tempat wisata lain, baik wisata belanja, wisata alam, hingga wisata sejarah. Ingin tahu apa saja? Berikut informasinya.

1. Trans Studio Mall

Yang pertama dan utama, tentu saja Trans Studio Mall. Di sini kamu bisa menikmati wisata belanja sekaligus menyaksikan film-film layar lebar di bioskop XXI dengan jadwal yang telah tertera di website resminya.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati wisata kuliner di tenant-tenant favoritmu, seperti misalnya di Fireflies yang buka sejak pukul 09.00 WITA hingga 21.00 WITA.

2. Pantai Losari

Pantai ikonik di Kota Makassar ini hanya berjarak sekitar empat kilometer dari kawasan Trans Studio Theme Park.
Dengan waktu tempuh sekitar sepuluh menit saja, kamu sudah bisa mencapai pantai yang terletak di Jalan Somba Opu tersebut.

3. Benteng Rotterdam Makassar

Bangsa yang besar adalah bangsa yang tak pernah melupakan jasa para pahlawannya. Untuk mengenang perjuangan para pahlawan kemerdekaan, jika sedang berada di Makassar jangan lupa kunjungi Benteng Rotterdam.

Berjarak 5,7 kilometer dari Trans Studi Theme Park, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 14 menit untuk berkendara ke sana.

Tips Berkunjung ke Trans Studio Makassar

Sebelum berkunjung ke Trans Studio Theme Park, sebaiknya simak dulu tips-tips berikut agar nantinya kamu tak kecewa hanya karena belum tahu tentang apa-apa saja yang harus dilakukan atau tak boleh dilakukan.

  • Jangan lupa untuk membawa baju ganti, terutama jika kamu berminat menaiki wahana seperti Jelajah yang akan membuat pakaianmu basah. Jangan sampai kamu kecewa berat karena tak bisa menaiki wahana air akibat lupa membawa baju kering.
  • Beberapa wahana memberikan syarat mutlak tentang tinggi badan minimal yang diperbolehkan menaiki wahana yang bersangkutan. Oleh sebab itu, perhatikan peraturan tersebut sebelum antre. Daripada sudah antre lama-lama akhirnya tak boleh naik.
  • Jika mampu, sebaiknya datanglah sepagi mungkin agar kamu bisa lebih puas menikmati berbagai wahana yang diinginkan. Ingat, semakin siang maka antreannya akan semakin banyak.

Lihat Review: Pulau Samalona, Surganya Para Traveller di Kota Makassar

Itu tadi adalah berbagai ulasan lengkap seputar Trans Studio Makassar. Apakah kamu sudah puas dengan informasi tersebut? Nah, jika kamu sangat tertarik untuk mengunjungi theme park indoor tersebut, tampaknya kamu harus sedikit bersabar.

Pasalnya, setelah sepuluh tahun mengukir sejarah, Trans Studio Theme Park memutuskan untuk tutup sementara dalam rangka renovasi pada akhir Oktober 2019. Hingga awal tahun 2020, belum ada informasi resmi tentang waktu pembukaannya.

0

Waterbom Bali

Putri
6 min read

Waterbom PIK Jakarta

Putri
6 min read

Pura Uluwatu Bali

Jessica Susanti
9 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *