Umbul Sidomukti

4 min read

Objek Wisata Penuh Wahana, Umbul Sidomukti

Pernahkah kamu membayangkan dapat berenang diatas awan? Pastinya sangat menyenangkan jika kita bisa berenang dengan pemandangan awan dan birunya langit yang menyejukkan mata. Kamu wajib tahu, ada wisata alam dengan panorama exotic bernama Umbul Sidomukti.

Wisata alam yang satu ini terletak di Kota Semarang. Semarang terkenal memiliki wisata yang kebanyakan adalah wisata-wisata yang bersejarah, seperti lawang sewu, kota tua dan lain sebagainya. Namun siapa sangka kota yang juga dijuluki Kota Atlas ini juga menyimpan wisata panorama alam yang exotic yang memanjakan matamu ketika berkunjung.

Indahnya pemandangan di wisata yang satu ini dapat menyejukkan hati, dan pastinya instagramable. Recommended bagi kamu yang ingin menenangkan pikiran dari padatnya Kota Semarang atau hanya sekedar ingin berfoto dengan latar alam yang exotic.

Wisata ini terletak di ketinggian 1.200 Mdpl. Terbayangkan bagaimana sejuk dan indahnya penorama dari ketinggian? Keindahan panorama yang disajikan menjadi salah satu daya tarik di sekitar lereng Gunung Ungaran, Semarang.

Jalan Menuju Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti terletak di kaki gunung ungaran. Tepatnya di desa sidomukti, jimbaran, kecamatan bandungan, kabupaten semarang, jawa tengah.

Jika kamu datang dari kota Semarang, kamu hanya perlu menempuh sekitar 1 jam. Jalur termudah bisa dilalui dari kota Semarang masuk lewat pintu tol Gayamsari, atau kalau dari arah Jakarta masuk lewat pintu tol Krapyak (Semarang Barat). Ikuti arah menuju Yogyakarta/Solo dan keluar lewat pintu tol Ungaran.

Kemudian ikuti jalur Semarang Solo/Yogya. Setelah kamu sampai di Pom Bensin Lemah Abang, ambil arah ke kanan menuju Bandungan. Setelah menemui pertigaan pasar Jimbaran, maju sedikit lalu belok kanan melewati sebuah jalan yang relatif sempit menuju ke desa Sidomukti.

Baca Rekomendasi: 24 Tempat Wisata Karanganyar Terhits dan Terbaru

Tiket Masuk Umbul Sidomukti

Untuk masuk, kamu tak perlu merogoh konceng yang terlalu dalam. Harga tiket masuknya cukup 10 ribu rupiah untuk weekdays, sedangkan untuk weekend 15 ribu rupiah saja.

Bagimana? Terjangkau bukan? Bukan hanya pemandangan alam saja, wisata ini punya banyak spot seru berikut spot yang bisa kamu jelajahi.

Jam Buka Umbul Sidomukti

Kamu bisa datang ke wisata ini setiap hari, menariknya lagi wisata ini buka 24 jam. Sehingga kita bisa puas berlama-lama menikmati penorama pagi dan petang.

Namun untuk menjelajahi spot memiliki perbedaan jam buka. Jadi maksimalkan penjelajahan spot kamu ketika sampai ditempat ini ya.

Fasilitas Umbul Sidomukti

Wisata alam ini memiiki fasilitas-fasilitas umum yang menunjang kebutuhan pribadimu, jadi kamu tidak perlu khawatir berlama-lama di wisata ini.

Diantaranya adalah Lahan Parkir, tempat parkir cukup luas terbagi dua sesuai area tujuan wisata. Toilet dan kamar mandinya cukup bersih. Begitu pula dengan musholla dan area wudhunya.

Berlibur disini memang dijamin tingkat kenyamanan dan keamanannya. Apalagi, air yang ada disini hampir setiap waktu berganti karena, langsung keluar dari mata air.

Wisata Umbul Sidomukti tak hanya menyajikan kolam dengan panorama exotic. Namun juga menyajikan banyak spot yang dapat menjadi daya tarik tersendiri.

Lihat Review: Daya Tarik Waduk Jatibarang, Bendungan Cantik di Kota Semarang

Daya Tarik dan Aktivitas Seru di Umbul Sidomukti

Berikut beberapa spot menarik yang bisa kamu jelajahi:

1. Pondok Kopi Umbul Sidomukti

Cafe Keren, Pondok Kopi Umbul Sidomukti

Menikmati kopi di Pondok Kopi Umbul Sidomukti Semarang. Nikmatnya minum kopi ditemani panorama alam yang indah dari ketinggian.

Di kawasan ini terdapat beberapa café yang menawarkan pemandangan alam mempesona. Kamu dapat bersantai sambil menyantap aneka menu hidangan istimewa.

Salah satu café yang terkenal di kawasan wisata ini adalah Pondok Kopi. Kamu dapat merasakan nikmatnya minum kopi ditemani panorama alam yang sangat indah. Menu kopi yang tersedia pun beragam, seperti espresso based coffee, black coffee, manual brew, dan traditional coffee.

Tempat yang juga menjadi spot menarik ini terletak sekitar 700 meter dari sarea kolam renang, tepatnya di dekat penginapan. Selain memandangi indahnya perbukitan, kamu juga dapat merasakan sejuknya udara kawasan pegunungan dari tempat ini.

2. Flying Fox

Rasakan sensasi meluncur melewati dua lembah dengan spot Flying Fox yang pastinya menantang adrenalin.
Flying Fox ini memiliki panjang lintasan 110 meter dengan ketinggian 70 meter. Spot ini menawarkan dua pilihan track, marine bridge di lembah atau rapeling menuruni lembah sisi kolam.

Lintasannya menyeberang antara lereng bukit satu ke bukit lain. Wisatawan akan bergantung pada dua utas tali pengaman dan helm di kepala. Keamanan spot outbond ini sangat terjamin karena ada instruktur yang siaga memasangkan alat pengamannya.

3. Paralayang Tandem

Salah satu spot yang mendapat animo tinggi dari wisatawan disini adalah Paralayang Tandem. Pengalaman menjelajah dengan paralayang ini menjadi spot petualangan paling diminati di kawasan wisata ini.

Durasi lama di udara mulai 15 menit hingga setengah jam. Wisatawan dapat terbang dari ketinggian 1.700 mdpl kemudian turun di lapangan sepak bola Sidomukti. Lalu kembali ke lokasi awal menggunakan fasilitas kendaraan pengelola obyek wisata ini.

Tim ahli spot ini dari anggota Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Kabupaten Semarang. Wisatawan dapat menikmati pengalaman terbang di atas wisata Ungaran ini. Tentu ini adalah kesempatan yang baik untuk mengabadikan kawasan wisata Gunung Ungaran dari ketinggian.

Baca Selengkapnya: Candi Arjuna Dieng, Objek Wisata Sejarah yang Instagramable

4. ATV

Spot ATV mengelilingi area sekitar taman wisata. Alternatif spot luar ruang lainnya adalah mengelilingi lokasi Desa Wisata Sidomukti dengan ber-offroad ria.

Wisatawan dapat melintasi berbagai macam perkebunan yang ada di sekitar menggunakan ATV. Spot ini dapat dikendarai dengan rute menantang yang ada di kompleks taman wisata alam.

Spot ini aman untuk anak-anak yang sudah bisa mengendarai ATV sendiri. Jadi para orang tua tak perlu khawatir. Namun tetap dalam pendampingan dan pengawasan ya.

5. Little Ranch

Spot berkuda di little ranchBerkeliling kebun sayur dan menikmati alam dengan berkuda bersama keluarga di Little Ranch.

Di Little Ranch, wisatawan terutama dengan keluarga dan anak-anak dapat berkenalan dengan berbagai hewan. Mulai dari Kelinci, Rusa, Kambing Merino, Kambing Etawa.

Beberapa permainan juga tersedia seperti Panahan dan Air Softgun. Wisatawan juga dapat berkuda mengelilingi kebun sayur yang berada di sekitar objek wisata.

6. Gua Tirta Mulya

Goa Tirta Mulya terletak berada di sekitar kawasan wisata berjarak kurang lebih 1 Km. Bisa ditempuh menggunakan kendaraan atau berjalan kaki sekitar 20 menit.

Gua ini konon digunakan oleh masyarakat untuk mencari sumber air di lereng Gunung Ungaran. Bentuk gua yang unik dengan panjang kurang lebih 100 meter menjadi salah satu atraksi di kawasan wisata ini.

7. Fasilitas Penginapan di Resort Umbul Sidomukti

Kawasan wista kaki Gunung Ungaran ini sudah dilengkapi dengan penginapan dengan dua pilihan. Yaitu dengan mendirikan tenda atau menginap di vila dan homestay nyaman dengan fasilitas memadai. Dengan menginap, wisatawan dapat menikmati indahnya malam dengan gemerlap kota Semarang dari ketinggian.

Kamu bisa mencoba beberapa penginapan. Salah satunya adalah Susan Spa Resort. Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat untuk menggelar prosesi pernikahan, karena di sini terdapat infinity chapel yang persis dengan yang ada di Bali.

Selain menawarkan kamar yang mewah dan nyaman, Susan Spa Resort juga menjamin kepuasan para tamunya dengan menawarkan sejumlah fasilitas, seperti restoran, spa, kolam renang, room service, jasa laundry, bathtub, pusat kebugaran, tempat penitipan anak, Wi-Fi di area umum, AC, dan minibar.

8. Camping Ground

Camping Ground adalah penginapan dengan konsep berkemah untuk keluarga. area camping ground Berkemah di Camping Ground memberikan sensasi menginap di alam bebas

Untuk menikmati sajian wisata di tempat ini lebih lama, wisatawan dapat mencoba aktivitas berkemah. Di kompleks wisata alam ini tersedia camping ground untuk menikmati keindahan alam bebas.

Di sini, para orang tua bisa memberikan pengalaman baru kepada anak-anaknya untuk tidur di dalam kemah dan berada lebih dekat dengan alam.

9. Villa Pondok Panorama

Villa Pondok Panorama dengan keindahan alam pegunungan menjadi tempat menginap dengan suguhan suasana alam Gunung Ungaran di ketinggan 1300 mdpl.

Pondok Panorama Villa memiliki suasana asri dengan masing-masing vilanya memiliki dua kamar. Vila ini memiliki pemandangan keindahan panorama lima gunung. Fasilitas yang disediakan mencakup ruang pertemuan, pendopo, dan fasilitas karaoke.

Villa ini juga menyediakan layanan wifi gratis, hanya saja jaringan agak kurang bagus terkadang sering putus-putus sebagaimana yang sering dikeluhkan oleh rata-rata pengunjung. Namun terlepas dari itu semua, tempat ini terbilang sangat bagus udaranya sejuk dan pemandangannya indah disertai dengan hawa sejuk khas pegunungan.

10. Pondok Wisata Villa

Pondok Wisata adalah salah satu vila yang dapat disinggahi ketika kamu berkunjung. Penginapan ini merupakan resort dengan kapasitas besar, cocok digunakan untuk keluarga maupun rombongan.

Family Room merupakan penginapan yang menyajikan hamparan pemandangan Gunung Ungaran di sisi selatan. Udaranya sejuk relatif dingin khas pegunungan.

Jika kamu bermalam di Villa Family Room, kamu dapat menikmati indahnya sunrise menyambut saat pagi hari dari tempat ini.

Baca Juga: 20 Tempat Wisata di Semarang Terbaru, Terkeren dan Instagramable

Gimana? Serukan menjelajahi wisata Umbul Sidomukti? Jika kamu pergi ke semarang wajib untuk mengunjungi wisata alam yang satu ini.

Mempersatukan ketenangan alam, dan keseruan otbound? Mungkin ini salah satu jawaban dari pencarianmu selama ini. Selamat menjelajah.

0

Museum Macan

Zuhrufi
6 min read

Waduk Jatibarang

Putri
7 min read

Ngarai Sianok

Zuhrufi
10 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *