Waterbom PIK Jakarta

6 min read

Waterbom PIK Jakarta

Bermain air, terutama di taman rekreasi air memang mengasyikkan. Menyempatkan berkunjung ke kawasan hiburan bertemakan air adalah pilihan tepat saat liburan. Segarnya air dan serunya wahana permainan yang tersedia akan membuat pikiran lebih rileks dan mengurangi stress.

Terlebih lagi, tidak ada batasan usia untuk menikmati keseruan bermain air. Sehingga, baik pergi bersama teman maupun keluarga, semua dapat menikmati liburan bersama yang menyenangkan sambil bermain air sepuasnya.

Terutama jika lokasinya modern dan memiliki berbagai wahana yang seru. Sehingga, kita bisa menikmati berbagai cara bermain air. Contoh lokasi yang tepat untuk jadi pilihan tujuan liburan adalah ke Waterbom PIK (Pantai Indah Kapuk) Jakarta.

Tentang Waterbom PIK Jakarta

Taman rekreasi air di Jakarta ini mulai beroperasi pada 27 Oktober 2007. Objek wisata seluas 38 ribu meter persegi ini mengusung tema Urban Cool. Meskipun disebut ‘urban’ yang artinya perkotaan, konsepnya sebenarnya lebih mengarah pada ‘kembali ke alam’.

Konsep yang diusung terlihat dari dekorasi dan penataan lokasi. Arsitektur taman rekreasi air ini dibuat modern dan minimalis. Namun dilengkapi dengan semak yang rimbun, pepohonan khas tropis yang tinggi, dan tata letak taman yang apik.

Cabang dari Waterbom Bali ini dikelola oleh PT. Bali Ocean Magic (BOM). Dari sinilah nama Waterbom muncul. ‘Water’ yang berarti ‘air’, dan bom sebenarnya adalah singkatan dari nama perusahaan pengelolanya. Lokasi ini diklaim sebagai taman rekreasi air terbaik, baik dalam skala nasional maupun internasional.

Lokasi Waterbom PIK

Kalau kamu hendak mengunjungi destinasi wisata ini, kamu tidak perlu khawatir dalam menemukan lokasinya. Alamat tepatnya adalah di Jalan Pantai Indah Barat Nomor 1, Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara.

Waterbom PIK berdekatan dengan perumahan Bukit Golf Mediterania dan dikelilingi oleh kawasan Damai Indah Golf. Pantai Indah Kapuk merupakan lokasi elit di Jakarta. Pemilihan lokasi yang strategis membuat wisata ini terus dipadati pengunjung.

Rute Ke Lokasi

Berada di lokasi yang strategis, tempat wisata kelas internasional ini sangat mudah untuk dijangkau. Lokasinya jelas dan bisa dijangkau dengan angkutan umum maupun kendaraan pribadi.

Kalau kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu hanya perlu berkendara sekitar 20 menit melewati tol dalam kota dari Semanggi. Jika kamu datang dari Bandara Soekarno Hatta, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 10 menit.

Sedangkan jika kamu ingin menggunakan angkutan umum, naiklah TransJakarta, turun di Stasiun Kota, Harmoni atau Monas. Kemudian lanjutkan perjalanan menggunakan APBT jurusan PIK dan berhenti di halte tepat di samping Waterbom PIK.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk Waterbom PIK dapat dibeli secara online di aplikasi booking online maupun e-commerce. Bermain di semua wahana tak perlu membayar lagi, sudah terhitung dalam harga masuk.

Pada hari Senin-Jumat, harga tiket sebesar 150 ribu untuk anak-anak (2-12 tahun), dan 200 ribu untuk dewasa. Saat akhir pekan dan libur nasional, harga tiketnya 250 ribu untuk anak-anak, dan 300 ribu untuk dewasa.

Tiket masuk sudah termasuk sewa ban dan jaket pelampung. Namun, tidak termasuk gazebo, loker, makanan dan minuman.

Hingga akhir bulan April 2020, ada promo tiket khusus. Yakni dengan menjadi repost postingan akun Instagram, @waterbompik dengan hashtag #waterbompik10kday, lalu mention ke 10 akun IG lain. Setelah post, isi data diri dalam link yang disediakan, dan kamu bisa klaim promonya.

Kunjungi Juga: 25 Tempat Wisata di Jakarta ini buat liburan

Jam Buka

Secara umum, jam buka lokasi wisata ini adalah 11.00-18.00 pada hari Senin-Jumat, dan pada jam 09.00-18.00 pada hari Sabtu dan Minggu, serta hari libur nasional.

Wave Pool, Boomblazter, dan Kiddy Zone buka terus sepanjang jam operasional. Namun, wahana seluncuran air hanya beroperasi di jam tertentu.

Speed Slide, Dark Hole, dan Whizzard yang termasuk dalam Extreme Zone hanya buka pada jam 09.00-10.00, 12.00-14.00, dan jam 16.00-18.30. Twisted Zone, yang terdiri dari T1, T2, T3, dan Twizter beroperasi pada pukul 09.00-13.00 dan pukul 14.00-17.00.

Sedangkan Family Rafting, yang masuk dalam Hairpin Zone, beroperasi pada pukul 10.00-12.00, 13.00-16.00, dan 17.00-18.00. Zona ini memiliki kapasitas maksimal 4 orang dalam satu grup.

Peraturan Mengunjungi Waterbom PIK

Blue Ocean Magic, selaku pengelola, menerapkan penggunaan Splash Band berupa gelang sebagai alat pembayaran di dalam lokasi. Kamu bisa meminta gelangnya di loket tiket, sekaligus mengisi saldo.

Jika saldo habis, kamu dapat mengisinya lagi di Top-up Counter. Sisa saldo yang tak digunakan dapat diuangkan kembali saat pulang.

Setiap anak di bawah umur juga wajib didampingi orang dewasa sebagai wali. Jika ingin bermain air, pengunjung juga wajib mengenakan baju renang. Jangan khawatir, pihak pengelola menyediakan fasilitas sewa baju renang di taman rekreasi air ini.

Perhatikan juga aturan keamanan untuk setiap wahana. Aturan penting lainnya adalah larangan membawa makanan dari luar serta merokok selama berada di lokasi. Informasi penting, Waterbom PIK tutup sementara hingga tanggal 5 April 2020 karena virus corona.

Fasilitas Yang Tersedia

Fasilitas yang tersedia di dalam lokasi rekreasi dan hiburan ini sangat lengkap. Pengelola menyediakan ban dan jaket pelampung secara gratis, namun kebanyakan fasilitas lain tidak disediakan secara cuma-cuma.
Di lokasi tersedia parkir yang memadai. Kamu juga bisa menyewa loker untuk menyimpan barang-barangmu.

Pengelola tempat wisata ini juga menyediakan sewa gazebo untuk beristirahat dan bersantai.
Jika kamu lupa membawa peralatan yang memadai, tidak perlu khawatir. Kamu bisa sewa baju renang di lokasi, sekaligus handuk bersih. Kamu tetap bisa main air meskipun tidak membawa baju renang dan handuk.

Sebuah review dari pengunjung juga menyatakan bahwa bermain di sana sangat aman, karena banyak penjaga kolam profesional siaga di setiap wahana. Penjaga ini bertugas mengatur traffic pengguna wahana agar semua orang aman saat bermain.

Daya Tarik Waterbom PIK

Selain pengelolaan yang baik, banyak faktor lain yang mempengaruhi ketertarikan orang untuk datang ke sebuah tempat wisata. Lokasi, harga masuk, promo tiket, kebersihan, fasilitas, dan lain-lain.

Begitu juga di tempat wisata ini. Berikut ini alasan kenapa kamu wajib datang dan mencoba berbagai wahana di taman air yang terkenal ini:

1. Lokasi Strategis

Lokasi strategis dan mudah dijangkau

Berada di kawasan elit Jakarta membuat Waterbom PIK memiliki prestise tersendiri. Selain itu, akses yang mudah juga membuat orang merasa nyaman menuju ke lokasi tanpa harus mengkhawatirkan jalur yang jauh atau jalanan sempit dan terjal.

Apalagi ditambah jangkauan angkutan umum yang bisa mencapai hingga ke lokasi. Masyarakat umum yang tak memiliki kendaraan pribadi, atau orang yang sedang berwisata ke Jakarta juga bisa menjangkau lokasi ini.

Pemilihan lokasi di Pantai Indah Kapuk sangatlah tepat karena target pasar dari tempat wisata ini adalah masyarakat perkotaan yang mencari rekreasi yang dekat dan bagus.

Baca Juga: 9 Wahana Seru di Ecopark Ancol (Bermain Sambil Belajar)

2. Tema Urban Cool cocok untuk Masyarakat Perkotaan

Kawasan hiburan dan rekreasi ini memang diperuntukkan bagi mereka yang menyukai konsep modern. Konsep ini cocok untuk masyarakat yang menyukai gaya hidup urban atau khas perkotaan.

Sistem dan aturan di dalam lokasi juga telah disesuaikan dengan konsep urban, sehingga terasa dekat dengan karakteristik masyarakat sekitar. Pengunjung dari luar Jakarta pun juga banyak yang tertarik dengan konsep ini karena terasa modern.

Tema ini juga mengharuskan pengelola menjadikan setiap sudut lokasi menjadi spot foto yang bagus. Ini juga merupakan strategi marketing jitu, karena pengunjung sendiri yang membagikan momen wisatanya di sosial media, dan mengundang ketertarikan orang yang melihat postingan tersebut.

3. Wahana yang Seru dan Berbeda Dari yang Lainnya

Untuk membuat citra hiburan ‘premium’, Waterbom PIK menyediakan berbagai wahana yang berkualitas, berbeda, dan terbaru. Sebuah keseruan yang tak bisa ditemukan di tempat lainnya.
Beberapa wahana di Waterbom PIK antara lain:

  • Seluncuran Aquatube: terdiri atas T1 (tertutup), T2 (setengah terbuka), dan T3 (terbuka). Kamu akan meluncur dari ketinggian 14,5 meter, sepanjang 118 meter menuju kolam.
  • Speedslide: meluncur dengan kecepatan 70 km/jam, dengan lintasan menukik. Untuk sensasi lebih seru, pilih seluncuran Dark Hole, dimana seluncuran sangat gelap dan tak bisa memprediksi arah.
  • The Hairpin: seluncuran berbentuk tusuk konde, maksudnya adalah trek melingkar sebelum akhirnya lurus. Wahana ini menggunakan tube (ban) yang bisa digunakan 4 orang secara bersamaan.
  • The Wizzard: seluncuran kembar sejajar, dan menggunakan matras.
  • Twizter: seluncuran berbentuk cawan raksasa.

4. Fasilitas yang Lebih Lengkap

Untuk soal fasilitas, tidak perlu diragukan lagi bahwa Waterbom PIK menawarkan fasilitas lengkap. Fasilitas dasar seperti toilet sudah pasti ada. Ditambah dengan fasilitas premium berupa ban dan jaket pelampung.

Fasilitas lain juga tersedia meskipun pengunjung harus membayar ekstra. Namun, jika menginginkan kenyamanan liburan, tentu tak masalah merogoh kocek sedikit lebih dalam. Pengunjung juga bisa memesan aneka kuliner.

Yang tak kalah penting, sarana untuk kebersihan seperti tempat sampah dan petugas kebersihan juga telah disediakan. Ini bertujuan agar semua orang nyaman selama mengunjungi lokasi. Pengunjung juga diharapkan dapat bekerjasama menjaga kebersihan untuk kenyamanan bersama.

5. Promo Tiket yang Menarik

Untuk menggaet lebih banyak pengunjung, PT Blue Ocean Magic juga acapkali membuat promo tiket masuk yang menarik dan sayang jika dilewatkan. Contohnya promo harga masuk yang hanya 10 ribu rupiah yang berlaku hingga akhir April 2020.

Jika ingin mendapat update promo yang lain, kamu bisa follow akun Instagram Waterbom PIK atau rutin cek halaman promo dan blog di websitenya. Kamu juga bisa menemukan informasinya di loket penjualan tiket.

Selain itu, karena tiket bisa kamu beli secara online, kamu bisa memanfaat promo tiket dari platform booking yang kamu pilih.

Lihat Juga: 5 Daya Tarik Museum Fatahillah yang Tak Pernah Pudar

6. Keamanan Terjaga

Lokasi wisata ini juga menyediakan staf keamanan yang memadai. Karena wahana bermain air perlu kehati-hatian ekstra, pengunjung wajib memperhatikan instruksi keamanan dari petugas penjaga. Ini untuk meminimalisir kemungkinan kecelakaan saat menaiki wahana.

Barang-barang pun juga bisa diamankan dengan menyewa loker. Kamu tak perlu khawatir dengan barang bawaan yang tak bisa dibawa masuk.

Meskipun begitu, pengunjung tetap bertanggungjawab secara pribadi untuk menjaga keamanan diri dan rombongan ketika di lokasi. Perlu berhati-hati karena taman rekreasi air kebanyakan licin akibat cipratan dari kolam. Selain itu, barang bawaan juga harus diawasi agar tidak tertinggal atau hilang.

7. Kebersihan dan Kerapian Lokasi

Agar pengunjung tetap nyaman, kebersihan dan kerapian sangat penting. Karena itu, pengelola Waterbom PIK juga memperhatikan masalah ini. Tata taman yang apik tentu tak ada artinya jika sampah bertebaran.
Dari berbagai foto yang diupload pengunjung, lokasinya tampak sangat bersih dan jarang sampah terlihat.

Tips Saat Berkunjung

  • Datanglah saat jam buka agar bisa menikmati semua wahana secara maksimal.
  • Sebelum datang, cek promo yang ada di website, Instagram, atau langsung di lokasi. Promo bisa berupa potongan harga tiket, atau gratis kupon makan.
  • Dilarang membawa makanan dari luar, kecuali makanan bayi.
  • Pakailah baju renang jika ingin main air.
  • Perhatikan instruksi petugas ketika menaiki wahana.
  • Kalau tidak ingin menyewa gazebo, kamu bisa membawa tikar dan duduk lesehan di rerumputan.
  • Jangan merokok di lokasi, karena jika petugas tahu, kamu akan dipaksa keluar dari kawasan wisata ini
  • Hati-hati saat berjalan di area sekitar kolam yang licin.
  • Perhatikan barang bawaan, agar tak tertinggal atau hilang.

Simak Review: Wisata Kota Tua Jakarta, Tempat Paling Instagramable

Banyak review positif tentang Waterbom PIK karena memang berwisata ke taman rekreasi air ini sangat seru. Mekipun harga tiket cukup mahal, namun sepadan dengan pengalaman yang didapat. Namun, ini bisa diatasi dengan mencari promo tiket yang diberikan pihak pengelola.

Selama mengikuti peraturan yang ada, bermain air di objek wisata ini sangat aman. Karena itu, Waterbom PIK cocok menjadi pilihan destinasi kunjungan wisata warga Jakarta atau wisatawan yang sedang berkunjung ke ibukota.

0

Pura Uluwatu Bali

Jessica Susanti
9 min read

Pantai Ngobaran

Jessica Susanti
9 min read

Candi Sewu

Jessica Susanti
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *