Wisata Di Banyuwangi

7 min read

Masih berada di Pulau yang sama tepatnya di Jawa Timur. Tak jauh dari Pulau Dewata Bali terdapat satu daerah yang menyimpan tempat wisata terbagus yaitu wisata di Banyuwangi.

Bicara seputar wisata terbagus di Pulau Jawa memang tak ada habisnya, sama halnya dengan obyek wisata di Banyuwangi. Tak hanya menjadi jalur penghubung antara Banyuwangi dan Bali, Kota Banyuwangi juga memiliki potensi wisata yang wajib dikunjungi.

Sebagai bukti, pada tahun 2016 lalu, Banyuwangi pernah mendapat penghargaan “Excellence and Innovation in Tourism” dari UNWTO (Organisasi Pariwisata Dunia PBB).

Penghargaan tersebut didapatkan oleh jumlah wisatanya yang sangat berkembang dan terpelihara dengan baik. Mulai dari taman nasional, pantai, gunung hingga desa wisata yang kini menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Mulai penasaran dengan obyek wisata di Banyuwangi? Berikut destinasi wisata di Banyuwangi yang akan penulis rekomendasikan untuk kamu terbaru 2020.

1. Kawah Ijen

wisata di banyuwangi terbaru

Obyek wisata eksotisme di Banyuwangi menjadi salah satu destinasi wisata yang instagrammable. Keeksotisan Kawah Ijen yang berasal dari gunung ijen ini menjadi daya tarik wisatawan lokal. Gunung ini mempunyai ketinggian mencapai 2.443 mdpl.

Keeksotisan lainnya yaitu api biru (blue fire) yang terbilang sangat fenomenal. Ini adalah momen terbaik yang harus kamu abadikan. Keindahan api biru ini akan kamu temukan pada pukul 05.00, maka sebaiknya menyiapkan kamera untuk mendapatkan spot terbaik.

Namun hal itu tak bisa kamu dapatkan dengan mudah, untuk bisa menyaksiikan fenomena langka ini kamu harus mendaki selama 2-3 jam dari pukul 01.00 dini hari. Tak hanya api biru, keistimewaan lain yang kamu dapatkan yaitu menyaksikan matahari terbit.

  • Lokasi wisata Kawah Ijen tepatnya di Ijen, Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa timur
  • Jam Operasional di buka setiap hari senin – minggu dari jam 01.00 – 12.00.
  • Tiket masuk dipatok seharga Rp 5.000 (weekday) dan Rp 7.500 (weekend).

2. Jawatan Benculuk

wisata di banyuwangi utara

Obyek wisata Jawatan Benculuk merupakan sebuah hutan yang kini menjadi daya tarik wisatawan lokal. Sejak tahun 1952, Jawatan Benculuk dulunya difungsikan sebagai penimbunan kayu jati dan resapan air oleh perhutani Banyuwangi.

Namun kini telah mengalami perubahan yang sangat drastis sehingga menjadi obyek wisata alam paling bagus di Banyuwangi. Jika kamu berkunjung kesini, kamu akan tahu seperti apa keindahan wisata Jawatan Benculuk.

Jawatan Benculuk juga dikenal sebagai spot fotografi di Banyuwangi. Pepohonan yang rindang kerap kali digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga di Banyuwangi. Tak hanya itu, kamu juga dapat melakukan aktivitas seru seperti memancing dan bermain arung jeram.

  • Lokasi wisata Jawatan benculuk tepatnya di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari senin – minggu dari jam 07.30 – 18.00.
  • Tiket masuk belum ada (gratis).

3. Air Terjun Coklak

wisata di banyuwangi songgon

Kontur tebing yang indah dan warna air yang beragam warna menjadi salah satu keistimewaan air terjun Congklak.
Agar dapat menyaksikan keindahan alam air terjun Coklak, kamu harus melewati jalan trecking yang cukup panjang.

Namun jangan khawatir, sebab rasa lelah kamu selama menempuh perjalanan akan dipuaskan oleh keindahan wisata air terjun Coklak.

Medan yang akan kamu hadapi juga cukup curam, di beberapa titik terdapat pagar bambu dan tangga untuk pegangan agar tidak tergelincir ke jurang. Waktu trecking yang akan kamu hadapi paling lambat 30 menit.

  • Lokasi wisata air terjun Coklak tepatnya di Dusun Darungan, Tegalharjo, Kec. Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari senin – minggu selama 24 jam.
  • Tiket masuk tidak ada (gratis).

4. Taman Nasional Baluran

wisata di banyuwangi 2019

Obyek wisata cagar alam di Banyuwangi tak kalah menarik dibandingkan wisata lainnya. Kamu akan merasakan sensasi alam savana Afrika saat berada di Taman Nasional Baluran.

Keunikan wisata cagar alam ini akan kamu temukan seperti spot foto, hutan hijau, goa Jepang, teluk dan juga candi. Namun biasanya setiap pengunjung yang datang hanya akan menikmati kehidupan hewan liar di taman ini.

Luas kawasan ini lebih dan kurangnya mencapai 25.000 hektar. Tak perlu khawatir, meskipun terlihat seperti hutan Afrika, disini kamu juga dapat menikmati jajanan yang ada di warung milik penduduk setempat.

  • Lokasi wisata Taman Nasional Baluran tepatnya di Area Hutan/Kebun, Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari senin – minggu dari jam 07.30 – 16.00.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 15.000 per orang. Sedangkan wisatawan mancanegara akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 150.000 per orang.
  • Adapun weekend, kamu akan wajib membayar biaya retribusi sebesar Rp 17.000 per orang dan wisatawan asing Rp 225.000 per orang.

Baca Rekomendasi: Coban Rais Wisata Terkeren dan Instagramable

5. Bangsring Underwater

wisata banyuwangi air terjun

Buat kamu yang berkeinginan untuk berwisata snorkeling Bangsring Underwater tempatnya. Ya, Bangsring Underwater menjadi salah satu destinasi wisata di banyuwangi yang menyuguhkan wahana wisata snorkeling.

Obyek wisata Bangsring Underwater terkelola sangat baik oleh para nelayan setempat. Bahkan pernah mendapatkan penghargaan kalpataru dari pemerintah pusat di Banyuwangi pada tahun 2017 lalu.

Penghargaan tersebut sangat wajar jika didapatkan, karena hasil perjuangan keras mereka dalam menyelamatkan laut dari kepunahan.

Jangan puas dulu, kamu juga dapat menikmati sejumlah fasilitas yang telah disediakan oleh pengurus wisata Bangsring Underwater diantaranya, gazebo, alat snorkeling, kamera underwater dan chasing waterproof.

  • Lokasi wisata Bangsring Underwater tepatnya di Jl. Situbondo – Banyuwangi, Bangsring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari sabtu – jumat dari jam 07.00 – 18.00.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 2000 per orang sedangkan tarif parkir kendaraan ditarifkan seharga Rp 3000 per motor dan Rp 5000 per mobil.
  • Jika ingin menyewa peralatan yang ada di lokasi wisata, kamu wajib membayar masing-masing peralatan dengan harga yang telah ditetapkan oleh pemilik rental. Puncak Sejati

6. Air Terjun Pertemon

wisata banyuwangi ala backpacker

Belum puas rasanya kalau kamu belum berkunjung ke air terjun Pertemon. Tempat alternatif yang wajib kamu kunjungi saat berada di Banyuwangi, terutama buat kamu yang suka trecking. Maka kamu akan disuguhkan pesona air terjun Madakaripura di kaki Gunung Bromo.

Agar bisa sampai ke lokasi air terjun Pertemon kamu akan menempur perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Destinasi wisata air terjun Pertemon merupakan obyek wisata tersembunyi sehingga menjadi daya tarik khususnya wisatawan domestik.

  • Lokasi wisata air terjun Pertemon tepatnya di Kentangan, Bayu, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Jam opeasional di buka setiap hari senin – minggu dari jam 07.00 – 17.00.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 per orang.

7. Air Terjun Bayu Lor

wisata banyuwangi api biru

Kekayaan wisata alam di Banyuwangi tak hanya menyuguhkan satu destinasi saja. Sebagai Kota wisata, Banyuwangi juga menyediakan air terjun Bayu Lor atau lebih dikenal sebagai tempat wisata perkebunan.

Namun, kalau kamu berani menjelajah ke dalam area perkebunan akan kamu temukan panorama air terjun yang sangat indah dan menawan.

Air terjun Bayu Lor mengalir cukup deras sehingga setiap pengunjung diharapkan untuk berhati-hati saat mandi di bawah air.

  • Lokasi wisata air terjun Bayu Lor tepatnya di Kentangan, Bayu, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari senin – minggu dari jam 07.00 – 17.00.
  • Harga tiket masuk tidak ada (gratis).

8. Pantai Pulau Merah

wisata agro banyuwangi

Keindahan pantai Bali menjadi obyek wisata menarik bagi sekumpulan wisatawan lokal. Ada yang gak kalah menarik lagi dibandingkan pantai Bali, cobain sekarang berkunjung ke Pantai Pulau Merah.

Ya, satu-satunya spot wisata di Banyuwangi yang mengundang banyak wisatawan lokal dan mancanegara.
Momen terbaik untuk menikmati keindahan panorama alam di pantai ini pada saat matahari turun ke peraduannya.

Tak hanya itu, kamu juga dapat melakukan aktivitas seru diantaranya, snorkeling, berselancar bahkan menikmati wisata kuliner.

Agar bisa sampai ke lokasi wisata, kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih 60 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi.

Lokasi wisata Pantai Pulau Merah tepatnya di Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

  • Jam operasional di buka setiap hari minggu – sabtu selama 24 jam.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 8000 per orang. Sedangkan tarif parkir kendaraan yang telah ditetapkan seharga Rp 2000 per motor, Rp 5000 per mobil dan Rp 20.000 per Bus.

9. Pantai Plengkung

wisata di benculuk banyuwangi

Obyek wisata di Banyuwangi yang menyuguhkan pemandangan yang eksotis sambil menikmati permainan surfing di pantai plengkung menjadi daya tarik wisatawan lokal dan mancanegara. Selain garis pantai yang panjang, ombak pantai Plengkung menjadi salah satu spot wisata seru.

Terutama buat kamu yang hobi surfing, tempat wisata alternatif yang wajib kamu kunjungi di Banyuwangi. Kamu juga dapat merasakan pasir putih sambil berjemur di area pantai Plengkung.

Di pantai G-Land (pantai Plengkung) ini kamu bisa merasakan ombak dengan cara berselancar dan memancing. Tak hanya itu, kamu juga dapat menikmati udara pantai dengan bersepeda dan juga berjemur.

  • Lokasi Pantai Plengkung tepatnya di Purworejo, Kalipait, Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia.
  • Jam operasional di buka setiap hari sabtu – jumat selama 24 jam.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 per orang.

Lihat Review:7 Hal Wajib kamu ketahui tentang Candi Singosari

10. Teluk Hijau, Green Bay

wisata di banyuwangi yang bagus

Destinasi wisata Teluk hijau (green bay) merupakan obyek wisata pantai pasir putih yang masih terbilang baru. Kawasan wisata ini juga dikelilingi hutan tropis dari area taman nasional Meru Betiri, Sarongan Pesanggrahan.

Kamu dapat melakukan sejumlah aktivitas seperti berenang, snorkeling dan memancing di area pantai. Tak hanya itu, kamu juga dapat berkunjung ke air terjun Bidadari yang terletak di kawasan pantai.

Agar dapat sampai menuju lokasi wisata, kamu bisa berjalan menuju pantai Sukamade di taman nasional Meru Betiri. Jarak Pantai teluk ijo kurang lebih 90 kilometer ke arah selatan Kota Banyuwangi.

  • Lokasi wisata Teluk Hijau (green bay) tepatnya di Dusun Krajan, Sarongan, Pesanggaran, Banyuwangi Regency, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari minggu – sabtu dari jam 08.00 – 16.00.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 7.500 per orang.

11. Pantai Watu Dodol

wisata banyuwangi baluran

Destinasi wisata sekaligus tempat rekreasi keluarga di Banyuwangi. Ya Pantai Watu Dodol menjadi salah satu obyek wisata favorit keluarga sehingga wajib untuk kamu kunjungi.

Pantai watu Dodok berjarak 5 kilometer dari pelabuhan ketapang. Karakteristiknya yang unik membuat pantai watu dodol menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi.

Hal yang menarik dari Pantai Watu Dodol yakni terdapat patung penari Gandrung yang berada di atas bangunan sambil memegang kipas, seakan-akan sedang menari dan memberikan salam pada pengunjung pantai.

  • Lokasi wisata Pantai Watu Dodol tepatnya di Gumukremuk, Ketapang, Kec. Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 per orang (weekday) sedangkan (weekend) biaya dipatok seharga Rp 7000 per orang.
  • Jam operasional di buka setiap hari minggu – sabtu selama 24 jam.

12. Pantai Rajegwesi

wisata banyuwangi bangsring

Destinasi wisata Pantai Rejegwesi merupakan pantai yang digunakan penduduk setempat untuk parkir perahu. Perahu tersebut dijadikan sebagai sarana pencari ikan di sebuah teluk hijau.

Dalam bahasa Jawa Rajeg adalah tiang sedangkan wesi yaitu besi, sehingga menjadi tiang besi. Di sini kamu akan menyaksikan keindahan ombak sekaligus melihat hasil tangkapan ikan yang didapatkan para nelayan.

Sehingga pantai Rajegwesi menjadi tempat wisata alternatif yang wajib dikunjungi khususnya bagi wisatawan lokal. Tak hanya itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas camping di area pantai yang sejuk dan menakjubkan.

  • Lokasi wisata pantai Rajegwesi tepatnya di Sarongan, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari minggu – sabtu selama 24 jam.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 per orang (weekday) dan (weekend) Rp 7.500 per orang.
  • Buat kamu yang ingin melakukan aktivitas camping, kamu bisa membayar biaya retribusi sebesar Rp 5000 dan sewa perahu Rp 25.000 – Rp 35.000.

13. Air Terjun Kalibendo

wisata di cluring banyuwangi

Menikmati keseruan wisata di Banyuwangi tak cukup sampai di situ, kamu juga wajib berkunjung ke salah satu obyek wisata air terjun Kalibendo Banyuwangi.

Tak hanya menikmati keindahan air terjun, kamu juga juga disuguhkan dengan kopi Robusta saat berada di lokasi wisata air terjun Kalibendo tepatnya pos pertama.

Air terjun Kalibendo mencapai ketinggian sekitar 10 meter ini bisa kamu gunakan untuk mandi. Udara yang sejuk dan air yang segar akan membuat diri semakin rileks. Agar dapat sampai ke lokasi wisata, kamu harus menempuh perjalanan selama 45 menit dari pusat kota Banyuwangi.

  • Lokasi wisata air terjun Kalibendo tepatnya di Unnamed Road, Kp. Anyar, Dusun Krajan, Kp. Anyar, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari sabtu – jumat dari jam 08.00 – 18.00.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 1000 per orang.

Baca Selengkapnya: 12 Fakta unik Goa Gong Pacitan, pesona goa yang menakjubkan

14. Air Terjun Lider

wisata cluring banyuwangi

Sebagai pecinta alam, destinasi wisata yang wajib dikunjungi yakni air terjun Lider. Ya, obyek wisata ini dikenal sebagai air terjun Lider karena lokasinya berada di kawasan hutan lindung petak 74 Blok Lider.

Letaknya berada di pedalaman hutan sehingga dikenali sebagai destinasi wisata perawan. Air terjun Lider mencapai ketinggian 1.300 meter diatas permukaan laut.

Sebelum sampai ke lokasi wisata air terjun Lider ini kamu akan disuguhi oleh air terjun kecil yang ada di sebelah kiri jalan.

  • Lokasi wisata air terjun Lider tepatnya di Lider, Sumberarum, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari minggu – sabtu dari jam 08.00 – 17.00.
  • Harga tiket masuk wisata air terjun Lider dipatok seharga Rp 3000 per orang

15. Agro Kali Klatak

wisata cacalan banyuwangi

Kaliklatak terletak di lereng Gunung Merapi, 15 kilometer sebelah barat kota Banyuwangi. Agro Kali kLatak merupakan tempat wisata perkebunan sehingga tak jarang dipadati pengunjung khususnya penduduk setempat.

Obyek wisata perkebunan Kali Klatak ramai dikunjungi wisatawan khususnya hari libur weekend. Buat kamu yang berada di Banyuwangi, jangan lewatkan destinasi wisata perkebunan ini ya.

  • Fasilitas di sini juga sudah cukup lengkap diantaranya, area parkir kendaraan, mushola, kamar mandi dan masih banyak fasilitas lainnya.
  • Lokasi wisata Kali Klatak tepatnya di Gombengsari, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

16. Pemandian Taman Suruh

wisata banyuwangi instagramable

Menikmati liburan akhir pekan (weekend) di Banyuwangi. Saatnya berkunjung ke taman rekreasi dan pemandian taman suruh.

Berada di dalam kawasan pedesaan suku asli kota Banyuwangi yaitu suku Osing tepatnya di kawasan pegunungan yang tingginya mencapai 1000 meter dari permukaan laut.

Udara yang sejuk akan membuat kamu berlama-lama di lokasi wisata pemandian taman suruh. Tak hanya itu, kamu juga dapat menikmati air yang berasal dari gunung Ijen.

  • Lokasi wisata pemandian Taman Suruh tepatnya di Jl. Perkebunan Kalibendo, Taman Suruh, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari senin – sabtu dari jam 07.00 – 16.30.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 10.000 per orang.

Baca Juga: 7 Wahana Idola Eco Green Park (Wisata Edukatif Yang Fun)

Itulah tempat wisata terbaru di Banyuwangi yang wajib dikunjungi. Semoga bisa menjadi rekomendasi buat kamu yang bingung menemukan obyek wisata di Jawa Timur khususnya Banyuwangi.

Ayo agendakan dari sekarang. Temukan spot wisata terbaru yang buat kamu puas. Jangan habiskan waktu liburan kamu untuk wahana wisata yang gitu-gitu aja. Temukan juga fasilitas yang ada di lokasi wisata di Banyuwangi sekarang. Dijamin hidup kamu akan semakin berwarna.

Wisata Bantul

Indah Andini
10 min read

Wisata Gunung Kidul

Indah Andini
10 min read

Wisata Purwokerto

Indah Andini
10 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *