Wisata Gunung Kidul

10 min read

Tak perlu diragukan lagi, Daerah Istimewa Yogyakarta memang menyimpan sejuta keindahan alam terbaik sepanjang tahun salah satunya disebut sebagai Wisata Gunung Kidul.

Wisata Gunung Kidul ini wajib kamu kunjungi saat berada di Yogyakarta. Sebab terdapat sebuah panorama alam eksotis yang jangan kamu lewatkan, terutama buat kamu cinta dengan alam. Objek wisata Gunung Kidul terdiri dari sungai, pantai, wisata embung, dan masih banyak lagi.

Nah, buat kamu yang belum tahu keindahan wisata Gunung Kidul. Berikut ini akan penulis jelaskan secara padat dan ringkas.

1. Bukit Kosakora

wisata gunung kidul pantai

Puncak Kosakora terdiri dari sebuah bukit yang tingginya mencapai 50 meter dari permukaan laut. Meskipun bukit ini terlihat sangat rendah, Bukit Kosakora juga mempunyai panorama alam yang eksotis serta terdapat spot foto yang tidak kalah menarik.

Keberadaan lokasi wisata Bukit Kosakora juga tidak jauh dari pantai Drini yang jarak tempuh mencapai dua Kilometer dari sebelah Timur pantai. Keindahan panorama alam tersebut dapat kamu rasakan pada waktu senja, saatnya untuk menyiapkan kamera yang jernih.

  • Fasilitas yang ada di Bukit Kosakora ini masih belum memadai, diantaranya; Area Parkir Kendaraan, Warung dan Toilet.
  • Alamat Bukit Kosakora (Kosakora Hill) tepatnya di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
  • Agar bisa sampai ke lokasi wisata, Kamu wajib membayar biaya retribusi sebesar Rp 5000 per orang.
  • Adapun biaya parkir kendaraan, kamu wajib membayar Rp 2000 (sepeda motor) dan Rp 5000 (mobil).

2. Taman Bunga Nawari

wisata arah gunung kidul

Buat kamu pecinta tanaman, jangan lewatkan program liburan kamu di sini ya. Taman bunga matahari yang hidup jumlahnya sangat banyak. Kamu bebas melakukan aktivitas apapun seperti, berswafoto dengan menemukan spot foto terbaik.

Luas Taman Bunga Nawari mencapai 5000 hektare dan bisa berbunga sepanjang tahun. Masa mekarnya relative panjang mencapai 2-3 bulan.

  • Alamat Taman Bunga Nawari Tepatnya di Grogol I, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga tiket masuk ke Taman Bunga Nawari tergolong cukup murah dan pastinya tidak menguras dompet. Akhir 2018 lalu harga tiket masuk di tarif sebesar Rp 6000,- per orang.
  • Jam buka objek wisata Taman Bunga Nawari dari jam 09.30 – 22.00.

3. Pantai Pok Tunggal

wisata anak gunung kidul

Pantai ini cukup populer bagi wisatawan domestik dengan keindahan panorama alam yang eksotis. Sebab, pantai Pok Tunggal mempunyai pasir pantai putih dengan hamparan yang luas.

Uniknya lagi, saat kamu memasuki area pantai kamu akan disuguhkan pemandangan pohon duras dan sebaris tebing dengan ketinggian mencapai 40 meter – 60 meter.

  • Alamat Pantai Pok Tunggal tepatnya di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Agar dapat menikmati keindahan panorama pantai ini, kamu wajib membeli tiket seharga Rp 10.000 per orang.
  • Sedangkan parkir kendaraan kamu akan dikenakan tarif Rp 2000,- (Motor), Rp 10.000,- (Mobil), Rp 15.000 (Elf), dan Rp 25.000 (Bus).
  • Adapun fasilitas yang disediakan di sini, Sewa payung Rp 20.000,-, Sewa tikar Rp 20.000,-, Sewa Jaring dan Ember Rp 10.000,-.

4. Goa Jomblang

wisata anak gunung kidul

Selain pantai, Goa Jomblang merupakan salah satu objek wisata anti mainstream. Mengapa demikian, karena Goa Jomblang merupakan sebuah goa yang berbentuk vertikal.

Goa Jomblang telah menjadi simbol di area geopark Gunung Sewu. Keunikan lain goa ini adalah cahaya matahari yang masuk ke dalam goa menyinari seluruh isi goa mereka menyebutnya sebagai cahaya surga.

  • Fasilitas yang ada di Goa Jomblang sudah cukup memadai dan bisa kamu gunakan, seperti; Kamar mandi (toilet), area parkir, resort, mushola dan penitipan barang.
  • Lokasi wisata Goa Jomblang tepatnya di Dusun Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Agar dapat menikmati keindahan cahaya surga, kamu wajib membayar biaya retribusi sebesar Rp 450.000 – Rp 1.000.000 untuk jasa operator. Sedangkan biaya parkir kendaraan kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp 3000 (Motor) dan Rp 5000 (Mobil).

5. Cave Tubing Kalisuci

tempat wisata gunung kidul baru

Cave Tubing Kalisuci (Goa Kalisuci) merupakan wisata alam perpaduan antara goa dan sungai. Wisata alam goa kalisuci masih tergolong baru (fresh) karena di buka khusus untuk umum beberapa tahun belakangan.

Seperti apa aktivitas di sini? Kamu dapat melakukan kegiatan Cave Tubing untuk menyaksikan keindahan Gunung Karst dan Gunung Kidul. Selain itu, kamu juga bisa merasakan derasnya air sungai kalisuci yang dapat memacu adrenalin kamu.

  • Alamat Goa Kalisuci tepatnya berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Harga tiket masuk, Kamu wajib membeli tiket masuk sebesar Rp 70.000, Sedangkan biaya parkir kendaraan akan dikenakan tarif sebesar Rp 2000 (Motor) , Rp 5000 (Mobil), Rp 10.000 (Minibus) dan RP 15.000 (Bus).

6. Kebun Bunga Amarilis

wisata edukasi gunung kidul

Kalau yang tadi bunga matahari, Wisata Gunung Bantul juga mempunyai objek wisata Kebun Bunga Amarilis yang lebih eksis duluan. Keunikan bunga Amarilis yaitu keindahan bunga dengan warna oranye yang menyala, sangat cocok untuk berswafoto.

Perlu kamu ketahui kalau bunga Amarilis ini hanya mekar dalam waktu satu tahun sekali. Kamu agendakan sekarang untuk mendapatkan kesempatan ini.

  • Fasilitas di sini masih belum memadai karena masih tergolong baru sehingga belum dikelola dengan baik.
    Agar bisa menikmati keindahan bunga Amarilis, kamu wajib membayar biaya retribusi seadanya.
  • Adapun biaya parkir kendaraan dikenakan tarif Rp 3000 (motor dan mobil).

Lihat Juga: 10 Pilihan Tempat Wisata Kaliurang (Terbaru dan Keren)

7. Pantai Siung

wisata gunung kidul goa pindul

Pantai Siung masih berada di daerah yang sama Kecamatan Gunung Kidul. Ya, Pantai Siung menjadi daya tarik wisatawan. Selain pesona alam yang memikat, pantai ini sangat terjaga kebersihannya.

Di sini, kamu dapat menikmati pemandangan indah dari atas bukit yang ada di sebelah Timur pantai. Untuk bisa sampai ke atas bukit, tim pemandu akan membawa ke jalan yang harus dilewati.

  • Fasilitas pantai suing ini cukup memadai, tersedianya; Penginapan, rumah makan, kamar mandi, area parkir yang luas, mushola, dan pendopo.
  • Lokasi pantai suing lebih tepatnya di Duwet, Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul Regency, Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Harga tiket masuk Pantai siung akhir tahun lalu Rp 10.000 per orang. Sedangkan biaya parkir, kamu akan dikenakan tarif sebesar, Rp 2000 (Motor), Rp 5000 (Mobil) dan Rp 10.000 (bus).

8. Gua Pindul

wisata gunung kidul gambar

Goa Pindul memiliki kedalaman air 5 – 12 meter dengan panjang goa 350 meter dan lebar mencapai 5 meter. Adapun jarak permukaan air dengan atap goa antara 4 meter. Dalam Goa Pindul ini memiliki 3 zona yaitu; Zona terang, Zona remang dan Zona Gelap.

Zona terang yaitu saat penjelajahan goa yang pertama, kamu akan dapat melihat cahaya dari pintu masuk goa.
Zona remang yaitu kamu masuk zona dua yang posisi jelajah hampir masuk ke bagian tengah goa. Namun kamu masih dapat melihat cahaya yang terpancar dari luar.

Zona Gelap yaitu tahap akhir yang posisinya berada di tengah-tengah goa menuju pintu keluar goa Pindul.
Ketiga zona tersebut akan menempuk jarak waktu hingga 45 menit. Bagaimana? Seru kan!

  • Fasilitas di Goa Pindul tergolong cukup lengkap, terdiri dari; Jaket pelampung, ban karet, jasa pemandu, welcome drink, pelindung kepala, tabung oksigen, rumah makan, area parkir dan penginapan.
  • Lokasi wisata Goa Pindul tepatnya di Desa Bejiharjo, kecamatan Karangmoho, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
  • Adapun harga tiket masuk yang wajib kamu bayar; Cave Tubing Rp 40.000 per orang, River Tubing Sungai Oyo Rp 50.000 per orang, Susur Goa Baru Rp 35.000 per orang, Susur Goa Gelatik Rp 30.000 per orang dan susur Goa Sriti Rp 35.000 per orang.

9. Pantai Baron

wisata gunung gambar gunungkidul

Pantai Baron merupakan salah satu objek wisata terlengkap di jogja. Wajar saja pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik. Selain menikmati keindahan pantai, kamu juga bisa merasakan sejuknya pantai Baron dari ketinggian.

Di Pantai Baron terdapat sebuah kapal yang telah di desain semenarik mungkin, kamu dapat menjadikan ini sebagai spot untuk berswafoto.

  • Fasilitas di Pantai Baron sangat-sangat lengkap, diantaranya; Warung makan, toilet, area parkir, camping ground, gardu pandang, mercusuar, toko souvenir dan tempat memancing.
  • Alamat lengkap Pantai Baron tepatnya di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjung Sari, kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
  • Harga tiket masuk Pantai Baron, kamu wajib membayar biaya retribusi sebesar Rp 10.000 per orang. Bagi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan pantai baron di Mercusuar akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 5000 per orang, sedangkan naik ke atas bukit hanya membayar seikhlasnya.

Biaya parkir kendaraan yang wajib kamu bayarkan; Motor Rp 2000 dan Mobil Rp 5000.

10. Air Terjun Sri Gethuk

wisata gunung kidul dan gambarnya

Air Terjun Sri Gethuk bagian dari salah satu wisata yang tersembunyi di Yogyakarta. Kamu perlu menyusuri sungai dengan jarak kurang lebih 700 meter agar bisa sampai ke lokasi Sri Gethuk. jarak tempuh maksimal adalah 10 – 15 menit.

Konon, Air Terjun Sri Gethuk memiliki mitos yang cukup menarik, diyakini bahwa air terjun ini mempunyai sejumlah pemimpin pasukan jin yang berjaga di lokasi air terjun. Jin tersebut diketahui bernama “jin anggo menduro”.

  • Adapun fasilitas yang disediakan di sini berupa sudah cukup memadai yang terdiri dari; Warung makan, mushola, tempat parkir, toilet, perahu wisata.
  • Lokasi wisata Air Terjun Sri Gethuk tepatnya berada di Desa Bleberap, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
  • Harga tiket masuk Air Terjun Sri Gethuk juga bervariasi, diantaranya; Rp 13.000 per orang dan 10.000 per orang untuk mengendarai perahu. Sedangkan tarif parkir motor Rp 2000 dan mobil RP 5000.

11. Air Terjun Kedung Kandang

wisata di gunung kidul selain pantai

Keindahan alam lainnya tersimpan di sebuah persawahan milik warga yang dikenal dengan Air Terjun Kedung Kandang.

Air terjun ini memiliki enam tingkat dan tiga kolam yang mempesona, serta airnya tidak terlalu deras. Maka wajar kalau air terjun ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik.

  • Alamat lokasi wisata lebih tepatnya di Nglanggeran Kulon, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Sejumlah fasilitas yang seadanya seperti: Toilet dan tempat parkir.
  • Harga tiket masuk Air Terjun Kedung Kandang yaitu Rp 8000. Sedangkan untuk tarif parkir dikenakan Rp 2000 (motor) dan Rp 5000 (mobil).

12. Embung Batara Sriten

wisata di gunung kidul yogyakarta

Embung Barat Sriten merupakan sebuah waduk kecil yang terletak di atas puncak Gunung Kidul. Objek wisata alam ini masih tergolong baru, namun demikian bukan berarti tempat wisata ini mengecewakan kamu sebagai pengunjungnya.

Aktivitas yang dapat kamu lakukan di sini yaitu melihat sunset, berswafoto dan lain sebagainya.

  • Sejumlah fasilitas yang ada diantaranya; Toilet, area parkir, warung makan dan minum.
  • Lokasi wisata Embung Batara Sriten tepatnya di Sriten, Pilangrejo, Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
  • Harga tiket perorangan yang wajib dibayarkan Rp 3000 per orang. Sedangkan tarif parkir motor Rp 2000 dan mobil 10.000.

Indahnya Pesona: 27 Tempat Wisata Bantul Terbaru dan Instagramable

13. Curug Tegalrejo

wisata di gunung kidul pantai

Curug Tegalrejo mempunyai tiga tingkatan dengan ketinggian yang berbeda-beda pula. Namun pada tingkatan ketiga terdapat spot yang paling indah.

Ditambah dengan pemandangan di sekeliling curug yang dikelilingi pepohonan yang hijau. Lengkap sudah, kamu jangan sampai melewatkan momen ini.

  • Fasilitas Curug Tegal Rejo memang belum cukup memadai, sejauh ini hanya ada beberapa fasilitas seadanya seperti; tempat duduk yang terbuat dari bambo dan kamar mandi umum yang digunakan secara bersamaan.
  • Lokasi curug ini berada tepat di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
  • Tiket masuk dan tarif parkir kendaraan di sini sangat murah. Kamu tidak wajib membeli tiket yang dengan harga khusus, cukup bayar seikhlasnya. Sedangkan parkir kendaraan, kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp 2000 (motor) dan Rp 5000 (mobil).

14. Pantai Indrayanti

wisata gunung kidul jogja

Menikmati keindahan pantai dengan pasir putih di Kawasan Gunung Kidul. Jelas saja, Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai yang sering diagendakan wisatawan lokal.Keindahan panorama Pantai Indrayanti sudah tidak diragukan lagi.

  • Fasilitas Pantai Indrayanti sudah cukup baik, terdiri dari; Toilet, gazebo, mushola, toko cinderamata, warung makan, penginapan, tempat parkir, jet ski, wahana bermain anak.
  • Lokasi wisata Pantai Indrayanti lebih tepanya di Desa Tepus, kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta.
  • Harga tiket masuk yang perlu kamu keluarkan yaitu sebesar Rp 10.000 per orang. Berteduh dengan payung dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 20.000. Jet ski Rp 250.000 per 15 menit. Harga yang tertera sudah termasuk tiket masuk pantai Gunung Kidul juga lho.
  • Sedangkan biaya parkir kendaraan, kamu wajib membayar Rp 4000 (motor) dan Rp 15.000 (mobil).

15. Pantai Watu Kodok

wisata gunung kidul murah

Pantai yang bersanding dengan karang terjal menjadi keunikan Pantai Watu Kodok. Pantai ini masih tergolong baru, namun kepopulerannya telah menyebarluas di sosial media.

Sejumlah aktivitas seru dapat kamu lakukan, seperti; snorkeling, memancing dan bermain.

  • Fasilitas yang ada di Pantai Watu kodok belum cukup memadai, diantaranya; Gazebo, warung makan dan minum serta penyewaan tikar, area parkir, mushola dan kamar mandi.
  • Lokasi wisata Pantai Watu Kodok lebih tepatnya di Kelor Kidul, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
  • Harga tiket masuk dan biaya parkir, kamu wajib membeli tiket seharga Rp 5000 per orang. Sedangkan untuk tarif parkir kamu wajib membayar Rp 3000 (motor) dan Rp 5000 (mobil).

16. Gunung Api Purba Keruk

liburan wisata gunung kidul

Gunung Api Purba terdiri dari tiga gunung api yaitu Gunung api Nglanggeran, Gunung api purba batur, dan gunung api purba keruk.

Di sini kamu dapat melihat sunset dan sunrise sambil menikmati udara yang sejuk. Pemandangan indah dan kabut tipis yang menyelimuti puncak gunung kian menambah keindahan matahari terbit. Sama halnya dengan sore hari, bakal ceria pastinya.

  • Lokasi wisata Gunung Api Purba Keruk tepatnya di Dua Susun Glompong, Desa Pengkol, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta.

17. Puncak Bintang

liburan wisata gunung kidul

Wisata malam Bukit Bintang memang tidak pernah lepas. Selain Bandung Jawa Barat, Daerah istimewa Yogyakarta juga memiliki destinasi wisata alam Bukit Bintang.

Kepopuleran Bukit Bintang alam disebabkan oleh letaknya yang strategis. Berada di tepi pegunungan seribu yang mengarah ke kota Yogyakarta.

  • Fasilitas yang ada di Puncak sudah cukup baik, kamu dapat memanfaatkannya seperti; warung makan dan minum, restoran, mushola, toilet, area parkir, tempat duduk memanjang.
  • Lokasi wisata Puncak Bintang tepatnya di Jalan objek KM 15-17, Kecamatan patuk, kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
  • Harga tiket masuk objek wisata Puncak Bintang, kamu dapat berkunjung kapan saja sebab tanpa tiket (gratis). Adapun tarif parkir yang mesti kamu penuhi yaitu motor Rp 2000 dan mobil 5000.

18. Pantai Krakal

wisata laut di gunung kidul

Kepopuleran Pantai Krakal sempat viral di sosial media. Jelas saja, pantai ini mempunyai beberapa spot surfing tersembunyi dan menantang.

Ombak pantai yang lembut menyapu pasir putih, menyebabkan salah satu kepopuleran Pantai Krakal.

  • Alamat Pantai Krakal tepatnya di Kelurahan Ngestirejo, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Rekomendasi Untukmu: 24 Wisata Kulon Progo Terbaru & Paling Hits 2020

19. Pantai Slili

wisata gunung kidul yang menarik

Menikmati keindahan pantai di bawah laut dengan bersnorkling. Ya, itulah pantai slili yang menyuguhkan snorkeling menjadi daya tarik masyarakat ataupun wisatawan.

Pantai slili memiliki luas 100 meter persegi, meskipun ukuran pantai terlihat kecil, pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan pastinya.

  • Fasilitas Pantai Slili yang terdiri dari; Kamar mandi atau toilet, mushola, gazebo, warung makan dan minum, penyewaan alat snorkeling, penginapan, area parkir.
  • Lokasi wisata Pantai Slili tepatnya di Jalan Pantai Krakal, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
  • Harga tiket masuk dan juga parkir, Kamu wajib membeli tiket seharga Rp 10.000. Sedangkan biaya parkir kendaraan yang wajib kamu keluarkan Rp 2000 (motor), Rp 5000 (mobil) dan Rp 15.000 (Bus).

20. Pantai Jogan

lokasi wisata gunung kidul

Bicara Pantai memang Yogyakarta juaranya. Mungkin pantai jogan ini jarang terdengar ya. Namun, objek wisata ini memiliki panorama alam yang lebih dahsyat.

Pantai ini terkenal oleh air terjunnya yang tingginya mencapai 10 meter dengan sumber air yang mengalir berasal dari perbukitan di sebelah Utara Pantai Jogan.

  • Fasilitas pantai Jogan masih terlihat minim, kamu bisa menikmati fasilitas seperti; Kamar mandi, warung makan dan minum, tempat parkir, dan gazebo.
  • Lokasi wisata Pantai Jogan tepatnya di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
  • Harga tiket masuk dan tarif parkir kendaraan, Kamu wajib membeli tiket seharga Rp 10.000 per orang. Sedangkan biaya parkir kendaraan, kamu hanya perlu membayar Rp 3000 (motor), Rp 5000 (mobil) dan Rp 20.000 (bus).

21. Pantai Ngrenehan

wisata laut gunung kidul

Pantai Ngrenehan ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk berjemur dan berenang. Eksotisnya, tempat ini mempunyai aktivitas yang beragam salah satunya belanja ikan hasil tangkapan para nelayan di sini.

  • Fasilitas di Pantai Ngrenehan juga mencukupi, diantaranya; Tempat parkir, toilet umum, mushola. Warung makan dan minum, tempat lelang ikan, camping ground.
  • Lokasi Pantai Ngrenehan tepatnya di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.
  • Harga tiket dan tarif parkir, kamu wajib membayar biaya retribusi sebesar Rp 5000 per orang. Sedangkan tarif parkir kendaraan, sepeda motor Rp 3000, Mobil Rp 5000, mini bus Rp 15.000, Bus besar Rp 20.000.

22. Pantai Sundak

tempat wisata gunung kidul baru

Menikmati keindahan pantai dengan batu karang yang unik di Pantai Sundak. Ya, kamu wajib berwisata ke sini.

Fasilitas Pantai Sundak sudah cukup memadai, diantaranya; Musola, area parkir, kamar mandi, toilet, gazebo, ruang ganti.

  • Alamat Pantai Sundak berada tepat di Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
  • Harga tiket masuk, kamu wajib membayar biasa retribusi sebesar Rp 5000 per orang (weekday) dan (weekend) Rp 6000. Penyewaan peralatan seperti gazebo, kamu akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 10.000 – Rp 20.000.
  • Sedangkan tarif parkir yang harus dikeluarkan yakni RP 2000 (motor) dan Rp 5000 (mobil).

23. Jembatan Pantai Timang

wisata gunung kidul hits 2018

Berkunjung ke pulau timang menggunakan jembatan adalah salah satu keunikan objek wisata Gunung Bantul. Panjang jembatan mencapai 120 meter dengan ketinggian 12 meter di atas permukaan laut.

  • Fasilitas Jembatan Pantai, berupa; Kamar mandi, toilet, warung makan, area parkir.
  • Lokasi Jembatan Pantai Timang tepatnya di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
  • Harga tiket masuk, Kamu wajib membayar biasa retribusi sebesar Rp 100.000 per orang. Harga tersebut berlaku untuk wisatawan lokal. Adapun wisatawan luar akan dikenakan biaya Rp 150.000 per orang. Sedangkan tarif parkir di sini Rp 3000 (motor) dan Rp 5000 (mobil).

24. Pantai sedahan

wisata gunung kidul instagram

Bermain di pantai selatan Gunung Kidul menjadi suatu kebanggaan bagi pecinta alam. Pantai Sedahan mempunyai garis pantai yang cukup luas untuk dijadikan sebagai arena bermain.

Pantai Sedahan terdapat ombak yang cukup besar dan hamparan pasir putih dengan butiran batu kecil yang menjadi ciri khas Pantai Sedahan.

  • Fasilitas di sini belum ada sama sekali, kamu harus menyiapakn perlengkapan secara personal termasuk bekal makanan.
  • Alamat Pantai Sedahan letaknya tepat di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.
  • Harga Tiket Masuk, Kamu wajib membayar biaya retribusi sebesar Rp 5000 per orang. Sedangkan tarif parkir motor yang wajib Rp 3000 (motor) dan 5000 (motor).

25. Pantai Wediombo

info wisata gunung kidul

Pantai yang dikenal dengan keunikan batu karangnya. Pantai Wediombo sebutannya. Adanya batu karang tersebut sangat cocok untuk spot memancing. Jadi buat kamu yang gemar memancing, temukan spot memancing ala kamu.

  • Fasilitas Pantai Wediombo sudah cukup lengkap, diantaranya adalah; Tempat parkir, toilet, warung makan, mushola, penginapan, papan informasi.
  • Lokasi pantai Wediombo berada tepat di Jepitu, Girisubo, pendowo, Kabupaten Gunung Kidul, daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Harga tiket masuk, kamu wajib membayar biaya retribusi sebesar Rp 5000 per orang. Sedangkan biaya parkir kendaraan, kamu akan dikenakan tarif Rp 3000 (motor) dan Rp 5000 (mobil).

Baca Review: Pantai Nguluran Gunung Kidul Yogyakarta, pesona pantai indah dan daya tarik yang keren.

Itu tadi pembahasan seputar objek Wisata Gunung Kidul yang tersembunyi. Agendakan dari sekarang liburan kamu ke Jogja bersama keluarga atau pasangan.

Selain pantai, kamu juga wajib berkunjung ke wisata alam goa, sungai dan objek wisata lainnya. Semoga liburan kamu menjadi menyenangkan.

Wisata Purwokerto

Indah Andini
10 min read

Wisata Salatiga

Indah Andini
10 min read

Wisata Kulon Progo

Indah Andini
10 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *