Wisata Kulon Progo

10 min read

Tanpa kamu sadari Wisata Kulon Progo juga menjadi perbincangan wisatawan lokal juga lho. Konon, wisata alam kulon progo juga memiliki panorama yang tidak kalah menarik untuk di kunjungi.

Kulon Progo merupakan salah satu Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang berbatasan dengan Kabupatan Bantul.

Kulon Progo merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang mempunyai sejumlah objek wisata alam selain Bantul dan Gunung Kidul.

Jika diperhatikan lebih, objek wisata Kulon Progo tidak kalah menarik dibandingkan wisata bantul, dan wisata Gunung Kidul.

1. Air Terjun Kedung Pedut

kulon progo

Mengusung objek Wisata Kulon Progo di Jogja, Air terjun Kedung Pedut menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik. Objek wisata kedung pedut menjadi salah satu objek wisata alam kekinian sejak akhir tahun belakangan.

Pesona alam yang memancar pada wisata Kulon Progo menjadi spot foto terbaik yang semestinya diabadikan. Sebab, air terjun Kedung Pedut terdiri dari dua warna air yang saling menyatu antara putih dan hijau tosca.

Bagaimana dengan fasilitas di lokasi wisata?

Jangan khawatir, Kepopuleran objek wisata Kulon Progo semakin dilestarikan. Jadi, fasilitas yang tersedia juga sudah cukup memadai, diantaranya; Kamar mandi, tempat duduk dari bamboo, gardu pandang, area parkir, warung makan, jembatan bambu, pancuran bambu.

Lokasi wisata air terjun ini juga sangat mudah dijangkau, meskipun letaknya yang cukup jauh dari pusat kota Jogja. Alamat lengkap wisata Air Terjun Kedung Pedut tepatnya di Desa Jatimulyo, Kecamatan Giri Mulyo, Kulon Progo, Yogyakarta.

Harga tiket masuk dan tarif parkir kendaraan, Kamu wajib membayar biaya retribusi sebesar Rp 6000 per orang. Sedangkan tarif parkir kendaraan, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 3000 per motor dan Rp 10.000 per mobil.

2. Kalibiru

wisata kulon progo yogyakarta

Lagi-lagi jogja. Ya, Daerah Istimewa Yogyakarta memang juaranya. Kini Kulon Progo yang menjadi daya tarik wisatawan lokal.

Sebagian orang mungkin merasa bosan dengan alam yang gitu-gitu aja? Cobain Kalibiru dan Pule Payung di jogja, dijamin bakal ketagihan.

Keindahan panorama alam yang sekaligus bisa kamu dapatkan di sini seperti menikmati pemandangan dari ketinggian yang spektakuler. Berswafoto, bermain ayunan, flying fox dan masih banyak lagi.

Fasilitas di sini juga sangat memadai pastinya, Kamu bisa menggunakan sejumlah fasilitas, seperti; Aula joglo, high rope, flying fox, pondok, free hotspot area, gardu pandang, jalur tracking, penginapan, toilet, mushola dan warung makan.

Mencapai titik lokasi wisata Kalibiru juga sangat mudah, sebab akses jalan sudah sangat bagus dan layak untuk dilewati. Alamat Kalibiru tepatnya di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta.

Harga tiket masuk Kalibiru, Kamu wajib membayar biaya retribusi sebesar Rp 5000 per orang di hari weekday, dan weekend Rp 10.000 per orang.

Adapun sejumlah fasilitas yang telah disediakan, kamu akan dikenakan biaya tambahan, seperti; Spot High Rope Game Rp 35.000, Spot Foto panggung Rp 15.000, Spot Foto 1 Rp 15.000, Spot foto 2 Rp 10.000, Spot foto 3 Rp 10.000 dan Spot foto bundar Rp 15.000.

3. Goa Kebon Krembangan

wisata kulon progo hits

Memang tidak ada habisnya kalau bicara objek wisata di jogja, Goa Kebon Krembangan jadi perbincangan wisatawan di sosial media lho.

Goa ini mempunyai aliran air yang diyakini terus mengalir dari mulut goa sampai detik ini. Sementara di sisi kanan dan kiri terhampar belasan tanaman kelapa dan tumbuhan yang menghijau menjadikan udara semakin sejuk.

Lokasi kawasan ini tepatnya di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Harga tiket masuk, kamu hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp 3000 per orang. Sedangkan biaya parkir kendaraan akan dikenakan tarif sebesar Rp 3000 per motor dan 5000 per mobil. Segala fasilitas sudah bisa digunakan untuk satu kali pembayaran tiket masuk ya.

4. Kebun Teh Nglinggo

wisata kulon progo waduk sermo

Kebun the Nglinggo tak hanya dikuasai oleh Malang dan Bogor. Daerah Istimewa Yogyakarta juga punya objek wisata yang dimiliki kedua kota tersebut.

Letaknya yang strategis diatas puncak perbukitan menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik. Selain pemandangan yang indah, di sini kamu juga dapat mempelajari cara memetik daun teh yang baik dan benar.

Selain itu, kamu akan diajak sekaligus mempelajari cara mengolah teh yang benar sampai akhirnya bisa diminum.
Fasilitas Kebun Teh Nglinggo juga cukup lengkap, diantaranya; Mushola, toilet, area parkir, warung makan dan minum, penginapan, tempat istirahat.

Lokasi wisata Kebun Teh ini juga sangat mudah dijangkau karena akses jalan yang cukup memadai, meskipun jarak cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta.

Alamat lokasi wisata Kebun Teh Nglinggo tepatnya di Dusun nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Harga tiket masuk, Kamu wajib membeli tiket sebesar Rp 5000 per orang. Sedangkan biaya parkir kendaraan pribadi, Rp 2000 per motor dan 5000 per mobil.

5. Bukit Isis

wisata kulon progo ayunan langit

Menikmati sunrise dan sunset dan panorama alam yang menakjubkan dapat dilakukan di Bukit Isis Kulon Progo. Di sini kamu dapat merasakan keasrian alam yang sejuk.

Agar dapat melihat sunset dan sunrise, penulis sarankan untuk datang pada pagi dan sore hari karena pemandangan pada waktu tertentu menjadi peristiwa yang mesti diabadikan.

Fasilitas Bukit Isis Kulon Progo sudah cukup memadai, diantaranya; Toilet dan kamar mandi, persewaan rumah pohon, gardu pandang, area parkir dan spot foto yang menarik.

Lokasi wisata Bukit Isis berada tepat di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo Regency, Yogyakarta.

Harga tiket masuk untuk wisatawan domestik, kamu wajib membayar biaya retribusi sebesar Rp 3000 per orang. Sedangkan tarif parkir kendaraan akan dikenakan tarif sebesar Rp 2000 per motor dan Rp 5000 per mobil.

6. Goa Kiskendo

wisata alam kulon progo

Salah satu daya tarik wisatawan domestik berikutnya adalah Goa Kiskendo. Mengapa demikian? Karena Goa Kiskendo memiliki sejarah yang sangat unik.

Menurut masyarakat setempat, objek wisata ini merupakan tempat bersejarah tempat bertempurnya Lemusur dan Maesuro melawan Subali dan Sugriwo. Keempat ksatria ini meninggalkan sejarah pada bagian dinding goa yang dapat di lihat paga area l relief.

Fasilitas Goa Kiskendo sangat lengkap dan memadai, diantaranya; Area parkir, loket karcis, kios-kios, papan informasi, wahana bermain anak, taman keluarga, panggung kesenian, toilet, gazebo.

Lokasi Goa Kiskendo sangat mudah untuk dilalui karena akses jalan yang telah memadai, Alamat lengkapnya tepat di Jalan Goa Kiskendo, Girimulyo, Kokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Harga tiket masuk dan tarif parkir Goa Kiskendo masih tergolong murah, kamu wajib membayar biaya retribusi sebesar Rp 5000 per orang. Sedangkan biaya parkir kendaraan dikenakan tarif sebesar Rp 2000 per motor, dan Rp 5000 per mobil.

Lihat Juga: Pantai Nguluran Gunung Kidul Yogyakarta, pesona pantai indah dan daya tarik yang keren.

7. Waduk Sermo

wisata air kulon progo

Menyusuri keindahan danau buatan yang tersembunyi di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan lokal. Waduk Sermo merupakan salah satu danau terluas di Yogyakarta, luas waduk Sermo mencapai 157 hektar dan di bangun pada tahun 1994 silam.

Pembuatan waduk Sermo memakan biaya yang cukup besar mencapai 22 miliyar dan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Ke 2 yaitu Bapak Soeharto pada 20 November 1996.

Ada banyak aktifitas yang dapat kamu lakukan di sini seperti, berswafoto, mengelilingi waduk dengan menyewa perahu serta memancing bagi yang punya hobi mancing.

Fasilitas Waduk Sermo sudah cukup baik, diantaranya; Area parkir, toilet, warung makan, penyewaan perahu, gazebo, penyewaan peralatan mancing.

Akses menuju lokasi Waduk Sermo juga terbilang sangat mudah, alamat tepatnya di Sremo Lor, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Harga tiket dan parkir di Waduk Sermo, Kamu wajib membayar biaya retribusi sebagai berikut; Anak-anak Rp 2000, Dewasa Rp 5000. Sedangkan Parkir kendaraan kamu perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 2000 (motor), Rp 3000 (mobil).

Adapun biaya penyewaan perlengkapan fasilitas yang ada, sewa perahu Rp 3000, gardu pandang Rp 10.000.

8. Hutan Mangrove Jembatan Api-api

wisata kulon progo yang paling bagus

Wisata alam asri, sejuk dan hijau menjadi daya tarik wisatawan dan masyarakat setempat. Ini semua bisa kamu temukan di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Jadikan agenda liburan kamu untuk berwisata ke Hutan Mangrove Jembatan Api-api dari sekarang. Karena objek wisata ini mempunyai spot foto yang eksotis. Selain itu, objek wisata ini dilengkapi sebuah jembatan unik yang terbuat dari bambu dan kayu.

Fasilitas objek wisata Hutan Mangrove Jembatan Api-api sudah cukup baik, terdiri dari; Tempat parkir yang luas, kamar mandi, mushola, warung makan dan minum.

Lokasi Hutan Mangrove Jembatan Api-api terletak jauh dari pusat Kota Yogyakarta yaitu mencapai 45 Kilometer. Alamat lengkapnya tepat di Pasir Mendit, Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.

Harga tiket masuk Hutan Mangrove Jembatan Api-api cukup murah, kamu hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp 3000 per orang. Sedangkan tarif parkir di area parkir yang disediakan yaitu Rp 3000 per motor dan Rp 5000 per mobil.

9. Hutan Pinus Girimulyo

wisata kulon progo hits

Berfoto dikelilingi tanaman hutan pinus memang memiliki daya tarik tersendiri bagi setiap orang. Nah, ini menjadi salah satu objek wisata yang wajib kamu kunjungi. Objek wisata alam Hutan Pinus Girimulyo memang masih tergolong baru sehingga fasilitas yang ada masih belum tercukupi.

10. Pantai Glagah Indah

wisata kulon progo hits 2019

Bermain di hamparan kebun bunga matahari di Pantai Glagah Indah akan sangat menyenangkan. Kamu bisa datang pada siang hari untuk bisa bermain ombak, menikmati seafood atau menjelajah pantai menggunakan perahu.

Selain bermain bersama tanaman dan ombak yang indah, kamu juga dapat menikmati keindahan sunset.
Lokasi wisata Pantai Glagah Indah tepatnya di Desa Glagah, kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

11. Pantai Trisik

Destinasi wisata alam yang berkolaborasi dengan nuansa perkampungan yang ramah bisa kamu temukan di Pantai Trisik Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Jangan heran kalau objek wisata ini selalu padat pengunjung setiap harinya.

Fasilitas yang ada juga sudah cukup memadai, diantaranya; Tempat parkir, kamar mandi, tempat istirahat, warung makan dan minum, jasa sewa motor.

Lokasi Pantai Trisik berada jauh dari pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di Banaran, Galur, Area Pantai Karangsewu, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Harga tiket masuk cukup murah, kamu hanya perlu membayar Rp 5000 per orang untuk dapat menikmati panorama pantai. Sedangkan biaya parkir kendaraan yang telah ditarifkan yaitu sebesar Rp 2000 (motor) dan Rp 5000 (mobil).

12. Ayunan Langit Watu Jaran

wisata air kulon progo

Ayunan Langit Watu Jaran menjadi salah satu objek wisata kekinian dan juga instagramable. Ini merupakan objek wisata yang dapat memacu adrenalin kamu. Kamu akan bermain ayunan di ketinggian. Berani coba?

Jangan khawatir, bermain ayunan di ketinggian memang sangat beresiko. Tapi, sebelum berayun kamu akan dipasang alat pelindung berupa safety belt agar tidak jatuh yang menimbulkan kecelakaan. Nah agendakan waktu libur kamu untuk kesini sekarang.

Jelajahi Pesona: Pantai Ngobaran (Pesona Gunung Kidul)

13. Air Terjun Perawan Sidoharjo

wisata area kulon progo

Tanpa kamu sadari, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta juga mempunyai wisata air terjun yang tingginya mencapai 75 meter dari permukaan air. Bisa dibayangkan keindahan air terjun Sidoharjo.

Mengenai Air Terjun Perawan Sidoharjo beberapa pendapat dari masyarakat memang meninggalkan sejarah. Nama Air Terjun Perawan Sidoharjo berawal dari seorang gadis yang hidup di Desa Sidoharjo. Sebagian lagi menyatakan bahwa nama tersebut lahir karena objek wisata ini belum pernah disentuh.

Saking barunya, Objek wisata ini belum memiliki fasilitas apapun. Kamu harus membawa perlengkapan sendiri termasuk makan dan minuman.

Lokasi objek wisata ini tepatnya di Kampung Lemah Abang, Dusun Banyakan, Desa Situmulyo, Kecamatan Piyungan Yogyakarta.

14. Puncak Kuda Sembrani

 

agro wisata kulon progo

Menjelajahi panorama alam di Puncak Kuda Sembrani. Puncak Kuda Sembrani memberikan keindahan alam yang eksotis, serta menyuguhkan sejumlah spot untuk berswafoto.

Objek wisata ini menjadi sorotan bagi pecinta fotografer, terutama bagi yang ingin mendapatkan panorama sunset. Jadi, penulis sarankan agar kamu segera mengagendakan waktu liburan kamu di sini.

Sejumlah fasilitas di Puncak Kuda Sembrani juga sudah sangat memadai, diantaranya; Toilet, spot foto, tempat parkir, warung makan dan minum, papan informasi.

Lokasi wisata Puncak Kuda Sembrani tepatnya di Desa Banjarsari, Kecamatan kalibawang, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Harga tiket dan tarif parkir di Puncak Kuda Sembrani tidak ditarifkan, kamu bisa membayar biaya retriburi semampunya. Sedangkan biaya parkir, akan dikenakan tarif Rp 2000 (motor) dan Rp 5000 (mobil).

15. Puncak Gunung Lanang

wisata alam kulon progo terbaru

Memburu sunrise di Puncak Gunung Lanang. Kawasan ini dulunya digunakan sebagai tempat Kyai Lanang dan Nyi Rantam Sari bertapa. Konon, goa yang dijadikan sebagai objek bertapa pun masih digunakan masyarakat setempat untuk bersemedi.

Untuk Mencapai puncak Gunung Lanang, kamu harus berjalan sejauh 150 meter. Jalan treck di sini cukup curam, Kamu harus berberhati-hati saat berjalan menunju puncak gunung lanang.

Fasilitas Puncak Gunung lanang sudah cukup baik, seperti; Kamar mandi, Tempat parkir, Warung makan dan minum, Spot foto.

Lokasi puncak Gunung Lanang ini cukup mudah untuk dilalui meskipun lokasinya jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Alamat lengkapnya berada tepat di Dusun Sibolong, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Harga tiket masuk dengan parkir berbeda, Kamu wajib membeli tiket Rp 3000 untuk bisa menikmati panorama alam Puncak Gunung Lanang. Sedangkan tarif parkir di area parkir, kamu akan dikenakan tarif Rp 2000 (motor) dan Rp 5000 (mobil).

16. Air Terjun Kedung Ingas

wisata kulon progo baru

Keindahan panorama air terjun Kedung Ingas setiap weekend ataupun weekday diramaikan oleh wisatawan lokal. Hal yang menarik justru sungai yang luasnya mencapai 100 meter dengan kedalaman air mencapai 2 meter.

Sejumlah rutinitas seperti berfoto, memancing, bermain air, berpetualang bisa kamu temukan di sini. Nah, bagaimana dengan fasilitas di sini?.

Fasilitas Air Terjun Kedung Ingas terdiri dari; Area Parkir, mushola, kamar mandi, tempat istirahat, warung makan.
Lokasi wisata Air Terjun Kedung Ingas tepatnya di Desa Sidorejo, kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Harga tiket masuk dan juga parkir, Kamu hanya perlu membayar RP 5000 per orang. Sedangkan parkir akan dikenakan tarif sebesar Rp 2000 (motor) dan Rp 5000 (mobil).

17. Bukit Jangkang

wisata kulon progo bunga matahari

Bukit Jangkang merupakan salah satu objek wisata Kulon Progo yang tidak pernah sepi pengunjung saat weekend maupun weekday. Kamu dapat menikmati keindahan Waduk Sermo dari ketinggian Bukit Jangkang.

Sebaiknya datang pada pagi dan sore hari, sebab keindahan panorama alam sesungguhnya ada pada waktu pagi dan sore hari.

Fasilitas Bukit Jangkang sudah cukup baik, diantaranya; Tempat parkir, warung makan dan minum, gardu pandang, tempat duduk.

Lokasi Bukit Jangkang tepatnya di Dusun Sermo Lor, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Harga tiket masuk dan parkir, kamu wajib membeli tiket masuk wisata sebesar RP 5000 per orang. Sedangkan parkir kendaraan, kamu wajib membayar Rp 2000 per motor, dan Rp 5000 per mobil.

18. Puncak Bukit Cendana

wisata kulon progo yang baru

Puncak Bukit Cendana menjadi perbincangan masyarakat setempat dan juga wisatawan lokal. Puncak yang dikembangkan pada januari 2017 lalu, membuat heboh di sosial media terkait keindahan alamnya.

Bukit Cendana mempunyai beberapa spot foto yang tidak boleh kamu lewatkan. Ditambah udara yang sejuk dengan pohon-pohon yang rindang di area perbukitan.

Fasilitas Puncak Bukit Cendana masih terlihat seadanya, sebab objek wisata ini masih terbilang baru. Fasilitas yang terdiri dari; Tempat parkir, warung makan dan gardu pandang.

Lokasi Puncak Bukit Cendana cukup mudah untuk kamu lewati, sebab akses jalan yang memadai akan mempercepat waktu untuk dapat sampai ke lokasi. Alamat lengkapnya berada tepat di Dusun Tegiti II, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Adapun harga tiket yang harus kamu bayarkan Rp 5000 per orang. Sedangkan biaya parkir, kamu harus membayar Rp 2000 (motor) dan Rp 5000 (mobil).

Kunjungi Juga: Museum Dirgantara Jogja (Eksotis dan Patriotis)

19. Puncak Dipowono

wisata spot foto di kulon progo

Berfoto di atas Puncak DIpowono merupakan spot foto terbaik sejak beberapa tahun belakangan. Bahkan muncul spot wisata terbaru bernama Canting Mas Puncak Dipowono yang jaraknya mencapai 2 jam dari pusat Kota Jogja.

Fasilitas yang ada di Puncak Dipowono tergolong cukup lengkap dan memuaskan, diantaranya; Kamar mandi (toilet), mushola, tempat istirahat, warung makan dan minum, gazebo, area parkir, free wifi

Lokasi wisata tepatnya di Jl. Clereng Tamanan KM 6, Desa Hargowilis, Kokap, Clapar II, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Harga tiket masuk dan tarif parkir, kamu wajib membeli tiket masuk seharga Rp 12.000 per orang. Sedangkan biaya parkir kendaraan, akan dikenakan tarif Rp 2000 / motor dan Rp 5000 per mobil.

20. Pantai Congot

wisata instagramable di kulon progo

Pantai yang memiliki spot memancing di Kulon Progo Yogyakarta memang jarang eksis. Padahal pantai ini merupakan salah satu pantai spot memancing terbaik sampai saat ini.

Pantai Congot mempunyai keindahan yang berbeda dengan pantai lainnya. Sebab, pantai ini memiliki ombak yang tenang dan pasir putih. Salah satu aktifitas seru bagi wisatawan yaitu memancing dan bermain.

Fasilitas Pantai Congot terbilang cukup lengkap yang terdiri dari; Area parkir, kamar mandi, mushola, warung makan.

Lokasi Pantai Congot tepatnya di Dusun Pasir Mendit, Jetis, Kulon Progo, Yogyakarta.

Jarak antara Pantai Congot dengan pusat Kotas Jogja adalah 43 Kilometer.

Harga tiket masuk dan tarif parkir kendaraan, Kamu wajib membayar biaya retribusi sebesar Rp 3000 per orang. Sedangkan parkir kendaraan, akan dikenakan tarif sebesar Rp 3000 (motor) dan Rp 5000 (mobil).

21. Air Terjun Setawing

wisata kulon progo jogja

Menghapus rasa penat di sebuah air terjun Setawing. Ya keistimewaan air terjun ini letaknya di atas ketinggian perbukitan yang tingginya mencapai 45 meter dari permukaan laut.

Terdapat spot foto yang eksotis dari atas gazebo sambil menikmati udara yang sejuk. Berswafoto di objek wisata ini sambil melihat pemukiman sawah milik warga setempat adalah momen yang mestinya diabadikan.

Fasilitas Air Terjun Setawing masih sangat minim. Kamu hanya dapat menemukan beberapa fasilitas yang ada seperti toilet dan warung. Sehingga, penulis sarankan untuk membawa perlengkapan sendiri dan bekal makanan.

Lokasi Air Terjun setawing tepatnya di Desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.

22. Curug Siluwok

tempat wisata kulon progo jogja

Destinasi wisata alam yang tersembunyi memang banyak di Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Adalagi ditemukan sebuah objek wisata yang tersembunyi yaitu Curug Siluwok.

Curug Siluwok memiliki ketinggian air 20 meter. Meskipun terbilang tinggi, namun arus air tidak terlalu deras sehingga seringkali dijadikan untuk mandi. Di bawah air terjun ini juga terdapat sebuah kolam atau sungai kecil yang bisa dimanfaatkan untuk berenang.

Fasilitas di Curug Siluwok masih belum cukup ada untuk dibanggakan. Namun, penulis sarankan untuk membawa perlengkapan sendiri, seperti bekal makanan dan lain sebagainya.

Lokasi Curug Siluwok tepatnya berada di Desa Keweron, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta.

Harga tiket masuk dan parkir kendaraan, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk gratis. Tidak ada pungutan biaya untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini. Sedangkan tarif parkir kendaraan, kamu akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp 2000 per motor dan Rp 5000 per Mobil.

23. Pantai Baru

lokasi wisata kulon progo

Pantai Baru di Kabupaten Kulon Progo merupakan pantai termuda di Yogyakarta, karena baru diresmikan pada bulan Mei 2010 lalu.

Mulanya, pantai ini banyak dikunjungi oleh para nelayan, karena bagi para nelayan pantai ini merupakan salah satu sumber ekonomi mereka untuk keluar masuk lautan.

24. Puncak Suroloyo

lokasi tempat wisata kulon progo

Puncak Suroloyo merupakan puncak yang paling tinggi di perbukitan Menoreh Yogyakarta. Ada tiga pendopo di Puncak Suroloyo.

Puncak yang pertama letaknya di paling bawah pendopo lainnya.

Pendopo kedua kamu dapat melihat pemandagan gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Pendopo ketiga yaitu pendopo Kaendran, kamu dapat melihat Pantai Glagah Kulon Progo yang berwarna kebiruan.

Baca Review: Wahana dan Fasilitas Menarik di Jogja Bay Waterpark Yogyakarta

Itulah beberapa rekomendasi Wisata Kulon Progo yang terbaru dan paling hits di tahun 2020 ini. Berbagai wisata ini menawarkan pesona yang menakjubkan dan unik, cocok banget buat berburu foto instagramable. Yuk rencanakan liburanmu dari sekarang!

Wisata Magelang

Indah Andini
7 min read

Tempat Wisata Di Jogja

Indah Andini
7 min read

Pantai Indrayanti

Indah Andini
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *