Wisata Madiun

7 min read

Wisata Madiun memang sangat pantas menjadi tempat wisata favorit bagi sebagian orang khususnya warga setempat. Nah bagaimana dengan kamu yang kini berada di Kota Madiun?

Kota Madiun yang dijuluki sebagai Kota Gadis ini ternyata memiliki sejumlah objek wisata yang akan membuat kamu lupa jalan pulang. Bahkan objek wisata baru dengan pemandangan eksotis pun mulai bermunculan.

Tak hanya dijuluki Kota Gadis, Madiun juga mempunyai julukan lain seperti Kota Pecel, Kota Brem, kota Sepur, Kampung Pendekar, kota Budaya, kota Pelajar, kota Sastra dan kota Industri. Madiun memang kota yang sangat unik.

Uniknya lagi, sejarah dan kebudayaan pun masih terpelihara dengan baik. Ini yang selalu dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat Madiun.

Ingin tahu seperti apa keindahan wisata Madiun terbaru 2020? Berikut ini penulis rekomendasikan untuk Kamu. Check it out!

1. Gunung Wilis

wisata madiun magetan

Gunung Wilis merupakan salah satu gunung yang masuk bagian wilayah Kediri, Tulungagung, Nganjuk, Ponorogo dan Trenggalek. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 2.169 mdpl.

Gunung Wilis menjadi populer karena pernah menjadi jalur alternatif pasukan gerilya yang dipimpin oleh Jenderal Sudirman pada saat hendak melakukan serangan umum 1 Maret 1949 ke Yogyakarta.

Saat menjelajah gunung Wilis, kamu akan menjumpai sejumlah satwa liar yang hidup bebas di area gunung Wilis ini.

Tak hanya itu, kamu akan menemukan keindahan air terjun saat yang tingginya mencapai 400 mdpl. Tempat ini merupakan spot wisata yang akan membuat kamu jatuh cinta dengan Kota Gadis (Madiun).

  • Lokasi wisata gunung Wilis tepatnya di Dusun Seweru, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari 24 jam.
  • Harga tiket masuk tidak ada (gratis).

2. Air Terjun Krecekan Denu

wisata madiun watu rumpuk

Berada di Dusun Gilingan dengan jarak 20 kilometer dari pusat Kota Madiun juga menjadi pusat perhatian masyarakat setempat.
Air terjun Krecekan Denu mempunyai ketinggian 20 meter yang mengucur dari atas tebing. Menurut warga sekitar, air terjun Krecekan Denu ditemukan pertama kali pada tahun 2012.

Destinasi wisata air terjun Krecekan Denu sangat cocok untuk kamu yang ingin melepas rasa penat serta menghibur diri, karena air terjun ini sangat dingin dan udara yang sejuk sebab di area wisata terdapat pepohonan yang rindang yang akan membuat suasana semakin terasa adem.

  • Fasilitas yang akan kamu temukan di area air terjun yakni area parkir kendaraan, tempat istirahat dan lain sebagainya.
  • Lokasi wisata air terjun Krecekan Denu tepatnya di Dusun Glingingan, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Jember, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari 24 jam.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 per orang.

3. Air Terjun Kucur

wisata madiun hits

Air terjun Kucur juga menjadi pusat perhatian warga setempat begitu juga dengan wisatawan domestik. Tempat ini cocok untuk kamu yang suka berpetualang, kamu akan dapat merasakan kesegaran air terjun setelah melewati sebuah desa yang tersembunyi di Madiun.

Tampak berbeda dengan air terjun lainnya, kamu akan merasakan suasana alam yang membuat kamu betah untuk berlama-lama di sini dan kamu akan dipuaskan oleh pemandangan gunung Wilis yang menjulang tinggi.

Penulis yakinkan kalau kamu akan merasa betah untuk berlama-lama di sini.

Akses jalur yang mudah akan membantu kamu Kamu untuk bisa sampai ke lokasi air terjun Kucur dengan menggunakan sepeda. Saat berada di lokasi wisata, kamu akan menemukan spot foto yang selalu dipadati pengunjung.

Selain keindahan alam yang menawan, kamu juga dapat menikmati fasilitas yang ada di lokasi wisata air terjun Kucur diantaranya, warung makan, area parkir kendaraan dan mushola.

  • Lokasi wisata air terjun Kucur tepatnya di Dusun Pucang sawit, Desa Padas, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari 24 jam.
  • Harga tiket masuk tidak ada (gratis).

Baca Juga: 19 Tempat wisata Madura yang Lagi Hits Terdekat

4. Air Terjun Seweru

wisata madiun selatan

Memiliki julukan yang berbeda-beda, wisata air terjun Seweru juga memiliki nama lain yakni air terjun Kedung Malam. Air terjun ini tepatnya di lereng gunung Wilis.

Ketinggian air terjun Seweru mencapai 400 mdpl, kamu akan menemukan kolam di bawahnya sebagai tempat penampungan air. Luas lokasi wisata air terjun Seweru mencapai 6 hektar. Luar biasa bukan?

Agar dapat sampai ke lokasi wisata air terjun Seweru, kamu bisa menggunakan sepeda motor dan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 1 kilometer melewati jalan setapak yang telah tersedia.

Memang akan terasa lelah, namun rasa letih tersebut akan terbalaskan oleh keindahan alamnya yang menakjubkan.

  • Lokasi wisata air terjun Seweru tepatnya di Dusun Seweru, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari 24 jam.
  • Tiket masuk tidak ada (gratis).

5. Air Terjun Banyulawe

wisata alam madiun

Air terjun Banyuwale ini akan kamu temukan setelah menempuh perjalanan 2 kilometer dari waduk PLTA Giringan.
Suasana alam yang tenang dan sejuk membuat pengunjung merasa betah untuk berlama-lama di lokasi wisata air terjun Banyuwale.

Fakta unik air terjun Banyuwale juga menjadi incaran bagi investor yang ingin berinvestasi dalam pembangkit tenaga listrik atau lebih mengembangkan bisnisnya dalam sektor pariwisata.

Sejumlah fasilitas akan dapat kamu gunakan diantaranya area parkir kendaraan, mushola, MCK, gazebo dan warung makan.

  • Lokasi wisata air terjun Banyuwale tepatnya di Dusun Gligi, Desa Kapel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari 24 jam.
  • Tiket masuk tidak ada (gratis).

6. Gunung Kendil

wisata alam madiun terbaru

Tak perlu jauh-jauh berwisata ke Santa Monica, Los Angeles, cukup datang ke Madiun kamu akan menemukan keindahan wisata alam yang mirip dengan Santa Monica yaitu Gunung Kendil. Dahulu tempat ini difungsikan sebagai tempat latihan militer.

Namun saat memasuki tahun 2020, tempat ini telah berubah menjadi wahana wisata paling indah yang dilengkapi fasilitas pendukung seperti mushola, toilet gazebo, rumah makan dan lain sebagainya.

Sejumlah aktivitas yang ada juga tersedia diantaranya tempat pemancingan, camping ground, lapangan tembak, arena balap motor dan mobil off road. Semua bisa kamu dapatkan di sini.

Sedangkan spot foto yang akan kamu dapatkan seperti panorama sunset dan sunrise serta wisata bukit bintang.

  • Lokasi wisata Gunung Kendil tepatnya di Area Sawah, Pilangrejo, Wungu, Madiun Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari senin – minggu dari jam 07.00 – 18.00.
  • Harga tiket masuk tidak ada (gratis).

7. Waduk Bening Widas Saradan

wisata air madiun

Wisata Madiun tak hanya menyuguhkan keindahan curug dan gunung. Kamu juga dapat menemukan wahana wisata waduk yang tak kalah menarik dengan wisata lainnya. Waduk tersebut adalah Waduk Bening Widas Saradan.

Destinasi wisata Waduk Bening Widas Saradan merupakan tempat favorit bagi masyarakat setempat. Terutama buat kamu yang ingin menghabiskan waktu libur bersama keluarga.

Sejumlah aktivitas bisa kamu dapatkan di sini diantaranya memancing, menaiki perahu dan yang paling seru adalah camping ceria.

  • Lokasi wisata Waduk Bening Widas Saradan tepatnya di Waduk Widas, Setren, Saradan, Madiun, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari 24 jam.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 7.500 per orang.

8. Waduk Kedungbrubus

wisata alam madiun magetan

Waduk Kedungbrubus berfungsi sebagai sarana Irigasi yang diresmikan pada bulan Juni 2008. Di area waduk ini juga telah dibangun sejumlah fasilitas pendukung salah satunya adalah warung makan.

Jadi kamu tidak perlu khawatir dengan urusan perut yang mengganggu acara libur kamu di sini.

Akses menuju wisata Waduk Kedungbrubus juga terbilang cukup mudah, sehingga memudahkan pengunjung untuk ikut meramaikan Waduk Kedungbrubus tak terkecuali penduduk setempat. Di sekitar waduk juga akan kamu temukan fosil purba.

  • Lokasi wisata Waduk Kedungbrubus tepatnya di Area Perjutani, Dawuhan, Pilangkenceng, Madiun, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari 24 jam.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 2000 per orang.

9. Waduk Notopuro

wisata madiun baru

Tak berbeda dengan waduk yang ada di Madiun, Waduk Notopuro juga difungsikan sebagai sarana irigasi untuk pengairan sawah. Namun kini Waduk Notopuro dimodifikasi menjadi spot wisata Madiun yang selalu dipadati pengunjung khususnya penduduk setempat.

Udara yang sejuk membuat pengunjung merasa nyaman untuk berlama-lama di area spot wisata Waduk Notopuro.

Momen yang tepat untuk menikmati spot terbaik dari Waduk Notopuro yaitu saat matahari terbit. Sungguh keindahan yang tiada banding. Kamu bisa menikmati pemandangan dan udara yang sejuk di sini setiap hari

  • Lokasi wisata Waduk Notopuro tepatnya di Desa Duren, Dusun Notopuro, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari 24 jam.
  • Harga tiket masuk tidak ada (gratis).

10. Waduk Dawuhan

wisata budaya madiun

Tak hanya waduk Kedungbrubus dan Notopuro, waduk Dawuhan juga difungsikan sebagai sarana irigasi. Luas waduk diperkirakan mencapai 1.273 sehingga mencakup 9 sawah yang ada di 3 Kecamatan.

  • Lokasi wisata waduk Dawuhan tepatnya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari 24 jam.
  • Harga tiket masuk tidak ada (gratis).

11. Taman Rekreasi Wisata Umbul

wisata bukit madiun

Tempat rekreasi keluarga sekaligus menyuguhkan wahana permainan yang menakjubkan seperti roller coaster, kora-kora, Bianglala, kebun binatang mini, kolam renang dan masih banyak wahana lainnya.

Taman rekreasi wisata Umbul ini memiliki keunikan tersendiri yaitu tempatnya yang diapit 2 jurang. Spot ini merupakan tempat untuk berswafoto bagi sebagian orang.

Taman rekreasi ini merupakan tempat bersejarah peninggalan Belanda. Sebagai tempat bersejarah, kamu akan menjumpai fasilitas yang ada seperti wahana permainan, toilet, ruang ganti mushola dan lain sebagainya.

  • Lokasi wisata Taman rekreasi wisata Umbul tepatnya di Jalan Ngumbul, Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari sabtu – jumat dari jam 08.00 – 23.00.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 10.000 per orang.

Lihat Review:Tempat Wisata Di Banyuwangi Terbaru yang Lagi Hits & Kekinian

12. Wisata Alam Pesanggrahan

paket wisata madiun bali

Buat kamu yang suka selfie, agendakan waktu libur kamu ke Madiun sekarang, tepatnya di alam Pesanggrahan. Di sini kamu akan menjumpai spot unik untuk berswafoto. Tak hanya itu, kamu juga akan merasakan udara dan keindahan alam yang menakjubkan.

Ini semua dikarenakan letak wisata alam pesanggrahan berada tepat di lereng gunung Wilis. Pastinya kamu akan dipuaskan oleh spot-spot menarik yang ada di sini.

Di lokasi wisata ini kamu juga akan menemukan lima buah gubuk beratap jerami yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat bersantai.

  • Lokasi wisata Alam Pesanggrahan tepatnya di Dusun Mbade, Desa Segulung, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa tengah.
  • Jam operasional di buka setiap hari 24 jam.
  • Harga tiket masuk tidak ada (gratis).

13. Sun City & Theme Park

wisata madiun caruban

Destinasi wisata Sun City & Theme Park merupakan tempat rekreasi keluarga di Madiun. Objek wisata ini dapat kamu jadikan sebagai tempat alternatif untuk menghabiskan waktu libur kamu bersama keluarga.

Tempat wisata ini mempunyai konsep yang unik yaitu mall dan taman hiburan yang direkap menjadi satu. Mirip dengan Suncity yang ada di Kota Sidoarjo.

Wahana permainan menarik menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal seperti Kidds Pool, Wave Pool dan juga Olympic. Kamu akan di bawa kedalam suasana pantai yang ada di tengah dan pastinya menambah keseruan.

  • Fasilitas yang ada di lokasi wisata yaitu area parkir kendaraan, mushola, MCK, wahana permainan anak, wahana air, restoran dan tempat shoping.
  • Lokasi wisata Sun City & Theme Park tepatnya di Jalan Slamet, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Madiun, Kota Madiun, Jawa Tengah.
  • Jam operasional di buka setiap hari senin – minggu dari jam 08.00 17.00.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 25.000 per orang.

14. Wisata Alam Grape

wisata di caruban madiun

Wisata alam Grape merupakan destinasi wisata yang selalu dipadati wisatawan. Tak hanya weekend, bahkan weekday pun akan tetap selalu ramai pengunjung, Tempat wisata Madiun yang paling eksotis sehingga wajib untuk kamu kunjungi saat berada di Kota Madiun.

Beragam aktivitas seru juga dapat kamu lakukan seperti bersepeda, camping ground, manjat tebing dan aktivitas lainnya. Wana wisata alam Grape berdiri pada lahan seluas 1,5 hektar.

Fasilitas yang tersedia cukup memadai sehingga dapat kamu gunakan seperti area parkir kendaraan, taman bermain anak, mushola, MCK, aula pertemuan.

  • Lokasi wisata alam Grape tepatnya di Kresek, Wungu, Area Kebun & Hutan, Kuwiran, Kare, Madiun, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari minggu – sabtu dari jam 08.00 – 17.00.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 3000 per orang.

Baca Rekomendasi: Coban Rais Wisata Terkeren dan Instagramable

15. Dumilah Waterpark

wisata madiun dekat stasiun

Dumilah Waterpark memang tampak berbeda dengan waterpark lainnya. Objek wisata Dumilah Water Park menyuguhkan wahana air yang sangat mengagumkan. Di sini juga menyediakan garden zone sehingga keasriannya masih sangat terjaga.

Tak hanya menyaksikan zona hijau, kamu juga dapat menikmati wahana permainan game zone dan juga menikmati aneka macam masakah khas Jawa Timur.

Uniknya lagi, di lokasi wisata Dumilah Waterpark juga menyediakan wahana outbond yang terdiri dari dua paket yaitu paket A dan B dengan harga relatif murah.

  • Fasilitas yang ada di lokasi wisata juga terbilang lengkap yaitu area parkir kendaraan, panggung, zona combo, camping ground, kantin, arena outbond, mini trail, garden zone dan masih masih banyak lagi.
  • Lokasi wisata Dumilah Waterpark tepatnya di Jalan Slamet Riyadi No. 99, Klegen, Kecamatan Madiun, Kota Madiun, Jawa timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari senin – minggu dari jam 07.00 – 17.00.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 – 20.000.

16. Desa Wisata Brumbun

wisata madiun dan magetan

Buat kamu yang suka petualang cobain sekarang berkunjung ke Desa Wisata Brumbum. Ya, objek wisata Desa Wisata Brumbum merupakan destinasi wisata baru di Madiun.

Di sini kamu akan disuguhkan permainan arung jeram dengan memanfaatkan arus sungai yang mengalir di lereng gunung Wilis.

  • Lokasi Desa Wisata Brumbum tepatnya di Malang, Brumbum, Wungu, Madiun, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari minggu – senin dari jam 08.00 – 16.00.
  • Harga tiket masuk tidak ada (gratis).

17. Monumen Kresek

wisata di madiun

Jarak wisata Monumen Kresek yaitu 8 km dari pusat kota Madiun. Monumen bersejarah ini meninggalkan kepedihan yang disebabkan oleh kekejaman partai komunis (PKI) terhadap bangsa indonesia.

Monumen ini berdiri sejak tahun 1987 dan selesai dengan sempurna pada tahun 1991. Momen yang akan kamu dapatkan disini yaitu mengenang sejarah kekejaman PKI pada masa itu.

  • Lokasi wisata Monumen Kresek tepatnya di Kresek, Wungu, Sewu, Kresek, Madiun, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari dari jam 05.00 – 21.00.
  • Harga tiket masuh tidak ada (gratis.

Baca Selengkapnya: 12 Fakta unik Goa Gong Pacitan, pesona goa yang menakjubkan

Wisata Madiun terbaru 2020 memang menjadi daya tarik wisatawan lokal saat ini. Meskipun objek wisata Madiun masih terbilang baru, namun keindahan alam yang didapatkan melebihi wisata lain yang ada di Pulau Jawa. Kamu harus mengagendakan waktu libur kamu untuk berkunjung ke Madiun sekarang.

Temukan wisata favorit kamu sekarang. Masih banyak wisata Madiun lainnya yang harus kamu kunjungi. Kamu akan mendapatkan keindahan alam yang mempesona di sini. Kamu dapat mengunjungi wisata Madiun karena letaknya juga dekat stasiun.

Wisata Madura

Indah Andini
8 min read

Wisata Di Banyuwangi

Indah Andini
7 min read

Wisata Bantul

Indah Andini
10 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *