Wisata Madura

8 min read

wisata hits madura

Dua tahun belakangan, destinasi wisata Madura menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi wisatawan lokal khususnya masyarakat Madura untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga.

Tak hanya kuliner, Madura juga menyimpan sejumlah wahana wisata yang gak kalah menarik dengan obyek wisata lainnya di pulau Jawa.

Bahkan, Sejumlah wisata baru juga bermunculan, sehingga Madura cocok dijadikan sebagai tempat liburan bagi wisatawan lokal untuk menghabiskan waktu libur akhir pekan.

Selain wisata alam yang unik, kepopulerannya sudah dikenal dengan Jembatan Suramadu. Nah buat kamu yang bingung mencari tempat wisata di Madura. Berikut ini penulis rekomendasikan untuk kamu.

Mau tahu seperti apa keindahan wisata Madura? 19 destinasi wisata baru yang lagi hits dan kekinian 2020.

1. Pantai Slopeng

wisata madura sumenep

Salah satu pantai yang menarik wisatawan domestik yaitu pantai Slopeng. Tak jauh dari pusat Kota Madura, pantai yang membentang enam kilometer ini tak pernah sepi pengunjung saat weekday maupun weekend.

Pantai Slopeng merupakan obyek wisata baru di Madura, meskipun demikian kamu tetap bisa memanfaatkan fasilitas yang ada. Namun, keindahan pantai Slopeng tak mengurangi minat wisatawan lokal untuk datang menghabiskan waktu libur kesini.

  • Lokasi wisata pantai Slopeng tepatnya di Jalan Raya Ambunten No.34 Ambunten, Trebung Ghetteng,
  • Semaan, Dasuk, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap minggu – senin dari jam 08.00 – 18.00.

2. Pantai Siring Kemuning

wisata madura pantai

Sebagai salah satu pantai andalan Madura yang mempesona. Ya, Pantai Siring Kemuning tak mau kalah dengan wisata pantai lainnya di Jawa Timur.

Destinasi wisata pantai Siring Kemuning pernah menjadi obyek wisata primadona di era 90 an. Bahkan sempat disebut sebagai wisata pantai terindah yang mirip dengan pantai kuta di Bali.

Pantai Siring Kemuning merupakan obyek wisata baru di Madura sehingga fasilitas yang tersedia masih tampak seadanya.

  • Lokasi wisata pantai Siring Kemuning tepatnya di Macajah, Tanjungbumi, Bangkalan Regency, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari senin – minggu dari jam 08.00 – 18.00.

3. Pantai Lombang

wisata madura terkenal

Pantai Lombang kepopulerannya telah ada sejak tahun 2000 an. Kepopulerannya tersebut membuat wisatawan mancanegara sering berkunjung ke sini. Bahkan pantai ini menjadi wisata favorit bagi para turis.

Keindahan pantai Lombang yaitu pasir putih yang menghampar luas sejauh 12 kilometer. Maka, tak heran kalau di pantai Lombang juga terdapat spot foto yang sangat unik dan kekinian.

Pantai ini juga dikelilingi pohon cemara udang yang tingginya mencapai 4 meter. Dengan adanya pohon cemara tersebut menjadikan tempat wisata pantai Lombang semakin sejuk dan membuat betah setiap pengunjung yang datang.

  • Lokasi wisata pantai Lombang tepatnya di Desa Lombang, Kecamatan Batang Batang, Kabupaten Sumenep Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari senin – minggu dari jam 06.00 – 17.00.

4. Pantai Rongkang

wisata alam madura

Destinasi wisata pantai Rongkang merupakan salah satu obyek wisata yang lagi hits setahun belakangan. Pastinya tak kalah menarik dengan pantai-pantai lainnya di pulau Jawa.

Tak hanya libur nasional, pantai Rongkang juga dipadati penunjung setiap hari (weekday).
Wisatawan berbondong-bondong untuk menikmati keindahan pandai yang masih alami dan udara yang sejuk,

  • Lokasi wisata pantai Rongkang tepatnya di Kejawan, Kwanyar Barat, Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari 24 jam.

Lihat Review:Tempat Wisata Di Banyuwangi Terbaru yang Lagi Hits & Kekinian

5. Pantai Talang Siring

wisata alam madura bangkalan

Pantai Talang Siri merupakan wisata terbaru di Madura sehingga masih terbilang sepi. Kamu wajib berkunjung kesini sekarang.

Selain ombak dan pasir yang lembut, pantai Talang Siring juga menyuguhkan pemandangan yang eksotis dengan hamparan hutan mangrove di bagian selatan pantai.

Di sini kamu akan menemukan spot foto yang bisa kamu abadikan.

  • Lokasi wisata pantai Talang Siring tepatnya di Tabugah, Montok, Larangan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari selasa – senin dari jam 08.00 – 17.00.
  • Harga tiket masuk tidak ada (gratis).

6. Pantai Nepa

wisata arah madura

Obyek wisata pantai Nepa merupakan wisata tersembunyi. Letaknya di daerah terpencil sehingga harus menempuh perjalanan yang cukup jauh untuk dapat menikmati keindahan wisata pantai Nepa di Madura ini.

Tak hanya pasir pantai yang putih, keeksotisannya dapat dilihat dari nuansa biru laut yang cukup kontras, rindangnya pepohonan di sekitar pantai menambah keasrian wisatanya.

Destinasi wisata pantai Nepa juga memiliki cerita mitos, konon di kawasan hutan ini terdapat dua kerajaan kera yang berbeda yaitu Kubu Utara dan Kubu Selatan.

Meskipun demikian, kedua raja kera ini saling menghormati wilayah kekuasaan masing. Sehingga kedua kerajaan tersebut selalu hidup damai dan tentram. Bagaimana cukup unik bukan?

  • Lokasi wisata pantai Nepa tepatnya di Desa Batioh, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari senin – minggu 24 jam.
  • Harga tiket masuk tidak ada (gratis).

7. Pantai Jumiang

wisata adat madura

Destinasi wisata pantai Jumiang memiliki pemandangan yang sangat unik. Keeksotisan tersebut dapat kamu saksikan dari atas ketinggian. Kamu harus menaiki tebing di bibir pantai agar dapat spot wisata yang sempurna.

Udara yang sejuk karena pepohonan di sini dapat kamu nikmati selama berada di area wisata. Sejumlah spot foto menarik juga dapat kamu temukan di pantai Jumiang. Dijamin kamu bakal merasa betah dengan suasana yang nyaman ini.

  • Lokasi wisata pantai Jumiang tepatnya di Jl. Pantai Jumiang, Jumiang, Tanjung, Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari selasa – senin dari jam 05.00 – 17.00.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 3000 per orang.

8. Mercusuar Bangkalan

wisata madura bukit jaddih

Mercusuar Bangkalan merupakan destinasi wisata Madura bersejarah. Bangunan ini merupakan peninggalan Belanda yang didirikan pada tahun 1879.

Meskipun bangunan tua, sampai hari ini Mercusuar Bangkalan masih berfungsi dengan baik. Keindahannya akan terlihat pada malam hari dengan sorot lampu dengan jarak tembak mencapai 20 mil.

Dari atas bangunan ini kamu akan dapat menyaksikan keindahan Selat Madura. Tak hanya itu, momen yang dinanti-nanti adalah melihat sunset dan sunrise.

  • Lokasi wisata Mercusuar Bangkalan tepatnya di Jalan Sembilangan, Socah, Slempit, Pernajuh, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari selasa – senin dari jam 08.00 – 16.00.
  • Harga tiket masuk tidak ada (gratis), kamu hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp 3.000 per motor.

9. Pulau Kangean

wisata batik madura

Wisata Madura memang semakin marak khususnya di media Instagram. Salah satu wisata yang lagi hits adalah pulau Kangean.

Berada di sebelah Utara berada tak jauh dari Lombok, secara administratif wilayah ini masih berada di kawasan Sumenep, Madura. Pulau Kangean terdiri dari 60 gugusan yang luasnya mencapai 487 kilometer persegi.

Destinasi wisata pulau Kangean terbilang wisata baru yang tersembunyi di pelosok daerah di Madura. Airnya yang jernih menjadi tempat untuk snorkeling bagi sebagian wisatawan domestik yang berkunjung.

Tak hanya menyuguhkan keindahan pantai, sejumlah spot wisata lainnya juga dapat kamu jumpai seperti jembatan ajaib, goa kuning dan pemandian olbek.

  • Lokasi wisata pulau Kangean tepatnya di Kepulauan Kangean Sumenep, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap senin – minggu selama 24 jam.
  •  Harga tiket masuk tidak ada (gratis).

Baca Rekomendasi: Coban Rais Wisata Terkeren dan Instagramable

10. Goa Blaban

wisata budaya madura

Menjelajah goa Blaban menjadi tempat wisata paling dominan bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Madura.
Goa Blaban merupakan Goa yang cukup unik, baru ditemukan pada tahun 2014 lalu. Goa ini juga dikenal sebagai goa mas atau goa bintang.

Saat berkunjung ke goa Blaban, kamu akan menemukan pintu masuk berupa sumur yang dalamnya mencapai 4 meter. Kemudian terdapat tangga besi melingkar untuk menuruni sumur saat akan menjelajahi goa Blaban ini.

Setiap pengunjung yang ingin menjelajah goa diberikan waktu kurang lebih 15 menit untuk menjelajah agar bisa bergantian dengan pengunjung lainnya.

Pemandangan yang ada di dalam goa didominasi oleh stalaktit dan stalakmit yang akan membawa kamu ke dalam suasana yang berbeda.

Batuan di dalam goa pun terlihat berkilau layaknya kristal sehingga menambah keindahan alam goa Blaban.

  • Lokasi wisata Goa Blaban tepatnya di Rojing Daya, Blaban, Batu Marmar, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari selasa – senin dari jam 08.30 – 18.00.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 20.000 per orang.

11. Bukit Jaddih

wisata camplong madura

Bukit Jaddih merupakan area penambangan batu kapur. Namun kini berubah drastis menjadi obyek wisata Madura. Meskipun demikian, bukit Jaddih masih selalu aktif digunakan sebagai tempat penambangan batu kapur.

Dijadikan sebagai tempat wisata alternatif karena di atas bukit Jaddih kamu akan disuguhkan keindahan alam yang ada di sekitar area perbukitan. Tak hanya itu, kamu juga akan menemukan spot wisata lain seperti kolam renang goa Pote tepatnya di sebelah Utara bukit Jaddih.

Kolam ini menjadi daya tarik wisatawan lokal khususnya penduduk setempat karena saat berendam di kolam ini akan membuat pengalaman liburan kamu menjadi lebih berkesan. Apalagi diiringi dengan suasana alam di tambang batu kapur.

  • Fasilitas yang tersedia kini sudah cukup lengkap, kamu akan dapat menikmati fasilitas seperti area parkir kendaraan, gazebo, kamar mandi dan beberapa warung makan yang disediakan warga setempat.
  • Lokasi wisata bukit Jaddih tepatnya di Jakan, Parseh, Socah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari selasa – senin dari jam 07.00 – 17.00.
  • Harga tiket masuk bukit Jaddih tidak koperatif, terkadang tidak dipungut biaya. Namun dari beberapa pengalaman yang sudah berkunjung biasanya dipatok seharga Rp 20.000 per orang.

12. Bukit Kapur Arosbaya

wisata camping madura

Tak jauh beda dengan wisata bukit Jaddih, bukit Arosbaya juga merupakan obyek wisata sekaligus menjadi tempat penambangan batu kapur di Madura.

Tekstur bukit kapur Arosbaya terlihat sangat menarik dengan pahatan hasil tambang batu kapur. Di tambah dengan satu tangga yang masih digunakan untuk menambang batu kapur membuat wisata bukit kapur Arosbaya menjadi lebih berkesan.

Di sini kamu dapat menjelajah bukit, tak hanya itu kamu juga bisa berkunjung ke Pesarean Air Mata Ibu yang berada tak jauh dari lokasi wisata bukit kapur Arosbaya.

  • Lokasi wisata bukit kapur Arosbaya tepatnya di Plalangan Madura, Buduran, Arosbaya, Makam Air Mata, Buduran, Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari senin – minggu dari jam 09.00 – 17.00.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 per orang. Sedangkan tarif parkir kendaraan akan dikenakan tarif sebesar Rp 3000 per motor dan Rp 5000 per mobil.

13. Bukit Pelalangan Arosbaya

hotel wisata camplong madura jawa timur

Meskipun gersang, Madura menyimpan satu bukit yang eksotis dan juga indah. Bukit Pelalangan Arosbaya menjadi daya tarik wisatawan lokal khususnya penduduk setempat. Di area perbukitan kamu akan dapat merasakan suasana hutan yang sangat asri.

Sambil menjelajah kebagian spot wisata bukit Pelalangan Arosbaya, kamu akan menemukan spot foto yang dapat dijadikan sebagai tempat berswafoto. Biasanya spot ini dijadikan sebagai spot foto preweding.

Lokasi wisata yang cukup jauh tersebut membuat spot wisata belum mendapat perhatian dari pemerintah setempat.

  • Lokasi Plalangan Madura, Buduran, Arosbaya, Makam Air Mata, Buduran, Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari selasa – senin dari jam 09.00 – 17.00.
  • Harga tiket masuk tidak ada (gratis).

14. Wisata Bukit Geger

wisata di madura bangkalan

Bukit geger berada pada jarak 30 kilometer dari kota Bangkalan sebelah Tenggara diketinggian 200 meter dari permukaan laut. Destinasi wisata bukit Geger lebih dominan digunakakan sebagai tempat camping.Luas bukit Geger mencapai 44 hektar yang dikelilingi oleh tanaman kayu mahoni.

Di sini kamu akan merasakan udara yang segar dan bebas polusi. Wisata bukit Geger sangat cocok untuk kamu yang ingin berkemah.

Sebagai salah satu wisata favorit di Madura, wisata bukit Geger juga menyimpan pesona alam goa yang menjadi daya tarik wisatawan diantaranya, goa petapan, goa potre, goa pelanangan, goa pancong pote, goa ular, panjat tebing, cekungan pangelean, situs pelanggiran dan masih banyak lagi.

  • Lokasi wisata bukit Geger tepatnya di Laok Kunong, Geger, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari 24 jam.
  • Harga tiket tidak ada (gratis), kamu hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp 5000 per motor dan Rp 10.000 per mobil.

Baca Selengkapnya: 12 Fakta unik Goa Gong Pacitan, pesona goa yang menakjubkan

15. Taman Rekreasi Kota Bangkalan

wisata di madura sumenep

Taman rekreasi kota Bangkalan merupakan salah satu destinasi wisata keluarga di Madura. Di taman ini kamu akan menemukan wahana permainan seperti kolam renang, tempat memancing yang didesain khusus untuk dapat menarik wisatawan.

  • Lokasi wisata taman rekreasi kota Bangkalan tepatnya di Wr 08, Mlajah, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari selasa – senin dari jam 09.00 – 17.00.
  • Harga tiket masuk dipatok sebesar Rp 5000 per orang.

16. Pantai kemuning

wisata di madura pantai

Pantai Kemuning merupakan salah satu obyek wisata yang sangat instagrammable. Mencatat sejarah sebagai wisata primadona di Jawa Timur pada tahun 1990 an. Bahkan pantai Kemuning dijuluki sebagai Kuta in Madura.

Wisata pantai Kemuning memiliki potensi yang cukup baik, serta dilengkapi fasilitas yang memadai dan kebersihan pantai yang terpelihara dengan baik. Sehingga wajar kalau pengunjung semakin betah berlama-lama di pantai ini.

Tak hanya wisatawan domestik, sejumlah wisatawan asing pun ikut meramaikan obyek wisata pantai Kemuning di Madura.

  • Lokasi wisata pantai Kemuning tepatnya di Macajah, Tanjungbumi, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari minggu – sabtu dari jam 07.00 – 17.00.
  • Tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 per orang, sedangkan tarif parkir kendaraan akan dikenakan biaya Rp 2000 per kendaraan.

17. Masjid Agung Bangkalan

wisata di madura pantai lombang

Beralih ke wisata religi di Madura. Ya Masjid Agung Bangkalan menjadi spot wisata religi bagi penduduk setempat dan wisatawan lokal.

Masjid Agung ini merupakan salah satu masjid yang dibangun pada era penjajahan belanda.

Masjid ini berdiri diatas lahan seluas 11.527 meter persegi. Sedangkan luas bangunan mencapai 3.000 meter persegi. Masjid ini pernah mengalami dua kali renovasi, meskipun demikian masyarakat tetap mempertahankan seni asitektur asli pada bangunan utama masjid.

  • Lokasi wisata Masjid Agung Bangkalan tepatnya di Jalan Sultan Abdul Kadirun No. 5, Kecamatan Bangkalan, kabupaten Bangkalan, madura, Jawa Timur.
  • Tiket masuk tidak ada (gratis)
  • Jam operasional di buka setiap hari 24 jam.

18. Alun-alun Bangkalan

wisata madura goa pote

Alun-alun Bangkalan menjadi salah satu wisata Madura yang menjadi daya tarik wisatawan. Bahkan alun-alun Bangkalan tak pernah sepi pengunjung tak terkecuali weekday.

Alun-alun Bangkalan menjadi pusat kuliner pada malam hari. Terutama buat kamu yang penasaran dengan ciri khas masakan khas Madura.

  • Lokasi wisata alun-alun Bangkalan tepatnya di Jalan. KH. Abdul Karim, Demangan, Kecamatan Bangkalan, kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur.
  • Tiket masuk tidak ada (gratis)
  • Jam operasional di buka setiap hari 24 jam.

19. Taman Paseban

wisata pantai di madura gili labak

Tak mau kalah dengan wisata taman lainnya, Madura juga menyimpan destinasi wisata unik seperti taman Paseban.
Taman paseban sebelumnya dijadikan sebagai tempat berjualan khususnya pedagang kaki lima. Seiring perubahan, taman ini menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal.

Tak hanya di siang hari, taman Paseban juga dipadati pengunjung pada malam hari. Keberadaan lokasi taman sangat berdekatan dengan masjid Agung Bangkalan.

  • Lokasi wisata taman Paseban tepatnya di Jl. Jend. A. Yani, Demangan Barat, Demangan, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.
  • Jam operasional di buka setiap hari 24 jam.

Baca Juga: 7 Wahana Idola Eco Green Park (Wisata Edukatif Yang Fun)

Demikinan obyek wisata Madura yang dapat penulis rekomendasikan. Semoga cocok untuk kamu yang masih bingung cari tempat liburan di Madura. Selain kulinernya yang menarik wisatawan lokal, Madura juga memiliki destinasi wisata alam yang menakjubkan.

Tunggu apalagi, agendakan dari sekarang dan ajak teman dan keluarga kamu untuk berliburan ke Madura. Belum lagi jembatan suramadu yang akan membuat kamu terkagum-kagum melihatnya. Rasakan keseruan bersama keluarga saat berwisata ke Madura.

Wisata Di Banyuwangi

Indah Andini
7 min read

Wisata Bantul

Indah Andini
10 min read

Wisata Gunung Kidul

Indah Andini
10 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *