Wisata Pacitan

7 min read

wisata maron pacitan

Wisata Pacitan telah merupakan destinasi wisata yang dapat dikembangkan menjadi salah satu tempat piknik yang wajib dikunjungi. Secara geografis, Kabupaten Pacitan terletak di ujung Barat Daya Provinsi Jawa Timur.

Wilayah tersebut tepatnya di bagian Utara yang berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo.

Pada bagian Timur berbatasan dengan Kabupaten Trenggalek, sedangkan bagian Selatan berbatasan dengan Samudera Hindia dan bagian Barat berbatasan dengan Wonogiri, Jawa Tengah.

Saat kamu mampir ke Kabupaten Pacitan, sebaiknya untuk mencoba sejumlah obyek wisatanya.
Seperti apa keindahan wisata Pacitan yang dikenal dengan kota 1001 Goa ini? Berikut akan penulis sebutkan secara rinci dan berkala.

1. Pantai Klayar

wisata pacitan terbaru

Pantai Klayar merupakan salah satu obyek wisata alam yang wajib dikunjungi. Destinasi wisata pantai Klayar juga disebut sebagai obyek wisata terbaru yang lagi hits di Jawa Timur.

Keeksotisannya telah dikenali sebagai salah satu pantai yang memiliki luas dengan batu-batu karang yang unik.

Di area pantai Klayar juga terdapat seruling laut yang hanya bisa kamu dapatkan di sini. Seruling laut merupakan sebuah batu karang besar yang mempunyai celah. Setiap ombak datang, kemudian air akan menyembur keluar dan menimbulkan bunyi layaknya siul pada seruling.

  • Lokasi wisata pantai Klayar tepatnya di Jalan. Pantai Klayar, Kendal, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap hari senin – minggu, 24 jam.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 10.000 per orang. Sedangkan biaya parkir kendaraan motor Rp 2000, mobil Rp 5000 dan bis Rp 10.000.

2. Goa Gong

wisata pacitan yang bisa dilewati bus

Goa Gong merupakan salah satu ikon wisata Pacitan yang lagi hits dan mendunia. Goa ini memiliki kedalaman mencapai 700 – 800 meter. Goa Gong juga mempunyai 7 ruangan besar di dalamnya.

Goa Gong juga dikelilingi oleh empat gunung aktif lainnya seperti, gunung manyar di bagian utara, gunung karang pulut di bagian selatan, gunung grugah di bagian barat dan gunung gede di bagian timur.

Jalur penelusuran yang bisa dilewati yaitu melewati jalan setapak yang panjangnya kurang lebih 300 meter.

  • Fasilitas yang tersedia juga terbilang cukup memadai diantaranya, tempat parkir kendaraan, tempat makan, gazebo, toilet, penginapan, toko souvenir, toko makanan khas dan lain-lain.
  • Lokasi wisata goa Gong tepatnya di Jalan Salam, Salam, Bomo, Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap hari senin – minggu dari pukul 09.00 – 17.00.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 – Rp 10.000 (weekday), sedangkan sabtu dan minggu Rp 5000 – Rp 12.000. Adapun biaya parkir kendaraan, kamu wajib membayar Rp 2000 per motor, Rp 5000 per mobil dan bus Rp 10.000.

Baca Selengkapnya: Pantai Klayar, Surga Tersembunyi di Pacitan

3. Pantai Teleng Ria

wisata pacitan pantai klayar

Jangan ngaku pecinta kuliner kalau belum menyicipi makanan khas Pacitan yang ada di pantai Teleng Ria. Pantai ini juga dijuluki sebagai pantai kuliner. Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan mancanegara pun ikut meramaikan obyek wisata pantai Teleng Ria.

Ombak pantai Teleng Ria terbilang tidak cukup besar, sehingga membuat suasana pantai menjadi salah satu spot wisata yang wajib dikunjungi. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan lain seperti bermain voli, joging dan sepak bola di area pantai.

Fasilitas di pantai Teleng Ria juga terbilang cukup mewah diantaranya, pendopo mewah dengan ornament tradisional seperti wayang, jalan setapak dengan lampu hias, mushola, kamar mandi, area parkir waterpark dan yang paling dicari yaitu hidangan sea food.

  • Lokasi wisata pantai Teleng Ria tepatnya di Balong, Desa Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap senin – minggu, 24 jam.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 10.000 per orang (weekday) dan Rp 15.000 per orang (weekend). Sedangkan biaya parkir dikenakan tarif Rp 5000 per motor dan Rp 10.000 per mobil.

4. Pantai Watu Karung

wisata pacitan apa saja

Berada di daerah Pringkukung, pantai Watu Karung merupakan salah satu destinasi wisata Pacitan yang tersembunyi. Akses menuju lokasi pun terbilang cukup sulit, meskipun demikian saat sampai di lokasi spot, kamu akan disuguhkan oleh pemandangan yang mempesona dan instagrammable.

Keindahan alam pantai Watu Karung membuat obyek wisata tersebut semakin digemari wisatawan lokal.
Selain pantai Teleng Ria, Pantai ini juga mempunyai spot yang mempesona, kamu juga bisa menyantap ikan segar hasil tangkapan nelayan.

  • Lokasi wisata pantai Watu Karung tepatnya di Pringkuku, Ketro, Watukarung, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap senin – minggu, 24 jam.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 per orang.

5. Goa Tabuhan

wisata air pacitan

Goa Tabuhan memiliki ciri khas yang membuat para wisatawan untuk terus menjelajah goa ini. Keunikan yang dimiliki goa Tabuhan yaitu terdapatnya batu unik yang manakala di pukul sehingga menimbulkan bunyi layaknya gamelan.

Saat kamu berada di pintu masuk goa Tabuhan, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan stalakmit dan stalaktit yang menempel di dinding goa dengan berbagai bentuk.

Menurut cerita peduduk setempat, goa Tabuhan merupakan tempat petilasan bekas pangeran Diponegoro yang digunakan untuk bertapa. Hal tersebut menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan domestik.

  • Fasilitas yang ada di goa Tabuhan juga terbilang lengkap diantaranya, tempat istirahat, gazebo, area parkir kendaraan, warung makan, kamar mandi, toilet, toko souvenir dan penginapan.
  • Lokasi wisata goa Tabuhan tepatnya di Goa Tabuhan, Wareng Kidul 2, Wareng, Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap hari, 24 jam.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 3000 – 5000 (weekday) dan Rp 5000 – Rp 7000 (weekend). Harga tersebut hanya untuk wisatawan lokal. Sedangkan untuk wisatawan asing wajib membayar biaya retribusi sebesar Rp 10.000 – 15.000 per orang.
  • Saat kamu ingin menyaksikan pertunjukan seni yang ada di goa Tabuhan, kamu wajib membeli tiket masuk sebesar Rp 150.000.

6. Sungai Maron

wisata pacitan baru

Obyek wisata sungai Maron merupakan salah satu tempat wisata pilihan saat kamu berada di Kabupaten Pacitan.

Keunikan sungai Maron yakni sungai yang membentang sepanjang 4,5 dan memiliki kedalaman mencapai 20 meter. Menyusuri sungai Maron membuat sensasi layaknya menjelajah sungai Amazon.

Disekeliling area sungai Maron ditumbuhi oleh pepohonan beragam jenis salah satunya adalah pohon kelapa.

Selama penelusuran sungai Maron, kamu akan menghabiskan waktu di dalam perahu sewa selama 40 menit – 1 jam yang dipandu oleh tour guide.

  • Sedangkan fasilitas yang ada di sungai Maron terdiri dari perahu sewa, warung makan, toilet, area parkir dan lain-lain.
  • Lokasi wisata sungai Maron tepatnya di Desa Dersono, Pringkuku, Maron, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk wisata sungai Maron dipatok seharga Rp 2000 per orang. Sedangkan harga sewa perahu yang ditawarkan Rp 100.000 – Rp 150.000.

Lihat Review: 17 Tempat Wisata Di Jember yang Indah

7. Pantai Srau

wisata di pacitan jawa timur

Pantai Srau dijuluki sebagai pantai perawan yang mempunyai spot terbaru dan belum pernah dijamah orang. Pantai ini bisa jadi alternatif disaat pantai slayar dipadati wisatawan lain. Penulis sarankan untuk mengunjungi pantai Srau juga.

Kondisinya yang sepi membuat para wisatawan beranggapan kalau pantai Srau berasa milik sendiri. Sepi bukan berarti kurang bagus, bahkan pantai Srau terbilang obyek wisata yang lagi hits di Kabupaten Pacitan Jawa Timur.

Saat berada di lokasi pantai Srau, para wisatawan disarankan untuk tidak menyalahgunakan tempat wisata ini. Diketahui sepi, kamu dilarang untuk melakukan hal yang tidak baik selama berada dilokasi pantai.

  • Lokasi wisata pantai Srau tepatnya di Desa Candi, Kecamatan pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap hari senin – minggu, 24 jam.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 per orang.

8. Pantai Banyu Tibo

wisata di pacitan pantai

Pantai banyu tibo diambil dari bahasa Jawa yang artinya air jatuh. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri yaitu tidak pernah kering saat musim kemarau. Disisi lain, akses menuju lokasi terbilang cukup curam sehingga kamu perlu menuruni anak tangga permanen.

Strukturnya hampir mirip tebing kecil, sehingga butuh perjuangan untuk bisa mendapatkan spot foto dari kedua objek.

Tak hanya menyuguhkan spot foto yang kekinian, kamu juga bisa melakukan kegiatan memancing di area pantai Banyu Tibo.

  • Lokasi wisata pantai Banyu Tibo tepatnya di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap hari senin – minggu, 24 jam.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 2000 -Rp 3000 per orang (weekend). Sedangkan (Weekday) dikenakan biaya Rp 3000 – Rp 5000 per orang.
  • Adapun tarif parkir kendaraan, kamu wajib mengeluarkan biaya Rp 2000 per motor dan Rp 5000 per mobil.

9. Pantai Pidakan

explore wisata pacitan

Pantai Pidakan merupakan salah satu obyek wisata Pacitan yang wajib dikunjungi. Pantai ini menghadirkan panorama alam yang lagi hits dan kekinian.

Ciri khas dari pantai Pidakan yaitu adanya batu alam dengan bentuk dan ukuran yang bervariasi.

Seiring perkembangan sektor pariwisata di Kabupaten Pacitan kini mulai mengalami kemajuan, sehingga memfasilitasi area parkir, tempat istirahat, kamar mandi, dan masih banyak lagi fasilitas lainnya.

  • Lokasi wisata pantai Pidakan tepatnya di Godeg Wetan, Jetak, Tulakan, Godeg Wetan, Jetak, Tulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap hari senin – minggu, 24 jam
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 2000 per orang.

10. Pantai Buyutan

wisata pacitan banyu anget

Jika dilihat dari gambar, pantai buyutan mempunyai area yang sangat luas. Kamu bisa menikmati panorama pantai pada sore hari sambil hunting bersama teman-teman dan keluarga.

Disini, kamu akan disuguhi batu karang unik yang antimainstream. Tak hanya menyuguhkan karang yang unik, kamu akan menjumpai kawasan spot genik untuk berswafoto seperti melihat sunset dan sunrise.

  • Lokasi wisata pantai Buyutan tepatnya di Desa Widoro, Donorojo, Kalak, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap hari senin – minggu, 24 jam.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 per orang.

11. Pantai Soge

wisata pacitan paling indah

Wisata pantai yang lagi hits dikalangan milenial yaitu pantai Soge Pacitan. Sosok pantai Soge merupakan salah satu tanda bukti betapa indahnya wisata Nusantara. Suasana di pantai Soge masih terasa sangat alami.

Air laut yang berwarna biru menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang datang. Bahkan, pemandangan disepanjang route perjalanan menuju spot juga sangat menghibur.

Sebagai obyek wisata pantai Pacitan, memiliki banyak hal yang bisa dibanggakan diantaranya pasir putih yang nyaman, muara sungai, jembatan, gazebo.

  • Lokasi wisata pantai Soge tepatnya di Dondong, Sidomulyo, Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap hari senin – minggu, 24 jam.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 2000 – Rp 5000 per orang.

12. Pantai Karang Bolong

wisata pantai pacitan jawa timur

Musim libur tiba, cobain untuk berkunjung ke pantai Karang Bolong di Cilacap. Pantai ini menjadi salah satu obyek wisata favorit di Kabupaten Cilacap.

Selain menyaksikan pemandangan disekitar pantai, kamu juga disuguhi oleh benteng Karang Bolong yang berjarak 1 kilometer dari tempat berlabuh perahu.

Seiring perkembangan wisata cilacap, pantai Karang Bolong juga telah dibekali dengan fasilitas yang memadai seperti, area parkir, mushola, kamar mandi dan toilet, penginapan.

  • Lokasi wisata pantai Karang Bolong tepatnya di Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.
  • Jam operasional dibuka setiap hari senin – minggu, 24 jam.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 dengan biaya sewa kapal yang telah ditarifkan RP 20.000.

Baca Rekomendasi: 7 Petualangan Seru di Taman Safari Prigen

13. Goa Luweng Jaran

peta wisata pacitan jawa timur

Dijuluki sebagai kota 1001 goa, Kabupaten Pacitan mempunyai goa unik yang disebut sebagai goa Luweng. Goa Luweng merupakan salah satu goa terpanjang di Indonesia. Goa ini ditemukan pertama kali pada tahun 1984 oleh penduduk setempat.

Buat para wisatawan yang ingin menelusuri goa Luweng Jaran hanya dapat dilakukan oleh seorang yang profesional. Sebab, medan yang akan ditelusuri terbilang sangat sulit.

  • Lokasi wisata Goa Luweng Jaran tepatnya di Jalan Ubang, Kecamatan Pringkulu, Kabupaten Pacitan, Jawa Tengah.
  • Jam operasional dibuka setiap hari senin – minggu dari pukul 08.00 – 18.00.
  • Harga tiket masuk tidak ada (gratis).

14. Pantai Tawang

wisata pacitan yang lagi hits

Terletak di Desa Hadiwarno Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Ya, pantai Tawang menjadi salah satu obyek wisata Pacitan yang lagi hits dan instagrammable. Pantai ini memiliki keunikan yang dilengkapi dengan goa.

Tak hanya itu, pantai ini juga dilengkapi fasilitas mercusuar yang dilengkapi dengan perahu-perahu di perairan dangkal. Pantai Tawang juga difasilitasi dengan warung makan.

  • Lokasi wisata pantai Tawang tepatnya di Dusun Sumurtimo, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap hari senin – minggu, 24 jam.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 per orang.

15. Pantai Taman

wisata ngehits pacitan

Wisata Pacitan juga memiliki pantai taman. Pantai ini merupakan salah satu spot wisata yang wajib dikunjungi.

Keunikan pantai taman yaitu terdapat beberapa spesies penyu yang sering bertelur di kawasan pantai seperti, penyu hijau, penyu abu-abu, penyu sisik dan penyu bimbing. Spesies ini merupakan kelompok hewan purba, telah ada 100 juta tahun yang lalu.

Tak hanya itu, disini juga memiliki wahana permainan flying fox yang panjangnya mencapai 415 meter dengan ketinggian 74 meter, kekuatan teknik 2,5 ton dengan kecepatan luncur 50 kilometer dan waktu tempuh mencapai 30 detik yang menggunakan dua jalur kabel.

Disebutkan oleh pengelola wisata masing-masing berkekuatan 2500 kilogram.

  • Lokasi wisata pantai taman tepatnya di Hadiwarno, Ngadirojo, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap hari senin – minggu dari pukul 08.00 – 17.00.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 per orang dan 30.000 untuk wahana flying fox.

Baca Juga: 25 Tempat Wisata di Surabaya yang Terkenal dan Kekinian

Itulah obyek wisata Pacitan yang wajib dikunjungi. Masing-masing spot wisata Pacitan dapat dijadikan sebagai rujukan saat kamu merasa jenuh dan menghabiskan waktu libur akhir pekan.

Hasil dari laporan warga setempat, bahwa wisata Pacitan juga mempunyai wanawisata terbaru seperti pantai, bukit pakis yang bisa dilewati bus. Saatnya untuk berkunjung ke Pacitan. Ajak teman dan keluarga kamu untuk berliburan ke wanawisata Pacitan Jawa Timur.

Wisata Madiun

Indah Andini
7 min read

Wisata Madura

Indah Andini
8 min read

Wisata Di Banyuwangi

Indah Andini
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *