Wisata Purwokerto

10 min read

Sebagian orang mungkin tahu dengan Purwokerto,meskipun jarang terdengar. Namun, siapa sangka kalau Purwokerto mempunyai sejumlah wisata unik yang disebut Wisata Purwokerto.

Dikenal dengan bahasanya yang ngapak, Kota Putwokerto yang juga disapa Kota Satria memang sudah sangat maju sehingga menyimpan sejumlah objek wisata alam yang terbaru dan kekinian 2020 sejak beberapa tahun belakangan.

Bukan hanya itu, Kota Purwokerto juga disandang sebagai Kota kripik, Kota transit, Kota pendidikan hingga kota pensiunan. Sebab, sejumlah pejabat yang telah pensiun memutuskan untuk menetap di Kota ini.

Berkat adanya Universitas bergengsi di Purwokerto tersebut, sehingga banyak di bangun tempat rekreasi yang meramaikan Kota ini. Penasaran seperti apa keindahan Wisata Purwokerto yang kekinian dan terbaru 2020?. Yuk simak ulasannya di sini.

Inilah 28 Objek Wisata Purwokerto yang Kekinian dan Terbaru 2020

1. Baturaden

wisata purwokerto terbaru

Destinasi Wisata alam Purwokerto Baturaden menjadi tempat wisata favorit keluarga di Purwokerto. Lokasinya sangat dekat dengan kaki Gunung Slamet. Jarak waktu tempuh menuju lokasi wisata pun tidak begitu jauh, berjarak 15 KM dari pusat Kota Purwokerto.

Objek wisata Baturaden terkenal dengan wahana permainan dan juga tamannya. Bahkan, kerap kali dijadikan sebagai tempat piknik bagi masyarakat setempat.

Wahana permainan Baturaden terdiri dari, flying fox, kolam renang, kereta putar, otoped, 4 dimensi dan masih banyak wahana lainnya. Semua wahana ini tentu akan memanjakan wisatawan domestik khususnya anak-anak.

  • Lokasi wisata Baturaden tepatnya di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk masih belum ditarifkan, kamu bisa berwisata kesini kapan saja.
  • Jam operasional objek wisata Baturaden dibuka selama 24 jam setiap hari Senin – Minggu.

2. Miniatur Dunia Purwokerto

wisata purwokerto kota

Masih di lokasi yang sama yaitu tempat wisata alam yang biasa disapa Miniatur Dunia Purwokerto. Di sini kamu akan menemukan berbagai jenis miniatur bangunan keajaiban dunia yang lagi tren dari berbagai Negara di dunia.

Tempat wisata ini masih terbilang baru, didirikan pada tahun 2016 lalu. Meski terbilang baru, objek wisata ini menjadi agenda rutin bagi wisatawan lokal di Jawa Tengah.

  • Lokasi tepanya di Jl Raya Baturaden Barat No.270, Ketenger, Baturaden, Dusun 1 Karangmangu, Karangmangu, Baturaden, Purwokerto, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk sudah dipatok, kamu wajib membayar biaya retribusi sebesar Rp 15.000 (weekdays) dan Rp 20.000 (weekend).
  • Jam operational wisata Miniatur Dunia Purwokerto ini di buka dari jam 07.00 – 17.00.

3. Baturraden Adventure Forest

wisata purwokerto baturaden

Kepopulerannya melejit di sosial media, ya tempat wisata tersebut adalah Baturaden Adventure Forest. Tempat wisata ini berada tepat di tengah hutan pinus kaki Gunung Slamet, sehingga menghasilkan udara yang sangat dingin dan sejuk.

Selain itu, kamu dapat menikmati berbagai wahana permainan outbond seperti, water adventure, treetreek adventure, rappelling (abseiling), night Adventure, mini circuit bike, longslide, forest trecking, cold water theraphi, canyon adventure dan masih banyak wahana menarik lainnya.

Panorama alam yang indah dan udara yang sejuk membuat tempat wisata ini semakin hari semakin berkembang. Buat kamu yang merasa ingin tetap di sini, kamu bisa menyewa sebuah penginapan dan tenda bagi yang ingin merasakan sensasi camping di tengah hutan pinus.

  • Lokasi wisata alam Baturaden Adventure Forest tepanya di Dusun II Pandak, Karangsalam, Baturaden , Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk wisata Baturaden Adventure Forest masing-masing mempunyai harga khusus berada di kisaran Rp 200.000 – Rp 600.000.
  • Jam operasional di buka dari jam 08.00 – 17.00
  • Fasilitas yang telah tersedia di sini, yaitu; Toilet, kamar mandi, mushola, gatering area, ranger barracks.

4. Kebun Raya Baturaden

wisata alam purwokerto

Kebun Raya Baturaden menjadi salah satu objek yang wajib untuk kamu agendakan. Sebab, objek wisata ini mempunyai konsep edukasi pendidikan dan konservasi tanaman. Ini sangat bagus untuk pengetahuan anak agar bisa mengenal tumbuhan secara jelas.

Kamu juga bisa merasakan keindahan bunga yang tumbuh diantara hutan pinus yang asri. Selain hutan pinus, kamu akan menemukan tanaman unik lainnya seperti medical garden, tanaman paku, tanaman liana dan tanaman jenis bunga lainnya.

  • Lokasi wisata Kebun Raya Baturaden tepat di Jl Pancurantujuh, Wanawisata Baturaden, Purwokerto, Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk wisata masih terbilang cukup murah, kamu wajib membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang dan Rp 25.000 untuk tiket terusan.
  • Jam Operasional wisata Kebun Raya Baturaden di buka dari jam 08.00 – 16.00.
  • Fasilitas di sini terbilang cukup lengkap dan memadai, diantaranya; Rumah kaca, rumah kampus, rumah anggrek, rumah pohon, gazebo, dan wahana permainan lainnya.

5. Pancuran Telu Baturaden

wisata air purwokerto

Wisata Pancuran Telu (pancuran tiga) merupakan salah satu objek wisata kebanggaan Purwokerto. Buat kamu yang belum pernah berwisata ke Pancuran Telu Baturaden, agendakan dari sekarang.

Pancuran Telu Baturaden memiliki keunggulan yang tidak bisa move on karena air yang dipancurkan bukan air biasa melainkan air hangat. Air hangat yang dimuntahkan perut bumi ini mengucur dari tiga buah lobang.

Air yang dipancurkan juga mengandung belerang, sehingga warga setempat meyakini kalau air belerang tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

  • Lokasi Pancuran Telu Baturaden tepatnya di Dusun Siji Karangmangu, Baturaden, Kabupaten Banyumas Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Pencuran Baturaden terbilang sangat murah, kamu hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp 5000.
  • Jam operasional Pancuran Telu Baturaden di buka dari jam 07.00 – 17.00.

6. Pancuran Pitu Baturaden

wisata area purwokerto

Pancuran Pitu (pancuran tujuh) menjadi daya tarik wisatawan lokal di Purwokerto. Kalau kamu sudah melihat seperti apa keindahan Pancuran Telu, sama halnya dengan pancuran pitu. Hanya saja, Pancuran Pitu terdiri dari 7 pancuran (7 aliran air hangat).

Air panas Pancuran Pitu Baturaden diyakini masyarakat setempat dapat menyembuhkan penyakit kulit.

  • Lokasi Pancuran Pitu Baturaden tepatnya di Lokawisata Baturaden, Dusun Telu Kalipagu, Ketenger, Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
  • Tiket Masuk Pancuran Pitu Baturaden, kamu hanya perlu membayar Rp 5000 per orang.
  • Jam operasional objek wisata Pancuran Pitu Baturaden di buka dari jam 08.00 – 18.00.

7. Goa Sarabadak

wisata alam purwokerto terbaru

Memang tak ada habisnya, selalu ada saja tempat wisata unik di Purwokerto yang menjadi daya tarik wisatawan lokal adalah Goa Sarabadak.

Masih di lokasi yang sama tepatnya di Kompleks Wisata Baturaden. Kalau dari Pancuran Pitu Baturaden, Kamu bisa berjalan sejauh 2,5 kilometer untuk bisa sampai ke lokasi Goa Sarabadak. Namun ada baiknya untuk menggunakan kendaraan motor agar tetap lancar.

Objek wista Goa Sarabadak merupakan tempat pertemuan Pancuran Air hangat Baturaden dengan air dingin sehingga membuat batu-batu disekitar goa menjadi terkontaminasi dan berubah menjadi warna kuning emas.

  • Lokasi Goa Sarabadak tepatnya di Lokawisata Baturaden, Dusun Telu Kalipagu, Ketenger, Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Goa Sarabadak sangat terjangkau, kamu hanya perlu menguras saku sebesar Rp 3000.
  • Jam operasional Goa Sarabadak di buka dari jam 07.00 – 17.00.

Baca Review: Candi Plaosan, Wisata Dengan Sunset yang Memikat

8. Telaga Sunyi

wisata purwokerto baru

Telaga Sunyi juga ikut menjadi sorotan publik sebagai wisata alam paling hits. Salah seorang wisatawan pernah bertanya kepada masyarakat setempat tentang Telaga Sunyi. Jadi, nama Telaga Sunyi disebabkan karena tempatnya yang tersembunyi.

Kamu bisa merasakan kesejukan Telaga Sunyi yang menjadi ciri khas wisata ini. Sangat cocok untuk ingin melepas rasa penat.

Air telaga ini sangat jernih, kamu boleh bermain dan berenang di dalam Telaga Sunyi sambil berswafoto.

  • Lokasi Wisata Telaga Sunyi tepatnya di Sawah & Hutan, Limpakuwus, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk Telaga Sunyi dipatok sebesar Rp 10.000 per orang dan biaya parkir sebesar Rp 2000 per kendaraan.
  • Jam operasional di buka dari jam 07.00 – 17.00.
  • Fasilitas di sini cukup memadai, diantaranya; Area Parkir, Mushola, ruang ganti pakaian dan tempat kuliner.

9. Bukit Bintang Baturaden

wisata purwokerto baru

Kabupaten Banyumas ini juga tak mau kalah dengan kota lain seperti Yogyakarta dan Bandung. Sehingga menciptakan tempat rekreasi Bukit Bintang. Ya, seperti yang kamu ketahui, Bukit Bintang akan selalu ramai pada waktu sore dan malam hari untuk mendapatkan spot pemandangan yang indah.

  • Lokasi Bukit Bintang Baturaden tepatnya di Jl. Pangeran Limboro, Dusun Telu Berubahan, Kemutug Lor, Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk masih gratis dan tidak dipungut biaya apapun.
  • Jam operasional di buka selama 24 jam (senin – minggu).

10. Curug Telu

wisata purwokerto bagus

Masih seputar air terjun atau lebih dikenal Curug Telu. Air terjun ini menjadi salah satu sumber air bagi masyarakat. Karena keindahan Curug Telu tersebut membuat sejumlah orang untuk mencari tahu seberapa eksotisnya panorama alam Curug Telu.

Hingga kini Curug Telu terus di kembangkan oleh penduduk agar dapat menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat disekitar.

  • Lokasi Curug Telu tepatnya di Sawah & Hutan, Karangsalam, Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 per orang.
  • Jam operasional wisata Curug Telu dari jam 07.00 – 17.00.

11. Curug Bayan

wisata purwokerto dan harga tiket masuk

Curug Bayan merupakan curug yang tersembunyi di tengah perkebunan milik masyarakat setempat. Curug ini masih terbilang baru, namun tempat ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat sejuk dan asri.

Curug Bayan tingginya mencapai 200 – 300 meter dan kedalaman air mencapai 2 – 5 meter. Kamu dapat berenang di dalam air meskipun harus berhati-hati.

  • Lokasi Curug Bayan tepatnya di Dusun Loro Ketenger, Ketenger, Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk wisata Curug Bayan dipatok seharga Rp 3000 per orang.
  • Jam operasional wisata Curug Bayan di buka dari jam 06.00 – 18.00.
  • Fasilitas terdiri dari; Warung kecil, penginapan, pondok, gazebo dan surge tank.

12. Curug Gomblang

wisata daerah purwokerto

Curug Gomblang yang menjadi wisata Purwokerto ini membuat mata pengunjung terkesima akan keindahannya. Sebagai pecinta alam, Curug Gomblang ini menjadi agenda wajib untuk kamu kunjungi.

Aliran curug ini sangat deras, sehingga mampu menerbangkan butiran air yang membuat mata terkesima sehingga hilang rasa penat.

Akses menuju Curug Gomblang terbilang cukup ekstrim dengan menempuh perjalanan kurang lebih 1 kilometer. Jalan yang dilalui berbatu dan licin, jadi sebaiknya berhati-hati saat melewati jalur ini khususnya pengendara motor.

  • Lokasi Curug Gomblang tepatnya di Dusun Telu, Kalisalak, Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk wisata Curug Gomblang dipatok seharga Rp 5000 per orang.
  • Jam operasional wisata curug Gomblan di buka dari jam 08.00 – 17.00.

13. Curug Ceheng

wisata daerah purwokerto

Tak cukup dua curug saja, Wisata Purwokerto juga menyimpan panorama alam lainnya seperti Curug Ceheng. Keindahan Curug Ceheng terletak pada aliran air yang jernih dan disekeliling curug terdapat pohon-pohon yang hijau.

Sampai saat ini curug ini selalu dilestarikan dan dikelola oleh masyarakat setempat dengan sebaik-baiknya.

  • Lokasi Curug Ceheng tepatnya di Gandatapa Siji, Gandatapa, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk dipatok seharga Rp 3000 per orang.
  • Jam operasional wisata Curug Ceheng di buka selama 24 jam (senin – minggu).

14. Curug Cipendok

wisata di purwokerto dan sekitarnya

Curug Cipendok merupakan salah satu tempat wisata Purwokerto yang kekinian. Diperhatikan dari dekat, curug ini mempunyai aliran air yang cukup tinggi sehingga arus air menjadi cukup deras.

Kamu bisa merasakan kesejukan air terjun, namun tetap waspada karena arus air yang deras dianjurkan untuk tidak terlalu dekat dengan pusat air terjun.

  • Lokasi wisata Curug Cipendok tepatnya di Dusu Loro Lebaksio, Karanganyar, Karangtengah, Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk wisata Curug Cipendok dipatok seharga Rp 3000 per orang.
  • Jam operasional Curug Cipendok di buka dari jam 07.00 – 16.00.

15. Pendakian Gunung Slamet

wisata di purwokerto jawa tengah

Buat kamu yang suka tracking, agendakan waktu libur kamu untuk berkunjung ke Gunung Slamet. Gunung Slamet di Purwokerto merupakan gunung terbesar yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Saat mencapai puncak akan memakan waktu yang cukup lama.

Gunung Slamet selalu menjadi objek wisata menarik bagi para wisatawan domestik dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat setempat.

  • Tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 per orang.
  • Jam buka setiap hari 24 jam (senin – minggu).

Baca Rekomendasi: Telaga Warna Dieng, 7 Pesona Telaga diatas Awan

16. Bukit Watu Meja

wisata edukasi purwokerto

Menikmati panorama alam dari ketinggian Bukit Watu Meja. Ya, di sini kamu akan mendapatkan spot foto yang kekinian. Namun, kamu harus bisa melampaui perjalanan selama 20 menit untuk dapat berdiri di atas bukit Watu Meja.

Saat mendaki bukit, kamu akan menjumpai tumbuhan seperti pohon bambu dan disekelilingnya terdapat pohon pinus yang menjulang tinggi. Ini akan membuat kamu merasa lelah saat dipendakian. Meskipun demikian, sebuah kebanggaan saat berada di atas puncak bukit.

  • Lokasi Bukit Waju Meja tepatnya di Jl. Raya Patikraja – Kebasen, Tumiyang Kidul, Tumiyang, Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk dipatok seharga RP 7000 per orang.
  • Jam operasional wisata Bukit Watu Meja di buka dari jam 08.00 – 18.00.
  • Fasilitas di sini belum cukup memadai, hanya ada warung kecil dan pondok sebagai tempat peristirahatan.

17. Bendung Gerak Serayu Gambarsari

explore wisata purwokerto

Ada yang lebih eksotis lagi di Purwokerto yaitu Bendungan Gerak Serayu. Bendungan ini kerap kali dipakai untuk acara even seperti festival kapal yang menarik dan seharusnya diabadikan.

  • Lokasi Bendung Gerak Serayu tepatnya di Jl. Kebasen, Area Sawah, Gambarsari, Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk tidak dipatok karena masih terbilang bebas.
  • Jam operasional Bendung Gerak Serayu di buka selama 24 jam setiap hari senin – minggu.

18. Batur Agung Mount of Fun

wisata flores purwokerto

Buat kamu pecinta outbond pasti nyesel kalau lewatin wisata Batur Agung Mount of Fun. Karena tempat wisata ini menyuguhkan berbagai wahana permainan seperti flying fox, waterpark, kolam pemancingan dan yang paling instagramable yaitu arung jeram kali logawa.

  • Lokasi Batur Agung Mount of Fun tepatnya di Dusun Loro, Baseh, Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk biasanya di patok seharga Rp 10.000 per orang.
  • Jam operasional di buka setiap hari dari jam 08.00 – 17.00.
  • Fasilitas yang sudah ada yaitu, flying fox, waterpark, kolam pemancingan dan arung jeram.

19. Lokawisata Baturraden

Lokawisata Baturaden merupakan destinasi wisata favorit keluarga di Purwokerto. Beragam fasilitas yang telah tersedia untuk kamu. Sangat cocok untuk segala umur dari anak-anak hingga dewasa sekalipun.

Di tempat ini kamu akan menemukan salah satu spot paling hits seperti kolam renang, sepeda air, air mancur, seluncur air, curug, pemandian air panas belerang dan masih banyak lagi. Jadi jangan lewatkan kesempatan libur kamu untuk berkunjung ke sini.

  • Lokasinya tepat di Dusun siji Karangmangu, Karangmangu, Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk wisata biasanya dipatok seharga Rp 14.000 per orang.
  • Jam operasional di buka dari jam 08.00 – 17.00.

20. Curug Juneng

foto wisata purwokerto

Curug Kembar, mungkin sebagian dari kamu sudah pernah mendengar ini. Bagaimana dengan Curug Juneng?

Pemandangan di sini jauh lebih seru pastinya. Curug Juneng tingginya mencapai 10-15 meter. Kolam yang ada di air terjun ini juga cukup dalam, jadi sangat disarankan untuk tidak mandi. Biasanya hanya digunakan untuk memancing.

Namun di curug ini akan ada hasrat untuk mandi, jangan khawatir karena pada bagian tepi kolam masih bisa digunakan untuk mandi.

  • Lokasi Curug Juneng tepatnya di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk gratis (free).
  • Jam operasional di buka selama 24 jam (senin – minggu).

21. Curug Unang

wisata ke purwokerto

Curug Unang tepat di Lereng Gunung Slamet yang merupakan gunung tertinggi nomor dua di Jawa Tengah.

Keindahan Curug ini menjadi objek wisata favorit bagi wisatawan lokal. Udara yang sejuk dan air yang jernih menjadi sorotan bagi wisatawan lokal. Selain itu, kamu dapat bersantai sejenak di area bebatuan yang ada di curug ini.

  • Lokasi Wisata Curug Unang tepatnya di Desa Gandatapa, Sumbang, Banyumas, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk (gratis).
  • Jam operasional di buka 24 jam setiap senin – minggu.

22. Curug Cidadap Semaya

info wisata purwokerto

Curug Cidadap Semaya memiliki keunikan yang mempesona yaitu mempunyai dua aliran air mengalir deras. Ini akan membuat kamu merasa nyaman untuk berlama-lama di sini.

Curug yang ini juga dihiasi oleh rumput hijau yang membuat mata nyaman, makanya wisatawan lokal selalu menjadikan tempat wisata ini untuk selalu diabadikan.

  • Lokasi Curug Cidadap Semaya tepatnya di Semaya, Dusun telu, Sunyalungu, Karanglewas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk wisata Curug cidadap Semaya dipatok seharga Rp 3000 per orang. Sedangkan tarif parkir kendaraan dipatok seharga Rp 2000 per motor.
  • Jam operasional di buka dari jam 07.00 – 14.00.
  • Fasilitas di sini terdiri dari; Area parkir, mushola, MCK dan penginapan.

Baca Selengkapnya: Taman Wisata Kopeng yang Keren dan Hits

23. Curug Lawang

info wisata purwokerto

Mempunyai ciri khas sendiri, Curug Lawang memiliki ketinggian 25 meter. Curug ini disebut sebagai sendang bidadari. Sendang artinya kolam yang berada di pegunungan. Air terjun Curug Lawang bersumber dari Curug Telu, Sehingga tak jarang curug ini dijadikan sebagai tempat ritual.

  • Lokasi wisata curug Lawang tepatnya di Desa Karang salam, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 per orang.
  • Jam operasional di buka dari jam 08.00 – 16.00.

24. Curug Grenjang

wisata keluarga purwokerto

Masing-masing curug memiliki ciri khas sendiri, khususnya Curug Grenjang yang airnya seakan mengalir dari dalam batu. Pada bagian tebing curug ini terlihat seperti sekumpulan batu bulat yang menempel pada bagian tebing.

Air dari Curug Grenjang juga sangat jernih, kamu yang belum pernah ke sini akan menjadi sebuah penyesalan.

  • Lokasi wisata Curug Grenjeng tepatnya di Kemutug Kidul, Baturaden, Sawah, Kotayasa, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk (gratis).
  • Jam operasional di buka selama 24 jam dari hari senin – minggu.

25. Curug Sebrangan

wisata purwokerto jateng

Di sekeliling curug ini ditumbuhi pepohonan yang hijau dan juga lumut. Curug ini mempunyai aliran air yang terjun sangat deras. Air terjun Curug Sebrangan memiliki air yang sangat bening berwarna kebiruan.

Suasana alam yang sejuk dan asri dapat melepas rasa penat kamu setelah seharian melakukan kesibukan di rumah ataupun di kantor.

  • Lokasi Curu Sebrangan tepanya di Desa Baseh, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk masih belum bertarif (gratis).
  • Jam operasional di buka selama 24 jam setiap hari senin – minggu.

26. Curug Pengantin

info wisata purwokerto

Curug Penganten tingginya mencapai 50 meter dari permukaan tanah yang siap menyuguhkan udara sejuk dari pancuran air terjun Curug Penganten.

Agar dapat sampai menuju lokasi wisata Curug Penganten, kamu harus ekstra hati-hati karena membutuhkan tenaga ekstra untuk dapat melewati jalan hutan yang curam.

  • Lokasi wisata Curug Penganten tepat di Melung, Kedung Banteng, Dusun Telu, Windujaya, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk wisata Curug penganten dipatok seharga Rp 5000 per orang.
  • Jam operasional di buka selama 24 jam setiap hari senin – minggu.

27. Curug Kembar (Curug Telaga Hijau)

wisata purwokerto instagram

Curug ini mempunyai daya tarik bagi wisatawan lokal, karena pada saat musim hujan aliran sungai dapat terbelah menjadi dua sehingga membentuk Curug Kembar.

Keunikan lainnya, pada saat musim kemarau warna air terjun berubah menjadi hijau bening sehingga curug ini disebut curug kembar dan curug telaga hijau mengikuti musim yang silih berganti.

  • Lokasi wisata Curug Kembar (Curug Telaga Hijau) tepatnya di Karang salam, Baturaden, kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 per orang.
  • Jam operasional di buka dari jam 08.00 – 18.00.

28. Curug Tebela

tempat wisata di purwokerto foto

Curug Tebela dengan ciri khas airnya yang jernih dapat memanjakan mata pengunjung yang datang. Jelas saja, tebing dari curug ini seperti bekas di pahat dan membentuk persegi panjang berwarna hitam.

Namun, suasana yang sejuk dan air terjun yang tidak terlalu deras membuat kagum setiap pengunjung yang datang.

  • Lokasi wisata Curug Tebela tepatnya di Jl. Karang Salam, Karangsalam, Baturaden, Genting, Kotayasa, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
  • Tiket masuk (gratis).
  • Jam operasional di buka selama 24 jam dari hari senin – minggu.

Baca Juga: 6 Daya Tarik Wisata Rawa Pening Yang Wajib Diketahui!

Itulah tempat Wisata Purwokerto yang terbaru 2020. Kamu juga bisa berwisata kuliner di Kabupaten Banyumas dan sekitarnya.

Bahkan sejumlah tempat wisata yang masih ada yang tersembunyi. Ini disampaikan dari beberapa pengamat wisata.

Wisata Salatiga

Indah Andini
10 min read

Wisata Kulon Progo

Indah Andini
10 min read

Wisata Magelang

Indah Andini
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *