Wisata Tulungagung

7 min read

Wisata Tulungagung merupakan obyek wisata eksotis yang wajib dikunjungi. Tulungagung merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang berada tak jauh dari Kota Surabaya, hanya 154 kilometer dari pusat kota Surabaya.

Kabupaten Tulungagung dikenal sebagai penghasil marmer terbesar di Indonesia. Namun, tanpa kamu sadari kalau Kabupaten Tulungagung mempunyai beberapa wanawisata yang lagi hits dikalangan milenial.

Meskipun belum dikelola secara komersil, jangan heran kalau obyek wisata Tulungagung telah memiliki fasilitas meskipun masih sangat sederhana.

Hal tersebut tidak berpengaruh kepada para wisatawan terutama warga sekitar. Ingin tahu lebih lanjutnya? Simak 20 tempat wisata Tulungagung yang lagi hits terbaru 2020.

1. Pantai Popoh

wisata tulungagung air terjun

Pantai Popoh merupakan destinasi wisata favorit di Kabupaten Tulungagung. Jarak pantai Popoh dengan pusat Kota Tulungagung mencapai 30 kilometer. Uniknya, ombak di pantai Popoh terbilang cukup ramah.

Sebagai salah satu wisata pantai di Kabupaten Tulungagung, pemandangan yang disuguhkan juga terdapat pada hamparan pasir yang indah.

Tak hanya itu, pantai ini juga menyuguhkan pemandangan tebing karang yang menjulang tinggi. Dan kamu juga bisa menyewa perahu nelayan untuk menikmati desiran ombak.

  • Lokasi wisata pantai Popoh tepatnya di Jalan Pantai Popoh, Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap hari senin – minggu, 24 jam.
  • Harga tiket masuk biasanya dipatok seharga Rp 3000 per orang.

2. Pantai Coro

wisata tulungagung bukan pantai

Pantai Coro mempunyai spot unik tersendiri jika dibandingkan dengan pantai lain yang ada di Jawa Timur. Lokasi pantai Coro juga mudah dijangkau oleh para wisatawan, karena masih berada di satu Kecamatan.

Luas pantai Combro terbilang sangat kecil, namun hamparan pasir putih pantai Coro cukup memanjakan mata wisatawan yang datang berkunjung.

  • Lokasi wisata pantai Coro tepatnya di Reco Sewu, Besole, Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Tengah.
  • Jam operasional dibuka setiap hari minggu – sabtu dari pukul 08.00 – 17.00.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 per orang. Sedangkan tarif parkir kendaraan biasanya penjunjung wajib membayar sebesar Rp 5000 per motor dan Rp 10.000 per mobil.

3. Pantai Molang

wisata air tulungagung

Pantai Molang menjadi salah satu obyek wisata Tulungagung yang bagus untuk dikunjungi bersama keluarga. Lokasi wisata pantai Molang terbilang cukup strategis karena berbatasan dengan Blitar dan Tulungagung sehingga mudah diakses.

Keindahan alam yang disuguhkan berupa hamparan pasir putih dan juga ombak sungguh dapat memanjakan mata.

Tak hanya itu, kamu juga bisa melakukan kegiatan lainnya seperti memancing sambil menunggu datang dan tenggelamnya matahari.

  • Lokasi wisata pantai Molang tepatnya di Area Perkebunan, Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap hari senin – minggu, 24 jam.
  • Harga tiket masuk biasanya dipatok seharga Rp 2000 per orang.

Lihat Review: 20 Tempat Wisata Mojokerto Terbaru yang Lagi Hits & Kekinian

4. Pantai Sine

wisata tulungagung baru

Pantai Sine Tulungagung yang dijuluki sebagai pantai matahari terbit ini menjadi salah satu obyek wisata yang lagi hits dan instagrammable. Pantai ini menyuguhkan pemandangan alam dengan pasir putih kecoklatan dengan ombak yang cukup besar.

Demi menjaga keamanan pengunjung sebaiknya untuk tidak terlalu dekat dengan pantai. Cukup menikmati pantai dari dipinggir pantai.
Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan kegiatan yang dilakukan oleh para nelayan disekitar area pantai. Spot foto yang akan kamu temukan di panai Sine diantaranya, tebing, hutan lindung, sunrise.

  • Lokasi wisata pantai Sine tepatnya di Dusun Sine RT. 05 RW. 01, Sine, Kalibatur, Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap hari senin – minggu, 24 jam.
  • Harga tiket masuk biasanya dipatok seharga Rp 10.000 per orang.

5. Pantai Ngalur

wisata tulungagung 2020

Pantai Ngalur berlokasi cukup jauh dari pusat kota Tulungagung. Agar bisa sampai ke lokasi wisata pantai Ngalur, kamu dapat menggunakan kendaraan motor.

Mungkin sebagian orang merasa tidak nyaman berada di tempat wisata yang ramai pengunjung. Keadaan ini akan berakibat pada kurang kondusifnya lokasi dan membuat orang tersebut tidak bisa menikmati panorama alam secara maksimal.

Saat kamu mengalami hal itu, kamu bisa berkunjung ke pantai Ngalur terlebih dahulu, sebab pantai ini cenderung sepi saat weekday.
Di pantai Ngalur kamu akan mendapatkan spot foto yang kekinian seperti ayunan, pemandangan sunset dan sunrise.

  • Lokasi wisata pantai Ngalur tepatnya di Area Pegunungan, Jengglungharjo, Tanggung Gn, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap hari senin – minggu, 24 jam.
  • Harga tiket masuk tidak ada (gratis). Kamu hanya perlu membayar tiket parkir kendaraan sebesar RP 5000 per motor.

6. Pantai Brumbun

wisata tulungagung terbaru

Pantai Brumbum menyuguhkan pemandangan alam yang bagus sehingga sangat cocok untuk wisata keluarga. Pantai ini dikelilingi tebing-tebing hijau yang memanjakan mata.

Bagi warga setempat, pantai Brumbum menjadi sarana untuk mencari rezeki dengan cara berjualan di area pantai.
Pantai Brumbum telah difasilitasi area parkir, mushola, kamar mandi dan warung makan. Tak hanya itu, sejumlah spot unik dan kekinian juga dapat kamu gunakan untuk berswafoto.

  • Lokasi wisata pantai Brumbum tepatnya di Area Pegunungan, Ngrejo, Tanggung Gn, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap hari minggu – sabtu, 24 jam.
  • Harga tiket masuk biasanya dipatok seharga Rp 5000 per orang.

7. Tebing Banyu Mulok

wisata tulungagung alam kandung

Tebing Banyu Mulok jika diartikan ke bahasa Indonesia yaitu air yang naik. Pemandangan Bukit Banyu Mulok merupakan obyek wisata yang wajib dikunjungi.

  • Lokasi wisata Tebing Banyu Mulok tepatnya di Besuki, RT.Popoh, Popoh, Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap senin – minggu dari pukul 08.00 – 16.00.

8. Air Terjun Alas Kandung

wisata area tulungagung

Destinasi wisata air terjun Alas Kandung menjadi alternatif untuk kamu yang kini berada di Kabupaten Tulungagung. Obyek wisata air terjun Alas Kandung mempunyai tiga tingkatan. Tinggi maksimal puncak air terjun mencapai 15 meter.

Air terjun Alas Kandung mempunyai kedalaman hingga 4-8 meter. Kepada pengunjung yang ingin berenang, sebaiknya lebih berhati-hati.

  • Lokasi wisata air terjun Alas Kandung tepatnya di Area Sawah, Tanen, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap hari minggu – sabtu dari pukul 06.00 – 18.00.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 per orang.

Baca Rekomendasi: 20 Tempat Wisata Blitar Terbaru yang Lagi Hits 2020

9. Ranu Gumbolo

wisata boyolangu tulungagung

Ranu Gumbolo merupakan obyek wisata baru di Tulungagung. Diresmikan sejak setahun yang lalu oleh pemerintah setempat. Dan sejak saat itu juga, obyek wisata Ranu Gumbolo mulai dipadati pengunjung.

Di sini kamu bisa menemukan spot foto dengan background yang kekinian. Suasana yang asri juga menghadirkan pohon yang kini menjadi ikon ranu Gumbolo. Tempat wisata Ranu Gumbolo menjadi tempat nongkrong bagi pemuda di Tulungagung.

  • Lokasi wiasta Ranu Gumbolo tepatnya di Bantengan, Mulyosari, Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap hari minggu – sabtu dari pukul 06.00 – 17.00.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 per orang.

10. Sungai Niyama

wisata belimbing tulungagung

Selama masih di Tulungagung, kamu juga wajib berkunjung ke sungai Niyama. Menikmati panorama alam yang mirip dengan wisata Jepang. Dahulu, sungai ini bukan tempat wisata melainkan sungai biasa.

Seiring perkembangan Kabupaten Tulungagung, Kini pemerintah membangun sungai ini menjadi sebuah obyek wisata Tulungagung.
Sebagai wisatawan lokal, kamu akan disuguhkan oleh pemandangan yang kini menjadi daya tarik wisatawan yaitu susunan batu berwarna terang dan air yang sangat jernih.

  • Lokasi wisata sungai Niyama tepatnya di Besuki, Tumplak, Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap senin – minggu, dari pukul 06.00 – 18.00.
  • Harga tiket masuk tidak ada (gratis).

11. Pantai Lumbung

wisata tulungagung dekat kota

Destinasi wisata pantai Lumbung tepatnya di Desa Pucanglaban dengan jarak tempuh selama satu jam dari pusat kota Tulungagung. Pantai Lumbung terbilang pantai perawan, karena belum tersentuh oleh banyak wisatawan.

Akses menuju lokasi wisata pun juga masih sangat sulit, hanya berupa tanah berumput yang bergelombang dan juga sempit, kemungkinan besar hanya dapat dilewati oleh kendaraan motor.

Saat berada di lokasi pantai Lumbung, rasa lelah pun akan terlunaskan oleh keindahan pantai Lumbung di Tulungagung ini. Kamu dapat langsung menuju bibit pantai dengan cara menuruni tangga yang terbuat dari kayu setinggi 30 meter.

  • Fasilitas di pantai Lumbung juga terbilang cukup lengkap diantaranya, area parkir, mushola, kamar mandi, rumah makan dan masih banyak lagi.
  • Lokasi wisata pantai Lumbung tepatnya di Desapucang Laban, Kecamatan Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap hari senin – minggu, 24 jam.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 3000 per orang.

12. Pantai Pathok Gebang

wisata di tulungagung yang lagi hits

Destinasi wisata pantai Pathok Gebang berlokasi di Desa Lengglungharjo merupakan obyek wisata bahari yang masih sangat alami. Pantai ini terbilang cukup sepi karena akses jalan masih sangat sulit untuk dilewati.

Panorama pantai dengan sejumlah spot foto yang kekinian bisa kamu dapatkan di pantai ini. Jarak waktu tempuh agar dapat sampai ke lokasi dibutuhkan waktu kurang lebih 1 – 1,5 jam dari pusat kota Tulungagung.

  • Fasilitas yang disediakan juga terbilang cukup baik diantaranya, area parkir, mushola, kamar mandi, rumah makan dan masih banyak fasilitas lainnya.
  • Lokasi wisata pantai Pathok Gebang tepatnya di Desa Jenglung Harjo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap hari senin – minggu, 24 jam.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 per orang.

13. Pantai Klatak

wisata di tulungagung pantai

Pantai Klatak mempunyai spot foto yang lagi hits dikalangan milenial. Tak hanya wisatawan domestik, pantai Klatak juga menjadi pusat perhatian wisatawan mancanegara.

Akses menuju lokasi terbilang sangat curam, karena terdapat sebuah belokan yang tajam, naik turun dengan ketinggian yang menegangkan.

Namun, saat berada di lokasi wisata pantai Klatak, kamu akan disuguhkan pemandangan alam surga yang dapat memanjakan mata.
Kamu juga dapat menggunakan fasilitas yang ada di pantai Klatak seperti, area parkir, tempat istirahat, kamar mandi, warung makan dan masih banyak lagi.

  • Lokasi wisata pantai Klatak tepatnya di Jalan Pantai Waru Doyong Klatak, Soireng, Keboireng, Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap hari senin – minggu dari pukul 06.00 – 18.00.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 per orang.

14. Pantai Sanggar

wisata di tulungagung jawa timur

Pantai Sanggar merupakan salah satu obyek wisata Tulungagung yang masih terbilang sepi pengunjung. Pantai ini mempunyai keindahan laut berwarna biru dengan pasir putih yang sangat lembut.

Namun, ombak pantai Sanggar terbilang cukup besar, penulis sarankan untuk bermain di pinggir pantai.
Uniknya lagi, kamu bisa mendirikan kemah secara bebas di area pantai Sanggar. Ini akan membuat hari libur kamu semakin berkesan.

  • Lokasi wisata pantai Sanggar tepatnya di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap hari senin – minggu, 24 jam.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 per orang.

15. Pantai Kedung

tempat wisata edukasi tulungagung

Buat kamu yang suka petualang, cobain wisata pantai Kedung di Tulungagung sekarang. Secara periodik guyuran ombak yang kuat sehingga melemah terhadap karang dan tebing yang ada dilokasi pantai.

  • Fasilitas pantai Kedung terdiri dari area parkir, warung makan dan lain sebagainya.
  • Lokasi wisata pantai Kedung tepatnya di Area Perkebunan, Pucanglaban, Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap hari senin – minggu, 24 jam.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 per orang. Sedangkan tarif parkir akan dikenakan Rp 5000 per motor dan Rp 15.000 per mobil.

Baca Selengkapnya: 17 Wisata Madiun Jawa Timur Terbaru Paling Hits

16. Pantai Sidem

eksplore wisata tulungagung

Pantai Sidem berada tepat di balik kaki bukit. Keindahan pantai ini terdapat pada hamparan pasir putih kecoklatan yang diiringi dengan kicauan burung-burung yang terbang bebas di area lokasi pantai.

Fasilitas yang disuguhkan juga terbilang cukup lengkap diantaranya, area parkir dan sejumlah rumah makan yang dilengkapi dengan tempat istirahat dan MCK.

  • Lokasi wisata pantai Sidem tepatnya di Popoh, Besole, Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap hari senin – minggu, 24 jam.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 3000 per orang. Sedangkan biaya parkir kamu wajib membayar RP 1000 per motor dan Rp 2000 per mobil.

17. Goa Gembyang

wisata cowindo tulungagung

Destinasi wisata goa Gembyang merupakan salah satu obyek wisata yang wajib dikunjungi. Selain dapat menyaksikan keunikan goa, penduduk disekitar juga sangat ramah terhadap wisatawan yang datang.

Goa Gembyang juga menjadi salah satu tempat berlindung Erlangga Putra dari Raja Udayana Kerajaan Bedahulu Balu dari Wangsa Warmadewa. Lingkungan sekitar goa juga terbilang sangat alami.

  • Fasilitas yang ada di Goa Gembyang diantaranya, area parkir kendaraan, kamar mandi, tempat istirahat, dan lain-lain.
  • Lokasi wisata goa Gembyang tepatnya di Jingring, Sumberkembar, Kecamatan Pacet, Mojokerto, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap senin – minggu dari pukul 06.00 – 17.00.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 3000 per orang.

18. Goa Selomangleng

wisata coban tulungagung

Obyek wisata Tulungagung yang wajib dikunjungi yaitu Goa Selomangleng. Goa ini berada di dua tempat yaitu Kediri dan Tulungagung.
Goa ini telah ada sejak zaman Airlangga. Goa ini terletak di Desa Sanggrahan tepatnya di sebuah desa terpencil.

  • Lokai wisata goa Selomangleng tepatnya di Jl. Selomangleng, Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

19. Goa Pasir

wisata cantik tulungagung

Goa pasir berada tepat di Desa Junjung. Goa pasir terbentuk dari adanya ceruk besar yang terpahat di lereng batu besar di tengah hutan.

Kamu yang akan berkunjung ke Goa Pasir harus mendaki sepanjang perjalanan kurang lebih 90 meter diatas permukaan bukit Karst.
Dilokasi Goa Pasir terdapat makam kuno yang diyakini sebagai makam Mbah Bodho.

  • Lokasi wisata Goa Pasir tepatnya di Kedungjalin, Junjung, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap senin – minggu, 24 jam.

20. Air Terjun Pandanwangi

wisata tulungagung dekat kediri

Air terjun Pandanwangi merupakan salah satu obyek wisata Tulungagung yang wajib dikunjungi. Terutama buat kamu yang suka berpetualang.

Air terjun pandan wangi mencapai ketinggian 30 meter tepatnya di perkebunan Teh Sumber Pandan Desa Ngelurup Kecamatan Sendang.

  • Lokasi wisata air terjun Pandanwangi tepatnya di Area Hutan, Nglurup, Sendang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Baca Juga: 19 Tempat wisata Madura yang Lagi Hits Terdekat

Inilah 20 tempat wisata Tulungagung yang lagi hits Terbaru 2020. Semoga dapat menjadi alternatif saat berada di Kabupaten Tulungagung.

Selesai sudah pembahasan kita tentang obyek wisata Tulungagung yang wajib dikunjungi. Segala bentuk pesona alam yang ada di Kabupaten Tulungagung dapat kamu nikmati bersama sahabat dan keluarga.Maka, agendakan dari sekarang. Miliki sekarang koleksi foto dengan spot kekinian dan instagrammable di tempat ini.

Wisata Mojokerto

Fitria
7 min read

Wisata Blitar

Indah Andini
7 min read

Wisata Pacitan

Indah Andini
7 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *